resep mangut lele kuah santan
Mangut lele Pedas (foto: @dapoerimeh/Instagram)

Resep Mangut Lele : Bumbu dan Cara Masak

Resep Mangut Lele – Mangut lele merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak dengan panduan santan ini bisa dijadikan menu makan utama untuk keluarga. Ingin tahu cara memasak mangut lele santan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang satu ini?

Membayangkan harum dan begitu uniknya rasa dari mangut lele santan adalah keistimewaan tersendiri. Apalagi ketika menyantapnya selagi masih hangat dan segar. Bahkan sepiring nasi-pun takkan cukup sepertinya.

Permainan bumbu, rempah, dan sentuhan dari Kaldu Ayam agar menjadikan kuah mangut terasa sangat lezat. Namun yang menjadikannya khas adalah keberadaan kuah santan. Kuah santan disandingkan dengan ikan lele segar, maka hidangan yang satu ini pasti dijamin akan laku keras saat makan bersama keluarga.

TRENDING :  RESEP MINUMAN SEGAR AVOCADO SAGO

Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, jenis sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan. Jadi Penasaran kan bagaimana rasa masakan yang satu ini? Coba bikin sendiri di rumah resep mangut lele dari berikut.

Resep mangut lele

Bahan mangut ikan lele :

4 ekor lele, dikerat-kerat
2 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok makan garam
2 buah cabai merah besar, dipotong 1cm
2 buah cabai hijau besar, dipotong 1 cm
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut, dibuang tulangnya
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1/2 sendok makan garam
1 sendok teh gula merah
500 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok makan garam
1 sendok teh gula merah minyak untuk menggoreng

TRENDING :  RESEP AYAM APEL PANGGANG

Bumbu halus :

6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar, disangrai
4 butir kemiri sangrai
1 cm lengkuas
1 cm jahe
10 buah cabai rawit merah
3 cm kencur

Cara memasak mangut lele :

1. Siangi dan cuci bersih ikan lele, kemudian rendam dengan air jeruk nipis, garam dan bawang putih. Diamkan kurang lebih 10 menit.
2. Setelah direndam. Panaskan minyak dan goreng lele dengan api sedang sampai matang. Angkat dan tiriskan.
3. Siapkan wajan baru. Isi dengan 2 sendok teh minyak bekas gorengan lele. Masukkan bumbu halus, cabai merah besar, cabai hijau besar, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Tumis semuanya sampai harum dan matang.
4. Kemudian masukkan air dan santan secara bertahap. Aduk-aduk perlahan agar santan tidak pecah. Tambahkan Kaldu Ayam, Kecap Manis, gula pasir, dan garam secukupnya. Masak hingga mendidih. Jangan lupa cicip rasanya. Setelah mendidih, masukkan lele. Masak sampai lele matang. Angkat dan sajikan.

TRENDING :  Aneka Resep Kue Lebaran Sederhana Dan Kekinian

Selamat menikmati masakan sederhana ini di rumah ya….