Resep Kentang Mustofa Renyah Tahan Lama

Resep Kentang Mustofa Renyah Tahan Lama

Resep Kentang Mustofa Renyah – Kentang mustofa merupan jenis cemilan yang diolah dengan bahan baku utama kentang . Kentang Mustofa ini diproses dengan cara digoreng atau dipanggang sampai kering. Dan makanan ini juga sangat populer di Indonesia. Kemudian makanan ini juga menjadi cemilan yang banyak digemari oleh semua kalangan. Kentang Mustofa yang satu ini mempunyai rasa yang gurih, pedas manis dan renyah, makanan ini menjadi makanan favorit saat mengobrol atau santai.

Membuat kentang mustofa balado pedas manis itu sangat mudah. Disini kuncinya adalah kita harus tahu trik membuat kentang mustofa tidak menggumpal, awet renyah, dan tahan lama ini. Apalagi, kentang mustofa original memang cocok jadi stok menu untuk puasa nanti.

Jika di ibaratkan, makan apa saja jadi enak kalau ada kentang mustofa original renyah tahan lama ini.

TRENDING :  Aneka Resep Kue Lebaran Sederhana Dan Kekinian

Tapi, untuk para pemula membuat kentang mustofa tidak begitu mudah seperti yang dibayangkan. Tapi dengan mengikuti panduan resep kentang mustofa renyah tahan lama ini akan sangat membantu. Masalah paling utama bisa jadi karena bumbu kering kentang yang menggumpal.

Masalah lainnya adalah kentang tidak bisa tahan lama renyahnya. Nah, untuk itu, ada beberapa tips mudah dan pasti berhasil yang bisa Anda ikuti.

Bumbu kentang mustofa ysng menggumpal lebih banyak dikarenakan teknik dalam memasak yang salah. yaitu kita suka salah memperkirakan lama waktu memasukkan kentang goreng. Bumbu sudah terlanjur terlalu kering sehingga tidak bisa lagi melumuri kentang. Yang pada akhirnya, bumbu kentang mustofa tadi jadi menggumpal.

Agar lebih jelas, mari langsung saja simak Resep kentang mustofa balado pedas manis original awet renyahnya dan tahan lama berikut ini.

TRENDING :  RESEP MARTABAK MANIS TEFLON SEDERHANA

Resep Kentang Mustofa Renyah

Bahan-bahan

-1000 gram kentang
-100 gram kacang tanah
-1 sdm soda kue/baking soda

Bumbu halus

-12 cabe merah besar
– 20 buah cabe rawit
-2 siung bawang putih
-3 siung bawang merah

Bumbu tambahan

-2 sdm asam jawa
-2 lembar daun jeruk cincang
-1 sdm gula pasir
-1 sdt garam
-1 sdt royko
-2 lembar daun salam

Cara Memasak Kentang Mustofa

  1. Serut memanjang kentang. Tampung kentang serut diwadah air bersih. Setelah semua kentang diserut, cuci bersih dan bilas sebanyak 2x atau sampai airnya bening dan getah tepung hilang agar ketika menggoreng kentang terpisah / tidak menempel.
  2. Biarkan kentang terendam air. Setiap akan menggoreng, ambil kentang secukupnya. Panaskan 500-750ml minyak goreng.
  3. Goreng kacang tanah sampai garing. kemudian tiriskan.
  4. Goreng kentang. Saat kentang mulai setengah kering, kecilkan api (agar awet renyah dan garing). Teruskan menggoreng sampai kentang garing.
  5. Panaskan 7 sdm minyak goreng. Masak bumbu sampai mendidih dan agak mengental. Angkat bumbu dengan sodet. Bumbu yang sudah siap harusnya berbentuk seperti rambut-rambut halus. Kalau rambut ini masih belum terlihat, berarti bumbu harus dibiarkan mengental sedikit lagi. Begitu bumbu sudah berambut, segera masukan kentang dan kacang tanah yang sudah di goreng di awal. Aduk cepat sehingga bumbu bisa melumuri kentang.
  6. Setelah bumbu tercampur rata, pindahkan dan biarkan dingin. Lalu sajikan dengan nasi hangat atau buat cemilan
TRENDING :  RESEP AYAM APEL PANGGANG

Gimana, mudah kan cara membuatnya? Semoga berhasil ya….

Temukan resep masakan lainnya disini