Kenapa hp anda bisa ngelag

Kenapa HP Anda Bisa Ngelag?

Semua ponsel termasuk iPhone melambat (nge-lag) seiring berjalannya waktu. Kenapa HP Anda bisa ngelag? Karena terlalu banyak aplikasi dan mulai kehabisan ruang penyimpanan, dan ini tidak bisa dihindari. Itu tidak sedikit membuat anda frustasi. Apakah ada yang lebih menyebalkan daripada ponsel yang nge-lag? Jawaban saya: Tidak, tentu saja tidak. Itu satu-satunya hal yang paling menyebalkan.

Sulit untuk menentukan Kenapa HP Anda bisa ngelag dan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ini bisa menjadi kombinasi faktor, dari kekurangan perangkat keras (hardware) hingga proses latar belakang yang berlebihan. Meskipun memang benar bahwa penyebab kenapa HP Anda bisa ngelag dulu sangat menakutkan, belakangan ini, berkat peningkatan perangkat keras dan peningkatan OS secara umum, perangkat ponsel cenderung berjalan dengan lancar.

Ponsel Anda lambat, aplikasi mulai mogok, dan Anda merasakan keinginan untuk jambakin rambut Anda. Sebelum Anda melakukannya, Anda harus mengatasi penyebab paling umum kenapa HP Anda bisa ngelag dan mencoba memperbaiki situasi dengan mengikuti solusi sederhana dalam panduan ini. Anda akan kembali ke kecepatan dalam waktu singkat.

Tips supaya HP tidak nge-lag

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Jika Anda kecanduan aplikasi, kemungkinan besar Anda memiliki lebih dari beberapa aplikasi yang jarang Anda gunakan. Aplikasi ini tidak hanya menghabiskan ruang penyimpanan, tetapi juga sering berjalan secara diam-diam di latar belakang, menghabiskan sumber daya sistem yang berharga. Cara terbaik untuk mengetahui apakah aplikasi yang tidak digunakan memperlambat ponsel Anda, adalah dengan mengaktifkan opsi pengembang (system resources) sehingga Anda dapat melihat daftar lengkap proses dan layanan aktif – jika daftar tersebut penuh dengan proses milik aplikasi yang tidak digunakan, maka segera uninstall aplikasi tersebut.

Setelah Anda mengaktifkan opsi pengembang (system resources), buka pengaturan dan klik tombol “opsi pengembang”, lalu pilih “luncurkan layanan” untuk menampilkan semua aplikasi dan layanan yang berjalan di perangkat Anda. Luangkan waktu sejenak untuk menelusuri daftar dan mencatat semua aplikasi yang tidak Anda gunakan, kemudian kembali ke memilih “Manajer Aplikasi” dari menu Pengaturan dan Anda akan dapat menghapusnya. Bergantung pada perangkat Anda, menu ini dapat sedikit berbeda. Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat tampilannya di Xiaomi Mi Max 2.

TRENDING :  Daftar Handphone Harga 2 Jutaan dengan Kamera Terbaik

Tetapi bagaimana jika Anda memiliki aplikasi yang tidak dapat atau tidak ingin Anda hapus? Kabar baiknya, karena menu opsi pengembang juga menyertakan pengaturan untuk membatasi jumlah proses latar belakang yang dapat dijalankan pada waktu tertentu. Cukup klik pada opsi “Batas Proses Latar Belakang”, dan Anda dapat mengubah pengaturan standar menjadi apa pun dari 1 hingga 4 proses latar belakang.

Karena Anda sering dibatasi untuk menghapus aplikasi sistem yang sudah dimuat sebelumnya, Anda dapat memilih untuk menonaktifkannya atau membasmi perangkat Anda untuk menghapusnya secara permanen.

2. Gunakan launcher eksternal

Banyak pengguna yang kecewa seperti saya, produsen Android bersikeras menggunakan versi Android mereka sendiri. Meskipun beberapa peluncur OEM (OEM launchers) dapat menambahkan fitur yang berguna, mereka sering kali tidak dioptimalkan dengan baik, jarang memperbarui dan menambahkan pembengkakan yang tidak perlu yang membuat penggunaan sehari-hari menjadi lambat.

Jika Anda mencurigai default launcher dapat memperlambat ponsel Anda, Anda harus mencoba alternatif pihak ketiga yang dikembangkan dengan mempertimbangkan kecepatan dan efisiensi. Peluncur ringan terbaik untuk memulai dan memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan individu dan fitur untuk menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda.

Kami sebelumnya membahas lima peluncur layar beranda terbaik, tetapi favorit pribadi saya adalah Microsoft Launcher, yang membuang Mi Max 2 saya dari pegangan MIUI yang berbahaya. Tidak hanya cepat, tetapi juga menambahkan beberapa fitur yang sangat berguna, termasuk kemampuan untuk mempertahankan PC dan mode kinerja tinggi, yang mengganggu efek visual.

