usaha kecil modal kecil

4 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan Di Desa Dengan Modal Kecil

Di artikel kali ini saya akan sharing 4 bisnis modal kecil di desa yang bisa untung 7 Hingga 10 juta per bulannya. Pertanyaannya adalah apa saja bisnisnya? Baca artikel ini hingga selesai ya.

Salah satu sosok yang menginspirasi di bidang wirausaha di Indonesia adalah almarhum Bob Sadino. Jadi Bob Sadino ini adalah pengusaha yang berbisnis dibidang pangan dan peternakan. Beliau pernah mengatakan kalau kita mau berhasil carilah kegagalan itu sebanyak-banyaknya. Mungkin teman-teman berfikir maksudnya gimana Mas? kegagalan kok dicari apalagi dicarinya itu sebanyak-banyaknya.

Nah jadi maksudnya adalah kita harus banyak mencoba. Intinya itu banyak mencoba trailer and Error itu penting, karena dengan begitu hukum probabilitas itu akan bekerja. Akan terjadi yang namanya itu peluang. Dengan banyak melawan kegagalan berarti kita telah mencoba berbagai cara agar mencapai kesuksesan.

Dengan melakukan beragam kegagalan berarti itu tanda kalau kita mengerahkan 100% ikhtiar kita, agar ada 1 atau 2 persen dari ikhtiar kita itu yang nyantol menjadi sukses. Maka dari itu kalau ada orang yang sukses dan enggak pernah gagal itu omong kosong. Justru orang sukses itu orang yang paling banyak merasakan kegagalan. Jadi karena terlalu sering gagal itulah Sebab mereka bisa menjadi sukses.

Jadi kalau teman-teman udah terjun ke bisnis apa pun itu, dan hasilnya belum maksimal ya enggak masalah. Itu adalah bagian dari mencari kegagalan sebanyak-banyaknya. Dan saya percaya yang namanya ikhtiar itu pasti ada ujungnya. Ibaratnya itu dari 100 kali mencoba pasti ada satu percobaan yang berhasil. Ini adalah salah satu prinsip yang selalu saya pegang di aspek apapun yang saya lakukan, entah di bisnis, di blog, dan lain-lain.

Semuanya selalu prinsip seperti ini yang selalu saya jadikan patokan. Kalau sudah paham mindset seperti ini tentang probabilitas atau peluang seperti ini kita akan bekerja atau berbisnis itu dengan mencari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sehingga kesuksesan itu bisa lebih cepat kita dapatkan. Soalnya kita banyak actionnya.

Kalau sudah paham mindset seperti ini mari kita mempelajari apa saja keempat ide bisnis modal kecil di desa yang bisa untung minimal 7 – 10 juta perbulannya.

4 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan Di Desa Dengan Modal Kecil

1. Usaha pakan burung.

Ada loh pengusaha pakan burung yang bisa dapetin omzet kotor tuh lima juta perharinya. Dia adalah Gianto pemilik kios pakan Bro SPS Jaya yang beralamat di Utan Panjang Kemayoran Jakarta Pusat. Tentunya nominal yang luar biasa banget kan ya bisa dapatin Omset 5 juta perhari dengan jualan pakan burung.

Pakan burung yang Gianto jual pun bermacam-macam, mulai dari multivitamin untuk burung hingga pakan sehari-hari, mulai dari merk lokal hingga produk impor. Untuk multivitamin kisaran harganya Rp 15.000 hingga Rp 100.000. Sementara untuk pakan itu kisaran Rp 7000 sampai Rp 65.000 harganya.

Yang istimewa lagi adalah karena usaha pakan burung inilah giyanto akhirnya bisa membeli rumah dan kiosnya itu secara cash tanpa credit. Jadi jualan pakan burung ini sangat istimewa potensinya.

Mari kita sekarang ke marketplace untuk melihat penjualan pakan burung itu seperti apa. Misalnya ini superfit gold pakan voer high-protein untuk burung murai bisa laku 18rb pcs dengan harga Rp 9600 gak kebayangkan omsetnya berapa? 18000 kali 9.600 sama dengan 172.800.000.

Ini baru satu produk, belum produk lainnya. Misalnya lagi ini nih, pakan burung kenari dengan harga 10300 Bisa laku 3800 pcs lebih. Omsetnya 39.140.000, lumayan banget kan?

Jadi saya rasa ide usaha jualan pakan burung bisa jadi salah satu opsi bisnis yang patut untuk teman-teman pertimbangkan untuk dieksekusi. Karena permintaannya tinggi dan jumlah orang yang hobi di bidang burung di Indonesia juga sangat banyak. Bisa teman-teman coba.

