jelaskan fungsi modem

Jelaskan Pengertian Dan Fungsi Modem

Jelaskan Fungsi Modem. Seiring dengan berkembangnya teknologi, perangkat komunikasi seperti komputer dan laptop membutuhkan yang namanya modem agar bisa terkoneksi ke internet. Nah apa itu modem?

Pengertian modem

Modem merupakan singkatan dari modulator dan demulator. Secara umum, pengertian modem adalah suatu perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah sehingga jaringan internet dapat diterima perangkat komputer/ mobile dengan lebih baik.

Pengertian wifi

Pada umumnya wifi bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio atau tanpa menggunakan kabel sebagai penghantar. Tentu saja dengan tambahan perangkat elektronik pendukung yang berfungsi sebagai modulator-demodulator. Dalam hal ini modem wifi berfungsi sebagai modulator-demodulator.

Apa perbedaan modem dan WiFi?

WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang memiliki arti sebagai jaringan nirkabel yang dapat memancarkan sambungan internet. Sementara itu, modem merupakan sebuah perangkat keras singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi untuk mengubah 2 sinyal berbeda yaitu dari sinyal digital menjadi sinyal analog.

kedua istilah tersebut jika digabung akan memiliki pengertian yaitu sebuah perangkat keras yang memancarkan sambungan internet tanpa menggunakan kabel. Karena fiturnya yang portable, modem WiFi dapat kamu bawa kemanapun tanpa memenuhi kantong ataupun ruangan.

Jelaskan fungsi modem

Fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.

Fungsi modem secara umum untuk mengubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya. Sinyal yang dikirimkan dari komputer atau laptop akan dirubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem kemudian akan ditransmisikan melalui kabel koneksi untuk diantarkan ke komputer-komputer lainnya.

Menurut fungsinya, modem digunakan untuk menerima dan mengirim data setiap saat ketika berinteraksi online di dunia maya. Perkembangan teknologi yang semakin maju, khususnya pada penggunaan internet membuat keberadannya menjadi suatu kebutuhan penting.

Berkat adanya modem, seseorang bisa mendapatkan sinyal internet dan diterima baik oleh setiap perangkat yang terhubung dengan modem tersebut. Beragam jenis-jenis modem memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Jenis-jenis modem berdasarkan jaringan dan cara pemasangannya

Modem Eksternal

Jenis-jenis modem pertama yaitu modem ekternal. Modem eksternal merupakan alat yang digunakan komputer agar dapat mengakses internet.

Data yang berasal dari komputer berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Apabila modem menerima data berupa sinyal analog akan diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut melalui komputer.

Modem eksternal biasanya dipasang di bagian luar CPU seperti serial port atau USB CP. Keunggulan modem eksternal adalah dapat mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipindahkan kemanapun.

Modem Internal

Jenis-jenis modem selanjutnya modem internal. Jenis modem ini terpasang secara internal di mana sinyal analog yang tiba akan diubah menjadi sinyal digital dan secara langsung dikirim ke komputer.

Biasanya modem ini dipasang pada bagian dalam CPU seperti slot PCI. Modem internal dapat digunakan untuk card modem komputer, slot PCI, slot ISA. Keunggulan dari modem ini adalah cara pemasangan modemnya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Modem ini sering dikenal dengan On-Board Modem.