Cara Agar Hp tidak Lag Saat Bermain Game

10 Cara Terbaik Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game

Di zaman modern serba canggih teknologi saat ini, perkembangan game kian terus  meningkat. Saat ini, bermain game di hp adalah hal yang biasa. Bahkan banyak orang berjam-jam rela bermain game hingga terkadang android nge-lag tiba-tiba. Lantas, bagaimana cara agar hp tidak lag saat bermain game ?

Andorid yang nge-lag tentu saja menghambat aktivitas anda, salah satunya saat sedang asyik bermain game. Bukankah sangat menyebalkan sekali jika tiba-tiba hp nge-lag saat seru-serunya bermain game ? Oleh karena itu anda perlu trik untuk mengatasinya. Berikut ini kami berikan 10 cara terbaik agar hp tidak lag saat bermain game. Simak baik-baik ya!

10 cara terbaik agar hp tidak lag saat bermain game

  1. Memperbarui Sistem Android

Solusi pertama untuk menghindari terjadinya lag pada hp andorid ialah dengan senantiasa memperbarui sistem android. Pastikan anda memperbarui pembaruan perangkat lunak terbaru di android. Selalu periksa apakah ada pembaruan sistem untuk ponsel android anda yang perlu diperbarui atau tidak. Dengan melakukan pembaruan, itu artinya android akan melakukan perbaikan bug sehingga memberi stabilitas, kinerja tinggi serta fitur-fitur terbaru untuk android. Periksa versi pembaruan sistem di bawah opsi About Phone pada perangkat ponsel android anda.

  1. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Agar hp tidak lag saat bermain game, anda harus memperhatikan aplikasi apa saja yang tidak penting atau tidak terpakai lalu meng-unsintallnya. Langkah ini dilkaukan supaya telepon mempunyai ruang lebih besar sehinga dapat membuat kecepatan ponsel meningkat. Pastikan pilih aplikasi yang benar-benar penting dan ingin digunakan saja.

  1. Menonaktifkan Layanan Latar Belakang

Cara agar hp tidak lag saat bermain game selanjutnya dengan cara menonaktifkan layanan latar belakang pada android. Sebab, layanan latar belakang ini adalah faktor yang dapat memperlambat kecepatan perangkat android. Adapun beberapa aplikasi lain seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Gmail dan lainnya juga berpengaruh pada penyimpanan ruang RAM serta menguras baterai. Oleh sebab itu, pastikan anda bisa menonaktfikan layanan latar belakang secaa manual dari aplikasi tertentu untuk membantu hp tidak nge-lag secara tiba-tiba.

  1. Mengaktifkan Opsi Pengembang di Android

Salah satu solusi yang dianggap paling efektif agar hp tidak sering nge-lag saat dibuat asyik bermain game yaitu dengan cara mengaktifkan opsi pengembang di android. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan kinerja android. Caranya cukup mudah, buka pengaturan perangkat android >> tentang telepon >> ketuk 7 kali nomor Build >> aktifkan opsi Force 4x MSSA >> Reboot ponsel.

  1. Menggunakan Aplikasi Peningkatan Kinerja Game

Tidak perlu khawatir hp akan nge-lag saat asyik bermain game, karena kini ada solusi ampuh yang dapat menghindarkan hp supaya tidak lag. Mengunduh aplikasi peningkatan kinerja game bisa menjadi cara jitu meningkatkan kinerja perangkat android. Aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur khusus yang hanya berfungsi saat bermain game. Jadi, tidak perlu khawatir lagi hp akan nge-lag saat bermain game.

  1. Menonaktifkan Animasi

Animasi yang aktif pada layar ponsel menjadi salah satu penyebab kinerja android menurun. Oleh karena itu, menonaktifkan animasi adalah solusi yang bisa dilakukan agar hp tidak ngelag tiba-tiba saat bermain game. Caranya dengan membuka opsi pengembang telepon lalu scroll ke bawah  dan cari skala animasi jendela. Kemudian pilih skala animasi 10x dan klik “animasi mati”. Secara otomatis, layar android akan muncul tanpa animasi. Mudah sekali bukan ?

  1. Memperbarui Game

Memperbarui game merupakan cara terbaik untuk memastikan smartphone android anda sudah terpasang build terbaru dari pengembang. Inilah yang akan membantu ponsel menghadapi masalah optimasi. Memperbarui game bisa membantu memperbaiki masalah pengoptimalan dan menghapus bug penyebab keterlambatan. Jadi, solusi terbaik agar hp tidak ngelag saat asyik bermain game yaitu dengan memperbarui game tersebut.

  1. Menginstall Aplikasi Versi Lite

Menginstall aplikasi versi lite bisa menjadi solusi terbaik bagi anda yang tidak ingin hpnya ngelag mendadak saat bermain game. Kini sudah banyak aplikasi yang bisa diunduh versi lite seperti Instagram, WhatsApp, Messenger dan lain sebagainya. Aplikasi versi lite akan memakan ruang lebih kecil dibandingkan versi aslinya sehingga menjadikan hp tidak mudah ngelag.

  1. Menonaktifkan Mode Hemat Daya

Menjadi masalah besar saat bermain video game yang menghabiskan banyak kuota dengan mengaktifkan mode hemat daya. Jadi, sebaiknya matikan mode hemat daya agar memastikan perangkat ponsel bisa berjalan secara optimal dan tidak lag saat bermain game.

  1. Membersihkan Penyimpanan

Nah, solusi terakhir yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya lag pada android saat bermain game yaitu dengan membersihkan penyimpanan. Sebab, penyimpanan yang hampir penuh biasanya membuat ponsel manjdi lemot. Oleh karena itu pastikan rutin membersihkan penyimpanan agar hp tidak mudah lag mendadak saat bermain game.

TRENDING :  Kriteria Handphone yang Kameranya Bagus dan Harganya Murah

10 Cara agar hp tidak lag saat bermain game diatas semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda yang hobi bermain game. Supaya hp tidak ngelag mendadak, bukankah lebih baik anda mencegahnya dengan melakukan salah satu dari 10 solusi diatas ? Nah, jika anda juga mengalami masalah hp lemot, coba baca artikel yang berujudul kenapa hp lemot padahal memori masih banyak. Semoga bermanfaat ya!

Originally posted 2021-03-29 09:55:43.

Daftar Isi