Mengapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan. Ini Dia Penyebab Dan Solusinya

Mengapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan ? – Banyak orang mengeluh, baterai HP mereka cepat habis meskipun ponsel tidak digunakan atau dalam mode standby.

Meski harus dalam mode standby dimana layar ponsel dalam keadaan mati, sehingga bisa bertahan minimal sehari, karena konsumsi baterai.

Tidak hanya baterai HP lama yang terkena kondisi seperti ini, namun banyak baterai yang cepat habis meski baru.

Banyak faktor yang menyebabkan baterai HP cepat habis, antara lain faktor dari baterai itu sendiri, faktor dari HP, faktor dari manusia.

Berdasar informasi yang kami dapatkan dari duniaandroid.com berikut kami paparkan penyebab Mengapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan

Berikut penyebab mengapa baterai HP cepat habis padahal tidak digunakan.

1. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

Salah satu alasan paling umum adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Untuk mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang, Anda dapat melakukannya dengan setiap kali Anda ingin keluar dari aplikasi, jangan langsung menekan tombol Home, tetapi tekan tombol Kembali hingga Anda keluar dari aplikasi.

Atau Anda dapat mematikan aplikasi melalui Pengaturan

2. Auto Brightness

Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu bahwa fitur semacam ini dapat membuat baterai cepat habis. Faktanya, jika kita banyak menggunakan kecerahan, itu adalah salah satu hal yang paling membutuhkan energi. Selain itu, jika fitur kecerahan tidak otomatis, kita akan malas untuk mengatur kecerahan. Daripada baterai ponsel cepat habis, lebih baik Anda mengatur kecerahan secara manual. Ini tidak rumit, cukup buka halaman pengaturan dan cari daftar pengaturan kecerahan atau brightness.

3. Charger Bermasalah atau Rusak

Jika Anda memiliki masalah dengan charger atau charger yang rusak yang dapat menyebabkan baterai cepat habis, ternyata baterai yang cepat habis tidak selalu disebabkan oleh kinerja ponsel. Sebuah charger yang sudah tidak berfungsi dengan baik tentu saja tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Waktu Pengisian Daya Tdak Tepat

Kebiasaan buruk lainnya adalah pengiriman pada waktu yang salah.

Misalnya, mengisi daya saat baterai benar-benar kosong atau hingga ponsel mati sendiri lalu mengisi daya.

Atau saat status baterai sudah penuh (100%) tapi masih charging, hal ini biasanya dilakukan saat ingin tidur dan baru dicabut saat bangun tidur.

Kebiasaan-kebiasaan di atas secara tidak langsung akan menurunkan kualitas sel dalam baterai dengan cepat.

5. Baterai Sudah Rusak atau Mengalami Kerusakan Fisik

Baterai dalam kondisi rusak di sini biasanya memiliki ciri-ciri baterai HP yang habis dengan sendirinya meskipun tidak digunakan.

Atau baterai mengalami kerusakan fisik seperti pecah/retak, baterai terjatuh dan terlindas yang mengakibatkan kebocoran sehingga sel di dalam ponsel tidak berfungsi.

6. Baterai perlu dikalibrasi ulang

Tahukah Anda bahwa pola pengisian daya dapat menyebabkan masalah baterai dan tentunya akan membuat baterai ponsel Anda cepat habis meski tidak digunakan.

Karena ada “error” pada persentase isi baterai yang berbeda dengan keadaan semula.

Jadi Anda perlu memperhatikan bagaimana baterai diisi dan, jika perlu, kalibrasi baterai.

Kalibrasi baterai dapat memberikan nilai asli kapasitas baterai, sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan mengganti baterai baru atau tidak.

7. Layanan Google Play

Nah, salah satu penyebab kehabisan baterai adalah Layanan Google Play, karena bisa menghabiskan banyak daya baterai.

Namun, Anda tidak dapat menghapus Layanan Google Play dari aplikasi ini, karena aplikasi ini sangat penting untuk perangkat Android.

Nah cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengakses menu setting > apps > all > google play services. Kemudian Anda dapat menekan cache yang jelas, dan Anda dapat memperbarui aplikasi.

Solusi Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Setelah mengetahui beberapa penyebab Mengapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan. Berikut ini kami sebutkan beberapa cara mengatasi baterai yang cepat habis :

  • Sesuaikan kecerahan layar dan kecepatan refresh
  • Jangan mengunduh dan menginstal terlalu banyak aplikasi
  • Matikan GPS dan Bluetooth saat tidak digunakan
  • Pembaruan OS
  • Aktifkan mode penghemat baterai
  • Hindari area yang sulit menerima sinyal
  • Ganti baterai atau HP