JADWAL IMSAKIYYAH RAMADHAN 1442H

Download Jadwal Imsakiyyah Puasa Ramadhan 2021

Download Jadwal Imsakiyyah Puasa Ramadhan 2021 di Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Semarang, Makassar, Tangerang, Bekasi, Bogor, Malang, Batam, Pekanbaru, Jogya, dan kota-kota lainnya di Seluruh Indonesia bisa dicek melalui website Kementerian Agama (Kemenag) https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah. Tanggal 1 puasan Bulan Ramadhan tahun 1442 H dijadwalkan jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021.

Keputusan tersebut telah disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dalam acara jumpa pers setelah melakukan sidang isbat pada hari Sabtu di awal Ramadhan 1442 Hijriyah yang bertempat di di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta.

Menteri Agama di Jakarta mengatakan “Peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Selasa, 13 April 2021”

Kesepakatan ini dibuat, menurut menteri agama, setelah peserta mendengar laporan hasil Ruqyatul Hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomi) yang keduanya saling melengkapi.

TRENDING :  Doa Yang Sering dibaca Saat Menyambut Bulan Suci Ramadham

Secara astronomis, pada Hari Rakyat, 12 April 2021, saat matahari terbenam, lokasi bulan baru di seluruh Indonesia sudah berada di atas ufuk, mulai dari 2 derajat 37 menit hingga 3 derajat 36 menit.

Dari Data astronomi (perhitungan) ini kemudian dikonfirmasi oleh Rukyatul hilal yang dilakukan di 88 titik di 34 provinsi di Indonesia. Menurut Menteri Agama, ada 13 petugas Rakyat yang bersaksi di bawah sumpah hakim Pengadilan Agama setempat bahwa mereka melihat bulan sabit baru (hilal).

Menteri Agama berkata: “Setidaknya ada tiga belas petugas di Rakiyat al-Rukiyat yang mengatakan bahwa mereka melihat bulan sabit baru (hilal) dan mengambil sumpah untuk bersaksi.”

Ia menambahkan, “Oleh karena itu, dengan dua hal tersebut, mengetahui kedudukan Al Hilal dan mendengar keterangan dari petugas kami, seluruh peserta sidang suku sepakat untuk menyepakati bahwa Ramadhan pertama 1442 H akan jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021.” Kata Menteri Agama melanjutkan.

TRENDING :  10 Amalan Sunnah Selama Bulan Ramadhan

Download Jadwal Imsakiyyah Puasa 2021

Jadwal Imsakiyyah biasanya digunakan oleh kaum muslimin sebagai pedoman untuk mengetahui kapan dimulainya puasa, jadwal waktu adzan sholat 5 waktu, serta informasi masuknya waktu imsakiyyah Ramadhan.

Berikut kami tampilkan jadwal imsakiyyah beberapa kota besar di indonesia :

Jadwal imsakiyyah Jakarta

download Disini

Jadwal imsakiyyah Bandung

download Disini

Jadwal imsakiyyah Bekasi

download Disini 

Jadwal imsakiyyah Bogor

download Disini 

Jadwal imsakiyyah Tangerang

download Disini

Jadwal imsakiyyah Semarang

download Disini 

Jadwal imsakiyyah Yogya

download Disini 

Jadwal imsakiyyah Malang

download Disini

Jadwal imsakiyyah Aceh

download Disini 

Jadwal imsakiyyah Medan

download Disini

Jadwal imsakiyyah Batam

download Disini

Jadwal imsakiyyah Makasar

download Disini

TRENDING :  Niat Dan Doa Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri, Istri, Anak Laki-laki dan Perempuan

Jadwal imsakiyyah Surabaya

download Disini

Untuk Jadwal Imsakiyyah lengkap lainnya di seluruh wilayah Indonesia kalian bisa download di website kemenag berikut https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah