Tips Ketika Membeli Laptop Bekas yang Bisa Diterapkan

Tips Ketika Membeli Laptop Bekas yang Bisa Diterapkan

Bagi kamu yang hendak membeli laptop bekas sebaiknya memperhatikan beberapa hal agar tidak mendapatkan kerugian. Meskipun hanya membeli laptop bekas namun kamu tetap harus memperhatikan seberapa layak laptop tersebut untuk dibeli.

Bukan karena bekas jadi kamu sembarangan dalam memilihnya asal sudah ada saja.

Kondisi laptop sangat penting untuk kenyamanan saat digunakan karena banyak pekerjaan yang akan dilakukan dengan laptop tersebut.

Ini karena di zaman yang serba teknologi seperti sekarang laptop menjadi kebutuhan utama untuk mempermudah pekerjaan masing-masing orang dari berbagai bidang pekerjaan.

Kegunaan laptop juga cukup banyak dan tersedia dalam berbagai spesifikasi dan merek yang bisa kamu pilih dari kegiatan ringan sampai kegiatan berat bisa dilakukan.

Karena hal tersebut, membeli laptop adalah langkah tepat untuk membantu kamu menyelesaikan banyak pekerjaan, tapi terkadang harga laptop membuat keinginan membeli tersebut hilang.

Kamu tidak perlu takut dengan harga laptop yang terbilang cukup fantastis dan tidak sesuai dengan kondisi kantong kamu, karena saat ini kamu bisa membeli laptop bekas yang masih dalam kondisi layak dan kuat untuk digunakan sehari-harinya.

TRENDING :  Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect dengan Sederhana

Laptop bekas tersebut tidak akan salah pilih jika saja kamu tahu keuntungan dan tips membelinya.

Keuntungan Membeli Laptop atau PC Bekas

Membeli laptop baru memang tampak lebih menggiurkan karena barangnya masih pertama kali digunakan oleh kamu sebagai pemiliknya.

Namun apakah membeli barang bekas seperti laptop bekas adalah jalan yang salah? Cek keuntungan membeli laptop bekas di bawah ini.

  1. Harga Lebih Terjangkau

Keuntungan utama yang akan kamu dapatkan ketika membeli PC atau laptop bekas adalah harga terjangkau karena relatif akan lebih murah.

Hal ini terjadi karena laptop tersebut sudah digunakan oleh pemilik sebelumnya dengan begitu terjadi penyusutan kondisi, fungsi serta nilai ketika membeli laptop bekas tersebut. Perbandingan harganya juga terbilang lumayan besar.

  1. Tidak Perlu Pasang Aplikasi & SO

Kebanyakan laptop baru harus melakukan pemasangan beberapa software atau aplikasi yang diinginkan seperti Microsoft Office maupun aplikasi editing lainnya.

Oleh karena itu dengan membeli barang bekas seperti laptop akan memberikan keuntungan yaitu tidak perlu memasangkan aplikasi serta Sistem Operasinya (SO) lagi. Kamu jadi lebih efektif dengan waktu.

  1. Mendapatkan Spesifikasi Tinggi
TRENDING :  Kenapa HP Saya Tidak Bisa Download Aplikasi Youtube

Keuntungan yang ketiga yaitu dari laptop bekas dengan harga terjangkau kamu bisa mendapatkan spesifikasi tinggi.

Ini sangat menguntungkan karena mungkin saja harganya terbilang jauh dengan laptop baru. Sehingga kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu saat membeli laptop bekas.

Tips untuk Membeli Laptop Bekas

Jika keuntungan di atas sudah dapat membuat kamu yakin untuk beli laptop second maka kamu perlu tahu bagaimana tips mendapatkan laptop yang layak untuk dibeli.

Karena seringkali ada yang tertipu membeli laptop rusak padahal sudah mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Langkah pertama yang perlu kamu ketahui adalah menghindari pembelian laptop yang sudah berusia lebih dari tiga tahun.

Laptop tersebut sudah menurun kinerja pada setiap komponen pada perangkatnya, meskipun kelihatannya spesifikasi laptop tersebut dengan yang baru ada kesamaan tapi tidak worth it untuk membeli laptop bekas dengan usia tersebut.

Bagi kamu yang awam mengenai dunia teknologi dan komputer, kamu tidak perlu khawatir ketika memeriksa spesifikasi dari laptop bekas hendak kamu beli.

Pilihlah laptop bekas yang menggunakan SSD dibandingkan dengan HDD karena keunggulan penggunaan jangka panjang.

TRENDING :  Bagaimana Cara Screenshot Layar HP Samsung Galaxy A01?

Selanjutnya kamu harus memilih ukuran SSD 128GB ke atas atau tidak boleh lebih kecil dari ukuran tersebut.

Hard drive dari laptop bekas juga harus kamu perhatikan, pastikan untuk membawa pulang laptop tersebut jika hard drivenya sudah dalam keadaan bersih.

Lebih baik lagi jika kamu meminta meminta penjual untuk memformat SSD untuk menghindari kemungkinan malware yang selip di dalam hard drive tersebut.

Periksa kondisi baterai dan layar yang harusnya masih dalam keadaan baik karena ini sangat menunjang kenyamanan kamu saat menggunakannya.

Untuk bagian prosessor kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang tepat karena semakin besar budget akan mendapatkan prosessor dengan kemampuan terbaik juga.

Jangan khawatir jika kamu tidak bisa membeli laptop baru dan lebih memilih yang bekas, karena laptop tersebut tetap bisa kamu gunakan untuk menunjang aktivitas atau pekerjaan kamu.

Pastikan agar tidak ada yang salah atau penyesalan ketika membeli laptop bekas.