Bagaimaa Cara Jual Foto di NFT

Bagaimaa Cara Jual Foto di NFT? Apa itu NFT? NFT atau token yang tidak dapat dipertukarkan adalah investasi digital baru yang disimpan di blockchain Ethereum.

NFT dapat dikumpulkan dengan cara yang sama seperti edisi cetakan fotografi di pasar tradisional. Hasilnya adalah jalan baru yang potensial bagi fotografer dari semua tingkatan dan genre untuk memasarkan dan menjual karya mereka. Satu-satunya perbedaan dari pasar seni tradisional adalah bahwa transaksi kepemilikan dilakukan secara digital melalui blockchain.

Jika menurut Anda ini tidak masuk akal, jangan khawatir. Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk memahami, menyiapkan, menjual, dan semoga lebih memanfaatkan pasar NFT dalam model bisnis fotografi Anda.

Bagaimana Cara Jual Foto di NFT

Apa itu NFT?

Apa itu NFT? Apa artinya token yang tidak dapat dipertukarkan? Salah satu kebingungan utama di sekitar NFT hanyalah namanya. Setelah kita memahami hal ini, hal-hal biasanya menjadi jauh lebih jelas. Token adalah nama yang diberikan untuk aset digital yang dapat ditransfer antara orang/pembeli,/kolektor di blockchain. Referensi non-sepadan bahwa token tidak dapat direplikasi atau dibagi menjadi beberapa bagian seperti yang bisa Anda katakan dengan token yang lebih umum seperti bitcoin. Apa yang membuat mereka unik adalah aset digital yang melekat pada token.

Dari mana NFT berasal?

Teknologi di balik NFT telah ada sejak 2015 ketika token unik ditambahkan ke blockchain Ethereum tetapi tidak menjadi masalah besar hingga awal 2021 ketika NFT komposit artis Beeple dijual seharga $69,3 juta dalam lelang di Christie’s London. Berita tentang penjualan figur besar lainnya bersama dengan daftar kisah sukses yang terus berkembang dari materi iklan yang kurang dikenal telah menarik banyak perhatian seputar NFT, dan ini tampaknya tidak akan mereda dalam waktu dekat.

Cara mengatur NFT

Menyiapkan untuk menjual NFT tidak sesederhana hanya dengan mengunggahnya ke situs lelang, dan pergi begitu saja. Langkah pertama adalah memilih platform untuk melelang karya Anda. Ada beberapa platform yang sangat eksklusif seperti SuperRare, yang saya samakan dengan Sotheby – ini hanya untuk undangan.

Anda kemudian memiliki landasan tengah, yang juga merupakan undangan. Namun, alih-alih dewan kurator, undangan dapat diberikan oleh anggota komunitas Yayasan yang ada.

Terakhir, Anda memiliki OpenSea yang jauh lebih mudah diakses, yang terbuka untuk semua orang. Ada beberapa platform lain, seperti Raible dan MakersPlace, yang juga merupakan titik awal yang baik.

Setelah Anda memutuskan platform yang paling cocok untuk memasarkan pekerjaan Anda, Anda perlu menukar Sterling Anda dengan Ethereum dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dari biro perubahan. Karena sifat digital dari NFT dan fakta bahwa semua transaksi dilakukan melalui blockchain Ethereum, ini akan dalam bentuk transaksi digital.

Saya menggunakan Coinbase untuk menukar/membeli ETH, tetapi banyak pilihan yang tersedia. Dengan beberapa Ethereum, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dompet digital yang menghubungkan dan bertindak sebagai login Anda ke situs lelang pilihan Anda. Sebagian besar platform lelang menggunakan dompet kripto MetaMask, jadi ini adalah pilihan yang jelas bagi saya. Setelah dompet Anda disiapkan, Anda dapat dengan mudah menghubungkannya ke platform lelang yang dipilih.

Langkah terakhir adalah mentransfer Ethereum Anda ke dompet crypto Anda, dan Anda sudah siap. Proses transfernya cukup mudah, tetapi saya sarankan untuk mengirimkan jumlah yang sangat kecil terlebih dahulu untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar. Jika Anda mengirim cryptocurrency ke dompet yang salah, Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk memulihkannya.

Proses produksi NFT

Setelah Anda memilih platform dan mengatur dompet kripto Anda, Anda siap untuk mencetak (istilah yang digunakan untuk memproduksi NFT). Seperti kebanyakan hal dalam hidup, ada biaya yang terlibat dengan pencetakan dan daftar NFT. Platform yang Anda pilih akan mengambil persentase dari harga jual, yang cukup normal dari lelang mana pun. Ini dapat berkisar dari 2,5% dengan OpenSea hingga 15% dengan Foundation.

