Objek Penghasilan Yang Tidak Dikenakan Pajak Penghasilan Pasal 21

Pengertian Objek Penghasilan

Pengertian Objek PenghasilanSumber: bing.com

Objek penghasilan adalah jenis penghasilan yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak. Objek penghasilan dapat berbentuk barang atau jasa, berupa uang atau non uang, dan berasal dari dalam negeri atau luar negeri. Selain itu, objek penghasilan juga dapat berupa hak, seperti hak milik atas suatu objek, hak atas jasa, hak atas kekayaan intelektual, hak atas fasilitas, dan lain-lain.

Objek Penghasilan yang Tidak Dikenakan Pajak Penghasilan Pasal 21

Objek Penghasilan yang Tidak Dikenakan Pajak Penghasilan Pasal 21Sumber: bing.com

Dalam UU Pajak Penghasilan, objek penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21 adalah sebagai berikut:

1. Tunjangan PPH Pasal 21

1 Tunjangan PPH Pasal 21Sumber: bing.com

Tunjangan PPH Pasal 21 merupakan pengurangan atau pembebasan dari pajak yang diberikan kepada Wajib Pajak. Tunjangan ini diberikan untuk membantu Wajib Pajak mengurangi beban pajak yang harus dibayarkan. Tunjangan PPH Pasal 21 diberikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pembebasan Pajak Penghasilan Pasal 21.

2. Tunjangan PPH Pasal 22

2 Tunjangan PPH Pasal 22Sumber: bing.com

Tunjangan PPH Pasal 22 merupakan jenis tunjangan yang diberikan kepada Wajib Pajak untuk membantu membayar pajak yang harus dibayarkan. Tunjangan ini tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Tunjangan PPH Pasal 22 diberikan berdasarkan Ketetapan Menteri Keuangan Nomor 130/PMK.03/2011 tentang Pembayaran Pajak Penghasilan Pasal 22.

3. Penghasilan yang Dihasilkan dari Aktifitas Riset dan Pengembangan

3 Penghasilan yang Dihasilkan dari Aktifitas Riset dan PengembanganSumber: bing.com

Penghasilan yang dihasilkan dari aktifitas riset dan pengembangan merupakan penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penggunaan Hasil Pengembangan dan Riset di bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga.

4. Penghasilan yang Diperoleh dari Jasa Konsultasi dan Layanan Pendidikan

4 Penghasilan yang Diperoleh dari Jasa Konsultasi dan Layanan PendidikanSumber: bing.com

Penghasilan yang diperoleh dari jasa konsultasi dan layanan pendidikan juga merupakan jenis penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2013 tentang Pembebasan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk Jasa Konsultasi dan Layanan Pendidikan.

5. Penghasilan yang Berasal dari Program Kebaikan Sosial

5 Penghasilan yang Berasal dari Program Kebaikan SosialSumber: bing.com

Penghasilan yang berasal dari program kebaikan sosial juga merupakan jenis penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pembebasan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk Program Kebaikan Sosial.

6. Penghasilan yang Berasal dari Penghargaan dan Hadiah

6 Penghasilan yang Berasal dari Penghargaan dan HadiahSumber: bing.com

Penghasilan yang berasal dari penghargaan dan hadiah juga merupakan jenis penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2013 tentang Pembebasan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk Penghargaan dan Hadiah.

7. Penghasilan yang Berasal dari Program Kesehatan dan Kebugaran

7 Penghasilan yang Berasal dari Program Kesehatan dan KebugaranSumber: bing.com

Penghasilan yang berasal dari program kesehatan dan kebugaran juga merupakan jenis penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2013 tentang Pembebasan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk Program Kesehatan dan Kebugaran.

8. Pendapatan yang Diperoleh dari Penjualan Kartu Hadiah

8 Pendapatan yang Diperoleh dari Penjualan Kartu HadiahSumber: bing.com

Pendapatan yang diperoleh dari penjualan kartu hadiah juga merupakan jenis penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2013 tentang Pembebasan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk Penjualan Kartu Hadiah.

9. Pendapatan yang Diperoleh dari Penjualan Buku dan Majalah

9 Pendapatan yang Diperoleh dari Penjualan Buku dan MajalahSumber: bing.com

Pendapatan yang diperoleh dari penjualan buku dan majalah juga merupakan jenis penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2013 tentang Pembebasan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk Penjualan Buku dan Majalah.

10. Penghasilan yang Diperoleh dari Pembayaran Premi Asuransi Jiwa

10 Penghasilan yang Diperoleh dari Pembayaran Premi Asuransi JiwaSumber: bing.com

Penghasilan yang diperoleh dari pembayaran premi asuransi jiwa juga merupakan jenis penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Pembebasan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk Pembayaran Premi Asuransi Jiwa.

Kesimpulan

Objek penghasilan yang tidak dikenakan pajak penghasilan Pasal 21 meliputi tunjangan PPH Pasal 21 dan PPH Pasal 22, penghasilan yang dihasilkan dari aktifitas riset dan pengembangan, penghasilan yang diperoleh dari jasa konsultasi dan layanan pendidikan, penghasilan yang berasal dari program kebaikan sosial, penghasilan yang berasal dari penghargaan dan hadiah, penghasilan yang berasal dari program kesehatan dan kebugaran, pendapatan yang diperoleh dari penjualan kartu hadiah, pendapatan yang diperoleh dari penjualan buku dan majalah, dan penghasilan yang diperoleh dari pembayaran premi asuransi jiwa.

Leave a Comment