BERAPA LAMA MASA BERLAKU HASIL RAPID TEST ANTIGEN?

Sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19 yang baru muncul, pemerintah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota. Syaratnya, Anda harus membawa hasil rapid test antigen Covid-19.

Kebijakan tersebut terutama berlaku bagi penumpang yang melakukan perjalanan dengan kereta atau pesawat jarak jauh. Selain itu, menjelang libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah daerah juga mewajibkan orang yang masuk ke wilayahnya untuk menunjukkan hasil tes antigen secara cepat.

Hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode ini dianggap memiliki akurasi yang lebih tinggi daripada tes antibodi cepat sebelumnya. Daerah yang membutuhkan pengujian antigen cepat termasuk Bandung, Bali, DKI, Jakarta dan Yogyakarta.

TRENDING :  BERAPA LAMA TIDUR YANG IDEAL BERDASARKAN USIA?

Masa Berlaku Rapid Antigen Test Lalu, jika sudah muncul, berapa lama Sertifikat Hasil Rapid Test Antigen bisa digunakan atau valid? Juru bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, pernyataan hasil rapid antigen test berlaku dua minggu atau 14 hari setelah rilis, sama dengan rapid test anti body.

“Sampai belum ada aturan baru, ya masih berlaku yang lama sesuai SE No 9, masih 14 hari,” ujar Adita, dikutip dari Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Masa berlaku itu sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 9 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

TRENDING :  5 MINUMAN TERBAIK UNTUK PENDERITA DIABETES, KOPI SALAH SATUNYA

Saat ini, aturan lebih lanjut terkait perjalanan orang di masa pandemi masih dalam tahap penyusunan oleh Satgas Penanganan Covid-19. “Saat ini sedang disusun revisinya oleh Satgas,” ucap Adita.

Baca juga: Jadi syarat perjalanan, berikut daftar tempat dan harga rapid test antigen

Perbedaan rapid test antigen dan rapid test antibodi

Perbedaan rapid test antigen jika dibandingkan dengan rapid test antibodi terletak pada jenis sampel yang digunakan, yakni menggunakan lendir yang diambil dari hidung atau tenggorokan dengan metode usap. Hal ini berbeda dengan rapid test antibodi yang menggunakan sampel darah.

Cara kerja rapid test antigen yaitu dengan mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan dengan mencari protein yang dikandung oleh virus corona. Tes dengan rapid test antigen dinilai lebih efektif dibandingkan dengan rapid test antibodi. Sebab rapid test antibodi hanya bertujuan mencari antibodi terhadap virus corona.

TRENDING :  CARA MENGATASI ANAK KECANDUAN GAME DAN INTERNET

Tubuh menghasilkan antibodi sebagai respons terhadap agen infeksi seperti virus. Antibodi ini umumnya muncul setelah empat hari hingga lebih dari seminggu setelah infeksi. Sementara rapid test antigen dinilai lebih akurat dibandingkan rapid test antibodi karena dapat mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan.

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/18/131500065/jadi-syarat-perjalanan-berapa-lama-masa-berlaku-rapid-test-antigen-?page=all.

Originally posted 2021-04-05 09:04:52.