Cara Membuat Form Pendaftaran Online Dengan Subjudul Lengkap

Cara Membuat Form Pendaftaran Online dengan Subjudul Lengkap

Cara membuat form pendaftaran online dalam banyak kasus masih menggunakan layanan dari google form. Karena sebagai salah satu jalan bagi para pembuat event seperti seminar dan lain sebagainya.

Hal tersebut sangat dirasa efektif serta tidak terlalu memakan biaya yang terlalu banyak namun sudah bisa memfasilitasi para peserta untuk mendaftarkan diri supaya bisa bergabung. Seperti banyak yang sudah dilakukan oleh berbagai macam pihak juga.

Mereka menggunakan google form disebabkan sangat mudah pengaplikasiannya kemudian juga waktu pembuatan tidak terlalu panjang. Sehingga peserta yang jauh pun juga tetap bisa mendaftar dengan cara masuk ke link disediakan atau menggunakan scan barcode di pamflet.

Metode ini memberikan begitu banyak manfaat bagi panitia penyelenggara sebuah even serta orang yang ingin mengikutinya. Bagi para penyelenggara mereka dengan link tersebut sudah bisa menjangkau banyak sekali orang diberbagai penjuru daerah.

Sedangkan pihak peserta bisa mendaftar dengan hanya mengisi data diri pada kolom yang disediakan di formulir online tersebut. Cara membuat form pendaftaran online bisa menjadi solusi bagi para pembuat even serta peserta yang jauh.

Dengan demikian penggunakan formulir daring ini sangat menguntungkan berbagai pihak serta solusi dan terobosan mengenai kecanggihan zaman pada saat ini. Hal itu sedang marak terjadi pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Karena segala hal terutama berkaitan dengan seminar secara daring membutuhkan formulir ini untuk menampung segala data diri pesertanya. Berikut mengenai hal berkaitan apa saja yang harus dipersiapkan penyelenggara acara untuk mengantongi identitas-identitas dari peserta.

Cara Membuat Form Pendaftaran Online untuk Sebuah Acara

Dalam pembuatan sebuah acara khususnya acara webminar mengenai isu-isu terkini dunia serta segala keadaan di setiap negaranya atau tema lain, pastinya membutuhkan peserta sebagai sasaran dalam acara seminar ini.

Namun untuk menjangkau para peserta biasanya panitia penyelenggara memanfaatkan cara membuat form pendaftaran online sebagai salah satu sarana untuk melakukan suatu registrasi. Hal itu bisa secara daring karena adanya pandemi yang menyebabkan segalanya dilakukan dengan menggunakan cara atau metode online.

Munculah solusi ini sebagai fasilitas bagi para peserta yang ingin mendaftar sebagai audience dari webminar ini. Sebagai panitia pasti ada beberapa macam hal yang membuat Kamu kesulitan dalam membentuk google form ini.

Yang harus pertama Kamu lakukan sebagai panitia penyelenggara yaitu dengan masuk kedalam akun drive kemudian pilih opsi baru. Step kedua dengan memilih lainnya karena menu google form tidak tersedia pada barisan atas jadi harus ada tindakan lanjutannya ya.

Sehingga memungkinkan Kamu untuk klik tersebut sebagai bentuk untuk memunculkan pilihan lain dibawah. Setelah itu pilihlah google formulir sebagai bentuk bagaimana Kamu ingin membuat sebuah formulir online untuk presensi para pendaftarnya.

Langkah terakhir yaitu membuat judul serta beberapa pertanyaan atau isiannya sehingga para peserta bisa mengisikan sesuai yang diinginkan oleh panitia penyelenggaranya. Cara membuat form pendaftaran online menggunakan google form bisa dilakukan beberapa settingan.

Yang Harus Terdapat pada Formulir Online

Dalam melakukan sebuah penyediaan formulir pastinya panitia ingin mendapati identitas peserta secara lengkap ataupun secara jelas dan juga rinci. Berikut beberapa subjudul yang perlu dibuat oleh panitia sebagai penyelenggara.

  1. Nama Lengkap Peserta

Biasanya subjudul pertama yang terdapat formulir secara online ini mengenai nama lengkap. Supaya saat pemberian sertifikat, namanya sesuai dengan yang ada pada identitas mereka selaku peserta.

  1. Tempat dan Tanggal Lahir dan Alamat

Hal ini sangat berguna untuk memberikan identitas pada sertifikat mereka pula. Disisi lain sebagai informasi tambahan juga untuk para panitianya. Serta mengetahui dimana mereka berdomisili

  1. Kontak dan Email

Nomor telepon/WA serta alamat email lengkap sangat penting adanya sebagai cara membuat form pendaftaran online. Hal itu digunakan sebagai sarana komunikasi dan pengiriman link join zoom atau aplikasi lain bagi para pesertanya kemudian juga untuk pengiriman sertifikat.

Maka dari itu pembuatan formulir secara daring untuk diisikan oleh para peserta sebagai bentuk solusi. Meskipun sedang dalam keadaan pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan berakhirnya, cara membuat form pendaftaran online sebagai presensi modern.