6 Cara Membuat Dan Mengedit Pas Foto Di HP Android

Kebanyakan orang tentunya sering membutuhkan gambar berukuran 2×3, 3×4 atau 4×6 yang biasanya digunakan untuk memenuhi persyaratan formulir pendaftaran. Ada baiknya untuk memasukkannya ke dalam CV Anda, lamaran kerja, registrasi sekolah, registrasi perguruan tinggi, registrasi pernikahan, dan banyak lagi hal lainnya. Nah, biasanya untuk mendapatkan gambar dengan ukuran yang pas, kita tidak perlu repot pergi ke studio foto. Hanya dengan kamera smartphone atau iPhone dan aplikasi edit foto kita bisa melakukan cara mengedit pas foto di HP menjadi ukuran 3 × 4 atau 4 × 6 dan yang lebih menyenangkan adalah kamu bisa mengubah background foto kamu menjadi satu warna merah atau biru.

Beberapa aplikasi ini juga mendukung banyak hal  seperti :

  • Mengganti Warna background / Latar belakang pas photo
  • Menambah atau merubah Asesoris Baju ( Seperti  jas dan dasi)
  • Menambah kecerahan atau mempercantik pas photo anda
  • serta fitur lainnya langsung dari ponsel Android Anda.

Mengedit serta membuat foto dengan dimensi 3×4 serta 4×6 bukan lagi menjadi perihal yang sulit untuk dicoba langsung di Iphone atau Tablet Android Anda sendiri. Kita ketahui sendiri bahwa jika Android OS ialah sistem pembedahan yang dapat dipasang bermacam-macam atau berbagai aplikasi, termasuk untuk mengedit video, musik, dokumen serta foto.

Disisi lain, para developers terus berlomba-lomba membuat berbagai macam aplikasi untuk menunjang ataupun memudahkan para pengguna Android supaya mereka tidak senantiasa ketergantungan memakai Komputer atau laptop. Ya, nyaris seluruh perihal yang biasa kita jalani di laptop atau komputer telah dapat langsung dikerjakan dari Smartphone.

Baca Juga :  Kenapa HP Cepat Panas dan Boros Baterai? Ini Penyebab dan Solusinya

Cara Membuat atau mengedit Pas Foto lewat HP Android atau iPhone

Apa saja yang kita perlukan untuk melakukannya? Pasti saja hal awal yang perlu disiapkan adalah foto yang dapat langsung kamu ambil mnggunakan kamera di Hanphone android atau iphone anda. Kemudian jika fotonya sudah ada, ikuti langkah berikut ini.

1. Gunakan Aplikasi Background Eraser

Pertama kamu masuk ke google playstore kemudian download aplikasi Penghapus Latar Belakang ( Background Eraser ) buatan handyCloset Inc. Aplikasi yang satu ini dapat kita pakai buat mengganti corak warna latar belakang dari foto yang tadi sudah kamu ambil, karenakan biasanya pas foto itu memiliki background warna merah atau biru. Nah kamu bisa menggantinya dengan aplikasi ini. Intinya, kita menghapus terlebih dulu latar belakang awalnya kemudian merubah rupanya jadi biru ataupun merah.

Fitur Aplikasi Background Eraser

Aplikasi Background Eraser

Mode “Otomatis” Menghapus piksel yang sama secara otomatis.
Mode “Ekstrak” Memilih dan menghapus objek yang ingin dihapus secara akurat, menggunakan spidol biru & merah.

Sangat penting untuk membuat latar belakang gambar transparan secara akurat

jika Anda ingin menempatkannya di atas foto dan membuat foto komposit yang bagus.