Di atas ini, ada biaya pencetakan dan daftar. Biaya ini ditetapkan oleh biaya gas saat ini (juga dikenal sebagai gwei), yang merupakan bentuk kompensasi berdasarkan energi upaya komputasi yang diperlukan untuk memproses dan memvalidasi transaksi di blockchain Ethereum. Biaya ini bervariasi tergantung pada tekanan saat ini pada blockchain dan bisa menjadi cukup tinggi selama periode tertentu, jadi saya sarankan agar NFT Anda siap untuk pergi dan kemudian dicetak dan daftar ketika gwei rendah. Waktu terendah untuk biaya gas dalam pengalaman saya adalah pagi hari di Inggris ketika pasar AS tertidur, tetapi Anda dapat mengawasi biaya gas secara online.

Apa arti NFT bagi fotografer?

Sendirian adalah gambar tunggal pertama yang saya daftarkan di Foundation, sebuah platform kreatif untuk seniman, kurator, dan kolektor.

Harga pekerjaan Anda

Menentukan harga pekerjaan Anda selalu menjadi area yang sulit bagi fotografer, dan ini tidak berbeda dengan NFT. Anda akan melihat beberapa barang dijual dengan jumlah yang sangat besar, tetapi penting untuk tidak terjebak dalam hype dan melebih-lebihkan pekerjaan Anda agar tidak menarik kolektor.

Ini bukan lisensi gambar tradisional yang digunakan sebagian besar fotografer, melainkan investasi dan barang koleksi. Hal terakhir yang ingin dilihat investor adalah seorang fotografer melompati struktur penetapan harga mereka ke atas dan ke bawah tanpa alasan yang jelas. Ini dipandang sebagai investasi yang berisiko dan tanda seorang kreatif yang tidak tahu apa yang mereka lakukan atau bagaimana menghargai pekerjaan mereka.

Kepemilikan dan hak cipta NFT

Seperti yang terjadi, pembeli NFT memiliki kepemilikan aset digital ini dan bukan hak cipta, yang tetap ada pada fotografer. Anggap saja dalam hal membeli 1 dari 1 atau cetakan Ansel Adams edisi terbatas. Pembeli memiliki bagian itu dan bagian itu saja, yang dapat mereka jual kapan saja jika mereka mau. Mereka tidak, bagaimanapun, mendapatkan negatif, dan Ansel Adams atau tanah miliknya, dalam hal ini, masih dapat melisensikan penggunaan gambar di majalah, buku, kartu pos, dll.

Mengapa NFT harus dianggap serius oleh fotografer?

Fotografi dan bentuk seni digital lainnya secara historis dilecehkan oleh pasar seni tradisional, tidak mengakui ‘keunikan’ karya digital. Munculnya pasar baru yang memberi nilai pada aset digital merupakan peluang bagi fotografer dan kolektor.

Apa arti NFT bagi fotografer?

Seperti halnya fotografi, pertanyaan besarnya adalah bagaimana Anda memasarkan karya Anda? Jawabannya tidak berbeda di ruang NFT. Arena ini masih dalam masa pertumbuhan, jadi sulit untuk memastikan secara tepat pada tahap praktik terbaik ini. Saya hanya akan mencetak gambar terbaik saya dan menjaga suasana eksklusivitas di sekitar pekerjaan saya dengan tidak membanjiri pasar.

Karena kolektor umumnya mengumpulkan karya berdasarkan artis daripada gambar tunggal, Anda perlu menemukan suara Anda dan tampil di depan kolektor potensial. Ruang utama bagi kolektor dan artis NFT untuk berinteraksi adalah di grup Discord atau Clubhouse, sementara Twitter menjadi ruang untuk pemasaran dan interaksi umum. Sangat penting untuk menjadi asli dan tidak hanya menggunakan grup ini untuk promosi diri yang kejam. Saya juga melihat beberapa fotografer menawarkan cetakan atau bahkan monitor yang telah dimuat sebelumnya dengan NFT bersama dengan setiap penjualan, jadi ada ruang untuk membawa taktik pemasaran tradisional ke dalam ruang digital ini.

Masa depan NFT

Ini masih sangat awal, jadi sulit untuk memastikan dengan tepat ke arah mana pasar NFT akan menuju, tapi saya yakin ini akan menjadi andalan untuk koleksi seni dan fotografi di tahun-tahun mendatang. Sebagian besar fotografi bahkan seni sudah diproduksi dalam format digital, sehingga masuk akal jika sektor pasar ini akan terus berkembang. Saya juga melihat potensi platform ini digunakan untuk lisensi gambar. Salah satu alasan RF hampir membasmi RM adalah ketidakpastian seputar sejarah gambar tersebut. Dengan NFT, riwayat gambar disimpan di buku besar blockchain yang memberi pembeli gambar akses ke riwayat lengkap gambar, menjadikannya pilihan yang lebih pasti bagi pembeli gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.