Kenapa hp cepat panas dan boros baterai

Kenapa HP Cepat Panas dan Boros Baterai? Ini Penyebab dan Solusinya

Suhu yang lebih hangat berarti lebih banyak aktivitas di luar ruangan. Dan ponsel Anda kemungkinan besar akan berada tepat di samping Anda melalui semua kesenangan, mengambil gambar atau menyediakan klip audio dengan daftar putar Spotify favorit Anda. Meskipun kami selalu berhati-hati terhadap sinar matahari dan kerusakan panas pada diri kami sendiri saat kami berada di luar. Apakah Anda mengambil tindakan yang sama untuk melindungi ponsel Anda? Apakah anda tahu kenapa hp cepat panas dan boros baterai?

Kenapa hp cepat panas dan boros baterai?

Suhu internal ponsel Anda bergantung pada suhu lingkungan sekitar. Jika ponsel Anda menjadi terlalu panas, mungkin ponsel anda mengalami masalah seperti baterai habis, mati tiba-tiba, dan bahkan mati total (CPU ponsel Anda dapat meleleh jika mencapai suhu ekstrim). Ada juga kemungkinan ponsel Anda tidak akan restart jika harus dimatikan karena terlalu panas.

Ada banyak alasan kenapa hp cepat panas dan boros baterai yang tidak terkait dengan suhu luar yang tinggi, dan banyak di antaranya berkaitan dengan baterai. Apakah Anda memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang? Banyak aplikasi menggunakan daya baterai dalam jumlah besar, yang dapat menyebabkannya cepat habis. Akibatnya, HP Anda menjadi panas.

Masalah lain bisa jadi adalah seberapa sering Anda menggunakan ponsel. Jika Anda sering menggunakan ponsel, baterai ponsel Anda akan habis, yang meningkatkan suhu ponsel Anda. Apakah Anda ingin meninggalkan telepon Anda pada saat pengisian daya bahkan setelah mencapai 100%? Ini juga bisa menjadi masalah kenapa hp cepat panas dan boros baterai. Mengisi daya perangkat Anda secara berlebihan dapat membuat ponsel anda terlalu panas.

TRENDING :  Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video?

5 tips tentang cara mencegah hp cepat panas dan boros baterai:

1. Hindari sinar matahari langsung di ponsel Anda.

Cara termudah untuk mencegah panas berlebih adalah menjauhkan ponsel Anda dari sinar matahari. Ponsel Anda menangkap dan menahan cahaya serta panas dari matahari, dan semakin lama berada di bawah sinar matahari maka ponsel Anda akan semakin panas.

2. Matikan aplikasi yang tidak digunakan di ponsel Anda.

Aplikasi terbuka yang tidak digunakan dan berjalan di latar belakang menyebabkan ponsel Anda bekerja lebih keras, yang pada gilirannya menyebabkannya menjadi terlalu panas. Solusinya sangat sederhana – pada iPhone, misalnya, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol home dua kali dan menghapus aplikasinya. Bonus: Ini juga akan meningkatkan masa pakai baterai ponsel Anda.

3. Hindari meningkatkan kecerahan layar.

Sama seperti menjalankan aplikasi latar belakang, menaikkan tingkat kecerahan akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak panas. Sebaliknya, temukan penutup anti-silau untuk perangkat Anda. Solusi berbiaya rendah ini dapat membantu Anda melihat layar Anda di bawah sinar matahari.

TRENDING :  Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di Android

4. Alihkan ponsel Anda ke mode pesawat.

Mode pesawat memungkinkan Anda untuk terus menggunakan fungsi-fungsi dasar pada telepon Anda, tetapi mematikan item lain yang tidak perlu yang dapat berdampak negatif pada baterai Anda.

5. Lepaskan ponsel anda dari casing.

Jika ponsel Anda bersuhu tinggi, kondisi Anda tidak membantu. Melepas casing akan memungkinkan port pemanas ponsel berfungsi penuh tanpa diblokir, memungkinkan ponsel menjadi lebih dingin lebih cepat.

Berikut adalah 5 tip tentang cara mendinginkan ponsel Anda jika sudah panas untuk membantu Anda kembali menggunakan teknologi yang Anda sukai dan andalkan.

5 tip tentang cara mendinginkan HP Anda jika sudah panas

1. Selalu perbarui aplikasi Anda.

Banyak pembaruan aplikasi menyertakan perbaikan bug yang dapat meningkatkan efisiensi ponsel Anda, yang berarti akan mengkonsumsi lebih sedikit daya dari perangkat Anda.

2. Putuskan sambungan telepon Anda dari teknologi lain.

Menumpuk ponsel, tablet, dan komputer di dalam tas membuatnya lebih rentan terhadap panas berlebih. Bantu mereka tetap tenang dengan memisahkan mereka.

3. Hapus/ Uninstal aplikasi yang tidak perlu.

Jika ponsel Anda terus menjadi terlalu panas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan jumlah item yang tidak perlu di ponsel Anda yang dapat menambah beban kerjanya – seperti nada dering, game, wallpaper, atau aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan.

4. Tiup ponsel Anda.

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi mengipasi atau meniup ponsel Anda dapat membantu mendinginkan ponsel Anda. Seperti ventilasi yang membuat Anda tetap sejuk, angin sepoi-sepoi dapat membantu mendinginkan perangkat Anda saat menjadi sedikit hangat.

TRENDING :  INI BAHAYA SINAR BIRU GADGET BAGI MATA

5. Hindari perubahan suhu yang tiba-tiba.

Anda mungkin tergoda untuk meletakkan alat yang terlalu panas di lemari es atau freezer selama satu atau dua menit, tetapi kami tidak menganjurkannya. Menyimpan ponsel Anda ke suhu ekstrem akan menekan komponen dan juga membuatnya berisiko terakumulasi kelembapan, yang merupakan cara pasti untuk merusak perangkat Anda.

Silahkan bagikan artikel kenapa hp cepat panas dan boros baterai ini jika dirasa bermanfaat. Dan jika anda ingin mengetahui informasi seputar 10 Cara terbaik Agar HP Xiaomi Tidak Cepat Panas, kunjungi artikel berikutnya ya. Terimakasih dan semoga menginspirasi.