Tips dan Cara Membeli Mobil Bekas

Tips dan Cara Membeli Mobil Bekas, Supaya Kamu Tidak Menyesal

Tips dan Cara Membeli Mobil Bekas – Peluncuran produk baru tidak berdampak signifikan terhadap mobil bekas. Belakangan ini banyak para pecinta mobil yang mencari mobil bekas yang sengaja ingin mereka beli.

Bagi yang ingin membeli mobil/motor bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembayaran. Tidak sedikit mobil bekas yang beredar di pasaran saat ini yang kondisinya masih sebagus versi terbarunya.

Namun, bukan berarti saat membeli mobil bekas dalam kondisi baik, pembeli hanya perlu mengecek jarak tempuh dan tampilannya saja. Sebagian besar calon pembeli kendaraan bekas hanya memeriksa jarak tempuh dan tampilan kendaraan tanpa pemeriksaan lebih lanjut.

Tips dan Cara Membeli Mobil Bekas

Selanjutnya, apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil bekas? Berikut adalah beberapa tips yang dirangkum oleh tim Otoindo khususnya bagi anda para pecinta mobil yang ingin membeli mobil bekas:

Periksa sejarah mobil.

Periksa apakah mobil/motor yang ingin Anda beli adalah hasil curian atau tidak. Tanyakan kepada polisi dengan mencantumkan nomor plat, mesin dan sasis, sehingga Anda dapat mengetahui apakah mobil itu dicuri dan faktur pajak mobil

Periksa kondisi fisik kendaraan secara umum.

Periksalah kondisi fisik mobil dengan baik sebelum membeli, jika kondisi mobil yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan penjual tadi, Anda berhak untuk meminta ganti rugi atau perbaikan. Pastikan untuk menyimpan salinan deskripsi kondisi saat kendaraan dijual.
tes mengemudi.

Tidak ada salahnya meminjam mobil/motor yang dijual untuk dikendarai beberapa kilometer di jalan raya, tidak terhalang, lintasannya rusak. Perhatikan dan rasakan apa yang dikatakan mobil/motor bekas tersebut. Jika Anda merasa tidak nyaman atau kurang, tinggalkan saja.

Periksa tanggal perawatan (servis) ke bengkel resmi. Anda harus melakukan ini untuk mengetahui sejarah mobil/motor bekas sebelum membelinya. Siapa tahu mobilnya kena banjir atau kecelakaan.

Beli dari dealer resmi atau tepercaya.

Pastikan untuk membeli mobil bekas dari dealer terpercaya atau bereputasi baik, terutama dari dealer yang dipercaya langsung oleh APM (Agen Pemegang Merek) untuk mengurangi risiko penipuan.
Dokumen selesai

Mulai dari STNK, BPKB, invoice dan dokumen pembelian (asli). Untuk mengecek legalitasnya bisa ditanyakan ke Samsat Polda.

Pemeriksaan fisik

Proses pemeriksaan fisik di sini tidak memeriksa bagian yang keropos atau tumbukan sebelumnya. Bawa kendaraan ke kantor samsat tentunya dengan izin pemilik untuk memastikan apa yang ada di dokumen sesuai dengan yang ada di kendaraan.

Catatan Service

Ini dilakukan di bengkel resmi tempat mobil selalu diservis. Jika kendaraan yang Anda inginkan berasal dari showroom mobil bekas, mintalah izin untuk diperiksa di bengkel resmi pilihan Anda atau yang Anda percaya.

Aksesori Tidak Standar

Pemasangan aksesoris yang berlebihan, seperti velg lebar, modifikasi suara, eksterior, interior dan mesin. Semua ini dapat membatalkan masa asuransi. Konsultasikan masalah ini saat memeriksa kendaraan Anda di bengkel resmi.

Masa garansi

Tanyakan tentang masa garansi dan detailnya ke bengkel resmi saat memeriksa kendaraan Anda. Pastikan garansi masih berlaku.

Kondisi Fisik Kendaraan

Lihatlah lipatan spatbor untuk melihat apakah kendaraan memiliki roda yang lebar. Jika pun ada, berpotensi memperpendek umur komponen kaki-kaki.

Peralatan standar

Periksa bagian audio, fog lamp, defogger, dll. Jika diganti dengan komponen aftermarket seperti lampu depan, pastikan penggantian tersebut tidak bertentangan dengan garansi.

Peralatan Penunjang

Pastikan ban serep, winch, wheel lock, tool kit standar dan segitiga pengaman lengkap.

Lakukan test drive

Rasakan kondisi mobil yang sebenarnya saat berjalan. Jika terasa berat, condong ke kiri atau ke kanan, jangan dibeli. Juga melalui jalan yang tidak rata. Ini untuk menguji kondisi kaki-kaki mobil.

Asuransi

Asuransi dapat dialihkan melalui proses transfer ke perusahaan asuransi yang menjamin pembelian mobil tersebut. Tentu saja, dokumen pembelian dan penjualan harus lengkap. Dengan cara ini, prosesnya berjalan lancar.

Pastikan mobil yang akan Anda beli adalah mobil yang berkualitas baik dan masih layak pakai, semoga tips di atas dapat membantu para pecinta mobil. thank to otospeed.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.