2. Aplikasi Reduce Photo Size

Reduce Photo Size

Aplikasi edit foto 3×4 ini sangat sederhana, namanya Image Editor. Aplikasi ini ialah salah satunya aplikasi yang berfungsi bisa merubah merubah dimensi foto ataupun foto cocok dengan dimensi yang kita mau. Memanglah diluar situ banyak aplikasi buat resize foto, tetapi mayoritas dari mereka tidak menunjang buat dimasukkan input dimensi cocok dengan kebutuhan kita. Kita dapat mengubah dimensi centimeter dengan pixel. Sedangkan buat dimensi lengkapnya merupakan 2×3= 57 x 85 pixel, 3×4= 85 x 113 pixel, 4×6= 113 x 170 pixel.
Jadi solusi membuat pas foto ukuran 3×4 maupun 4×6 hanya dengan hp android harus menggunakan 2 langkah aplikasi. Yang awal berfungsi untuk menghapus serta mengganti warna background, aplikasi kedua berfungsi untuk merubah ukuran foto tersebut.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Samsung A71S 5G Terbaru 2021

3. VISA/Passport Photo Maker Editor

Passport Size Photo Maker

Aplikasi pas photo ini sangat populer bagi pengguna Handphone Android, editor dan aplikasi pas foto ini memiliki fitur yang bisa membuat berbagai ukuran pas photo menjadi satu lembar kertas yang bisa kamu langsung cetak.

Editor pas foto ini memiliki semua ukuran kertas cetak standar secara gratis. Aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya seperti mengganti background foto kamu.

4. Passport Photo MakerPassport photo maker

 

Aplikasi editing pas photo ini kaya akan berbagai pilihan fitur efek, sesuai dengan namanya fitur utamanya adalah kamu bisa melakukan proses editing pas photo seperti merubah ukuran photo ke ukuran 2×3, 3×4 , 4×6 dan banyak lagi ukuran lainnya .

5. Man Suit Photo Editor

Man Suit Photo Editor

Bagi Anda yang ingin memiliki foto Anda dalam setelan profesional dengan latar belakang profesional? Anda ingin memenuhi hal-hal di atas tanpa harus membeli jas? Aplikasi ini wajib Anda pasang pada ponsel Android kamu.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah kok, pertama pilih foto yang akan kamu edit, kemudian pilih seragam yang akan kamu gunakan.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup sederhana :

  1. Pilih foto Anda dari galeri atau ambil foto baru dari kamera
  2. Pilih setelan profesional yang ingin Anda gunakan
  3. Crop wajah Anda dan kenakan dan sesuaikan
  4. Pilih latar belakang  dan jenis pakaian yang ada dari daftar.
  5. Sesuaikan foto Anda dengan latar belakang terkait.
  6. Jika dilihat sudah pas, simpan foto kamu di folder Hp.
Baca Juga :  Kenapa HP Saya Tidak Bisa Download Aplikasi Youtube

6. FaceApp

 

Berikut cara mengedit pas foto penggunaan aplikasi FaceApp

  1. Masuk ke Playstore, lalu unduh dan instal aplikasi FaceApp Photo Editor.
  2. Buka aplikasi FaceApp yang sebelumnya Anda instal di smartphone, lalu klik “Lanjutkan”, lalu klik kembali menu “Izinkan”.
  3. Berikan izin akses FaceApp untuk mengakses file di perangkat seluler Android Anda. Kemudian pilih gambar dari galeri Anda dan geser efek di bawah hingga Anda menemukan menu latar belakang.
  4. Klik pada menu Gallery dan pilih gambar warna solid atau gambar latar belakang yang Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mencari Google menggunakan kata kunci warna solid. Lalu seret penggeser untuk menyesuaikan kecerahan dan kontras gambar, lalu ketuk Terapkan.
  5. Klik Save untuk menyimpan file gambar yang telah diedit ke galeri. Untuk menghapus watermark dari FaceApp dan menyesuaikan ukurannya agar pas dengan foto Anda, Anda dapat menggunakan editor dari galeri default atau smartphone dengan mengklik ikon edit.
  6. Klik “Cut” lalu pilih ukuran yang sesuai yang anda inginkan, biasanya ada ukuran 3×4 dan 2×3.

Itulah beberapa aplikasi edit foto untuk pembuatan ukuran 3×4 atau 4×6 yang biasa digunakan dalam proses pembuatan resume atau surat lamaran kerja. Nah saat ini ketika pandemi virus Corona sedang menyebar, siswa baru (PPDB 2020) diterima secara online dan Anda dapat menggunakan aplikasi geser foto ini untuk membuat gambar sebagai syarat masuk sekolah di tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *