web hosting gratis

Kelebihan Dan Kekurangan Web Hosting Gratis Dan Berbayar

Advertisement

Sebuah layanan web hosting menyediakan layanan yang memungkinkan individu dan bisnis untuk mengirim halaman web ke internet. Penyedia layanan web hosting berbayar atau gratis (dengan iklan di halaman web) adalah bisnis yang menyediakan server dan teknologi untuk melihat situs web di internet.

Apa itu Web Hosting?

Layanan web hosting adalah layanan yang dapat digunakan pelanggan setelah mereka membeli layanan dial up atau broadband bulanan yang memungkinkan mereka mengakses internet. Layanan web hosting menggunakan hosting dan arsitektur klien untuk memuat konten ke server sehingga halaman web dan informasi dapat dilihat di internet dalam format HTML aslinya.

Perusahaan web hosting akan menawarkan klien akses ke server yang akan menyediakan konten klien kepada individu di World Wide Web setelah mereka membuat URL atau permintaan nama domain. Untuk melihat halaman di web, Anda harus memiliki browser web, seperti Microsoft Internet Explorer atau Netscape Navigator untuk meminta halaman web dari server setelah Anda membeli akses internet.

Situs web adalah halaman yang disimpan di komputer yang disebut server. Server adalah bagian dari jaringan komputer di internet atau World Wide Web yang memungkinkan pengguna internet untuk mencapai situs Anda di mana saja di dunia kapan saja. Internet buka 24 jam, tujuh hari seminggu sepanjang waktu.

Komputer host dikonfigurasi sehingga ketika URL atau nama domain Anda diketik, alamat tersebut akan menggunakan rutin pointer (mencari alamat dari terminal ke terminal) hingga mencapai komputer yang menghosting situs web Anda. Kemudian, jika semuanya baik-baik saja, situs web Anda akan menampilkan dirinya sendiri di layar pengguna.

TRENDING :  Virtual vs Dedicated vs Share : Web Hosting Mana yang Saya Butuhkan?

Perusahaan hosting mengharuskan Anda membeli URL atau nama domain terlebih dahulu sebelum membeli layanan hosting. Sebagian besar perusahaan hosting memiliki paket yang memungkinkan Anda membeli nama domain dan hosting secara bersamaan.

Memilih Jenis Layanan Web Hosting

Ada berbagai jenis layanan web hosting dan semuanya tergantung pada apa yang ingin Anda capai dalam membangun situs web untuk bisnis Anda. Anda harus melihat berbagai opsi yang bergantung pada faktor-faktor berikut ini:

Kompleksitas situs web Anda – Anda mungkin ingin berbicara dengan pengembang tentang kompleksitas situs web Anda, terutama dalam hal administrasi grafik dan database. Anda mungkin harus berkonsultasi dengan spesialis internet tentang jenis hosting yang Anda butuhkan.

Web Hosting Berbayar

Lalu ada hosting yang Anda bayar untuk itu Anda memiliki kontrol lebih ketika Anda memuat dan meng-host situs web Anda. Anda mendapatkan akses email POP dan dapat membuat email sebanyak yang Anda inginkan yang bergantung pada jenis akun yang Anda bayar.

Setiap perusahaan memiliki paket khusus untuk setiap kebutuhan. Dari server pribadi hingga bisnis, bahkan server untuk jenis sistem operasi khusus (UNIX, Windows, Linux, dan Apple) pilihannya bervariasi tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan.

Harga tergantung pada seberapa banyak ruang yang Anda butuhkan di server untuk memuat aplikasi Anda sehingga Anda harus mempertimbangkan apa yang ingin Anda letakkan di server melalui situs web Anda.

TRENDING :  Cara Install 2 Domain Dalam 1 Hosting

Web hosting gratis

Web hosting gratis (free web hosting) adalah layanan web hosting paling dasar yang dapat Anda peroleh dan ada banyak perusahaan hosting gratis yang tersedia di internet. Layanan hosting gratis biasanya dibiayai oleh iklan di situs web yang dihosting.

Layanan web hosting gratis sangat terbatas. Jika Anda mendapatkan layanan hosting gratis, Anda akan memiliki iklan di bagian atas dan bawah situs web Anda dan tergantung pada apa situs web Anda, itu mungkin tidak cocok sama sekali tetapi untuk orang yang memulai di internet mungkin menjadi pilihan terbaik jika Anda tidak memiliki banyak lalu lintas atau hanya situs kecil.

Jenis domain web yang Anda terima saat mendapatkan web hosting gratis adalah subdomain dengan nama yang Anda pilih (namaanda.webhost.com) atau nama dalam direktori (namaanda.webhost.com). Misalnya, jika nama host gratis Anda adalah freestanding.com,
Maka domain web Anda akan menjadi yourbusiness.freestanding.com.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, jika Anda seorang pemula, ini adalah jenis akun yang mungkin ingin Anda dapatkan tetapi ada beberapa kekurangan pada web hosting gratis jika Anda mencari lebih banyak opsi pada akun tersebut.

Pertama, banyak akun hosting gratis tidak mendukung manajemen basis data atau apa yang Anda sebut dalam istilah sederhana, menempatkan struktur data di sisi host web gratis dari server mereka. Database biasanya digunakan untuk rutinitas pengambilan data online. Banyak dari situs web hosting gratis ini tidak mendukung paket umum yang disebut mySQL yang memungkinkan Anda memprogram kueri ke situs web Anda.

TRENDING :  Tips Jitu Memilih Layanan Web Hosting yang Andal

Mereka juga tidak mendukung banyak akun email. Sebagian besar layanan hosting web gratis hanya memberi Anda satu akun email dan biasanya akun internet berbasis web. Tuan rumah tidak menyertakan modul untuk Pemrograman Flash, PHP dan Dynamic Hypertext Markup Language (DHMTL).

Singkatnya, web hosting gratis adalah untuk pemula yang menginginkan pilihan hosting yang mudah tanpa banyak lonceng dan peluit.

 

Kata Kunci

2 Domain Dalam 1 Hosting -Website Domain Dan Hosting Gratis -10 Hosting Terbaik Indonesia -Cara Membuat Hosting Email Sendiri -Cara Membuat Email Hosting -Cara Membuat Domain Hosting Gratis -Cara Membuat Domain Dan Hosting Sendiri -Cara Memasang Domain Ke Hosting -Cara Kerja Web Dan Layanan Hosting -Cara Hosting WordPress Gratis -Cara Hosting Web Gratis Dengan Idhostinger -Cara Hosting Cpanel -Cara Hosting Asp Net -Cara Daftar Web Hosting Gratis -Cara Daftar Domain Hosting -Cara Daftar Domain Dan Hosting Gratis -Cara Daftar Domain Dan Hosting Berbayar -Cara Buat Web Hosting Sendiri -Bisnis Reseller Hosting -Apa Yang Dimaksud Domain Dan Hosting -