3. Mononaktifkan Animasi (Disable Animations)

Secara default, Android menggunakan transisi animasi saat membuka dan beralih di antara aplikasi yang berbeda. Transisi ini membutuhkan waktu yang berharga, yang dapat bertambah seiring waktu dan memperlambat ponsel Anda. Meminimalkan atau menonaktifkannya sepenuhnya adalah salah satu hal tercepat dan termudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat ponsel Anda terasa lebih cepat, karena trik ini tidak mempercepat perangkat Anda dalam pengertian tradisional, tetapi hanya menghemat itu di detik-detik yang hilang itu.

TRENDING :  Cara Download Film dan Lagu dari Youtube di Handphone

Untuk mengubah pengaturan animasi, Anda harus mengaktifkan opsi pengembang, kemudian kembali ke memilih “opsi pengembang” dari menu pengaturan dan gulir sampai Anda menemukan pengaturan berikut:

  • Skala animasi windows
  • Skala animasi transisi
  • Skala durasi animasi

Setel masing-masing ke “Animasi Nonaktif” atau “Skala Animasi 0,5x” jika Anda lebih suka animasi yang lebih cepat daripada tanpa animasi.

4 Kosongkan ruang penyimpanan

Ruang penyimpanan yang rendah memastikan ponsel Anda melakukan crawling – Android membutuhkan sedikit ruang untuk melakukan tugas sehari-hari, dan harus berulang kali mengunduh ribuan file yang tersebar di seluruh drive dan mengarahkannya ke sana membutuhkan waktu dan sumber daya. File, aplikasi, pembaruan, dan media sampah dapat ditambahkan dengan cepat, sehingga pembersihan cepat dilakukan sesekali untuk mengosongkan ruang.

Anda dapat menentukan apa yang menghabiskan ruang penyimpanan perangkat Anda dengan membuka menu “Pengaturan” dan mengklik “Penyimpanan”. Di sini Anda akan melihat divisi berikut:

  • Data dalam cache
  • Foto dan video
  • Suara saya
  • Aplikasi dan data aplikasi

Data cache mempercepat penggunaan umum dengan menyimpan bagian data yang sering diakses sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya lagi dan lagi. Namun, jika perangkat Anda penuh maka data cache ini mungkin secara tidak sengaja memperlambat segalanya. Jika data yang di-cache rusak, atau mengandung kesalahan, ini juga dapat membekukan aplikasi. Menghapus data cache adalah cara sederhana untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan memperbaiki aplikasi yang berjalan dengan buruk. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik “Data Cache” dan memilih “OK” saat diminta untuk menghapus.

Jika foto Anda dan media lain menghabiskan terlalu banyak ruang, Anda dapat mencadangkan semuanya ke penyimpanan lokal atau menggunakan aplikasi penyimpanan awan yang memberi Anda opsi untuk menghapus file secara otomatis dari perangkat Anda setelah Anda menyimpannya. Aplikasi Google Foto memungkinkan pencadangan otomatis gratis dan tidak terbatas, asalkan foto dan video Anda dalam kisaran 16MP dan 1080p – apa pun di luar itu akan menghabiskan ruang penyimpanan Google Drive Anda. Saat ini saya menggunakan aplikasi Microsoft OneDrive, yang secara otomatis mengunggah foto dan video saya ke akun penyimpanan cloud OneDrive 1 TB saya, yang disertakan sebagai bagian dari langganan Microsoft 365 saya.

TRENDING :  Bagaimana Cara Screenshot Layar HP Samsung Galaxy A01?

Jika Anda kesulitan dengan aplikasi dan mendownload App, Anda harus mencopot pemasangan apa pun yang tidak digunakan dan meluangkan waktu untuk menghapus folder unduhan Anda. Game bisa menjadi penyebab utama di sini! Anda dapat menghapus semuanya secara manual atau menggunakan utilitas manajemen penyimpanan seperti aplikasi Google Files Go, yang akan membantu Anda menemukan dan menghapus file sampah dan aplikasi yang tidak Anda gunakan dengan mudah.

5. Instal aplikasi versi Lite

Saat aplikasi favorit Anda diperbarui, sering kali fitur ditambahkan yang meningkatkan ruang penyimpanannya dan menyebabkan kenapa HP Anda bisa ngelag sehingga berjalan lebih lambat dari sebelumnya. Beberapa pembaruan ini dapat membuat aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat kelas bawah. Akibatnya, banyak aplikasi populer sekarang disertai dengan rilis ringan, yang menghapus semuanya untuk menyertakan semua kecuali fitur paling dasar.

Facebook menawarkan versi ringan dari aplikasi Facebook dan aplikasi Messenger. Saya telah menggunakan keduanya selama beberapa waktu sekarang – mereka cepat dan efektif, dan saya tidak ingin kehilangan fitur tambahan yang ditemukan dalam versi full-fat.

Aplikasi ringan populer lainnya termasuk yang berikut – cobalah untuk sedikit meningkatkan kinerja:

  • Twitter Lite
  • LinkedIn Lite
  • Skype Lite
  • Youtube goo
  • Google Go
  • Gmail Go
  • Google Maps Go