2. Bisnis peyek.

Rempeyek atau peyek merupakan sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan. Secara umum rempeyek adalah gorengan tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental terus diberi bumbu dan daun jeruk dan diberi bahan pengisi yang khas itu biasanya biji kacang tanah atau kedelai. Usaha peyek itu sangatlah potensial untuk jalani ini terbukti karena ada wanita yang awalnya itu hanya iseng doang jualan peyeknya, hingga akhirnya bisa berpendapatan puluhan juta di tiap bulannya.

Perempuan tersebut adalah Dian yang memulai usaha peyek pada tahun 2009. Pada saat memulai Dian ini hanya iseng aja membuka usahanya dengan menitipkan produk peyeknya itu ke warung-warung di Kompleks rumahnya. Ternyata konsumen suka dengan olahan peyek Dian ini karena peyeknya itu gurih dan renyah. Hingga sekarang omsetnya itu bisa tembus diangka 30juta perbulannya. Jadi peyek ini memang kalau diseriusin itu hasilnya ya serius juga. Kalau emang dianggap enteng ya gak begitu maksimal.

Bahkan di marketplus misal di shopee penjualan peyek ini juga bisa lumayan loh. Misalnya aja produk ini nih peyek kacang atau peyek rebon yang bisa terjual 487 pcs dengan harga Rp 33.150 per pcs nya, berarti kan omsetnya 16.144.050 rupiah kan sebulannya, sangat lumayan kan ya?

Kalau margin keuntungannya 40% berarti kan profitnya 6.457.620 rupiah sebulannya, masih sangat lumayan lah, itu kalau profitnya 40% kalau profitnya lebih besar lagi bisa 45% hingga 50% ya tentunya nominal uangnya itu lebih besar lagi. Jadi ini bisa kamu coba jualan peyek. Soalnya produk peyek Ini kan mau dimakan langsung buat camilan atau dipakai lauk kan juga cocok. Sehingga banyak orang tuh yang suka dengan peyek.

3 kerupuk kemplang ikan tenggiri

Kerupuk kemplang merupakan makanan tradisional yang populer di Sumatera khususnya lagi di kota Palembang. Kerupuk kemplang ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bahan dasar pembuatannya itu yang terdiri dari daging ikan tenggiri, garam, tepung tapioka, dan bumbu campuran lain.

Yang istimewa adalah kerupuk kemplang ikan tenggiri ini baunya tuh gurih, sekaligus memiliki tingkat kolesterol yang rendah sehingga sangat diminati oleh customer. Soalnya kan kalau rendah kolesterol berarti lebih sehat di aspek kesehatan. Jadi jualan kerupuk ikan tenggiri ini sangat potensial apalagi kalau memasarkannya itu melalui internet secara online. Soalnya di marketplace itu larisnya bukan main.

Misalnya aja ini kerupuk kemplang ikan tenggiri dengan netto 500 gram yang terjual 1000 pcs lebih sebulannya, dan dengan harga Rp25.000 per pcs, berarti omsetnya 25 juta sebulannya. Apalagi total penjualannya selama jualan di marketplace ini bisa menyentuh 9000 lebih, jadi yang punya lapak ini dapetin omset 9000 kali 25.000 sama dengan 225.000.000 lebih dengan jualan ikan tengiri dilapak ini aja.

Bahkan customer yang beli rata-rata puas dengan produk ini. Banyak yang bilang kalau rasanya itu benar-benar renyah dan gurih dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi bisa kamu coba jualan kerupuk ikan tenggiri seperti ini. Marketnya itu sudah siap, tinggal kita prepare buat produksi lalu di pasarin.

4. Ikan bakar

Usaha ikan bakar juga salah satu bisnis yang menarik untuk ditekuni karena bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk teman-teman. Jadi teman-teman bisa kok dapetin kira-kira jutaan rupiah dalam setiap bulannya, namun itu semua tergantung dengan cara teman-teman menjalankan usaha serta resep masakan yang digunakan.

Dan banyak Kok orang yang sukses luar biasa dengan berbisnis ikan bakar ini. Misalnya aja ini, diawali buka warung ikan bakar dengan modal 400.000 pemuda ini bisa dapetin penghasilan diangka 3 juta disetiap harinya. Mantapkan? Kalau sebulan berarti sekitar 90 juta rupiah. Orang tersebut namanya Dg Nai. Unik ya namanya?

Dg Nai ini menambahkan kalau ikan yang dibeli itu dari tempat pelelangan ikan kemudian dijual lagi dalam bentuk hidangan ikan bakar yang tentunya nikmat untuk disantap. Jadi bisa nih teman-teman coba jualan ikan bakar. Pecinta ikan bakar juga sangat besar di Indonesia.

Artikel ini sudah tayang di rubbyjane.com dengan judulĀ 4 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan Di Desa Dengan Modal Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published.