Cara Menyambungkan Internet HP ke Komputer

Banyak orang melakukan berbagai cara menyambungkan internet HP ke komputer dengan tujuan akses data internet lebih baik. Namun, kebanyakan hanya bisa menggunakannya melalui metode hotspot karena cara ini yang sudah sangat umum dilakukan oleh kebanyakan orang.

Kebutuhan koneksi internet memang sudah tidak bisa dilepaskan lagi dalam setiap kebutuhan manusia. Saat ini juga setiap aktifitas telah tersambung dengan jaringan internet sebagian bentuk digitalisasi, bahkan dalam urusan menggantungkan hidup sekalipun juga berhubungan melalui internet.

Namun, ketika saat jaringan dibutuhkan tidak tersedia secara bebas, maka cara paling sederhana adalah dengan menyambungkannya melalui HP. Ditambah ketika saat kamu sedang keluar tidak menemukan tempat yang menyediakan Wifi atau hotspot yang bisa dipakai.

Maka dari itu, mengetahui apakah ada cara lain selain yang bisa dilakukan untuk tetap tersambung ke jaringan internet meskipun tidak ada Wifi? Tentu saja ada karena masih terdapat beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Terlebih Dahulu

Sebelum kamu mengetahui cara menyambungkan internet HP ke komputer, maka perlu memahami beberapa hal dasar terlebih dahulu. Tujuanya adalah untuk memaksimalkan setiap jaringan yang telah kamu sediakan sebelumnya sehingga akses data internet bisa dilakukan dengan lebih mudah.

  1. Ketersediaan kuota

Hal pertama yang sangat penting ketika kamu ingin menyambungkan internet menggunakan ponsel adalah ketersediaan kuota. Menyambungkan jaringan dengan ponsel artinya kamu harus mampu menyisakan beberapa GB dengan jaringan 4G supaya tetap bisa dinikmati dengan lancar.

  1. Ketersediaan daya

Kedua adalah memastikan bahwa daya baterai ponsel dan komputer yang kamu gunakan masih berada di angka 80 atau 90%. Konsumsi daya baterai ponsel bisa cepat habis karena kinerja ponsel 2x lebih berat karena fitur hotspot.

Kelebihan dan Kekurangan Internet dari HP

Cara menyambungkan internet dari HP ke laptop biasanya banyak orang menyebutnya dengan istilah Portable Hotspot atau Tethering. Namun, meskipun terlihat lebih sederhana ternyata ada juga sisi positif dan negatifnya, terutama penggunaan hotspot dalam waktu lama.

  1. Kelebihan

Jika dilihat dari beberapa sisi, Portable hotspot atau Tethering memiliki beberapa kelebihan sekaligus. Kelebihan paling utama adalah caranya yang cepat serta instan sehingga bisa dipakai dimana saja, ditambah dengan adanya sisi praktis tanpa membawa modem.

Dari sisi kecepatan akses data, menggunakan Portable Hotspot biasanya memiliki tingkat kecepatan jaringan lebih baik, terutama jika kamu menggunakan jaringan 4G. Sedangkan jika berlangganan Wifi sendiri, terkadang koneksi jaringan tidak stabil karena beberapa faktor kendala.

  1. Kekurangan

Namun, jika kamu menggunakan cara pandang dari sisi lain, maka akan terlihat beberapa kekurangan penggunaan Portable Hotspot tersebut. Setidaknya ada 2 kekurangan yang pasti kamu alami saat Portable Hotspot, yaitu boros kuota dan boros daya baterai.

Akses data yang digunakan oleh perangkat ponsel dan komputer jelas berbeda karena komputer memakan banyak data sekaligus. Sedangkan untuk konsumsi daya baterai, penggunaan Portable Hotspot memberikan tekanan aktifitas pada ponsel karena menghidupkan beberapa fitur sekaligus dalam waktu lama.

Beberapa Cara Menyambungkan Internet HP ke Komputer

Sebenarnya ada beberapa cara mengaktifkan Portable Hotspot atau Tethering yang bisa dilakukan. Setidaknya ada 3 cara utama dari setiap device, pertama dari ponsel android, kedua Iphone, sedangkan yang terakhir memakai bantuan kabel data atau kabel USB.

  1. Dari Android

Jika kamu menggunakan ponsel android, maka untuk bisa menyambungkan internet ke komputer kamu perlu melakukan setting terlebih dahulu. Caranya masuk ke menu Setting> pilih Portable Hotspot> aktifkan Set Up SSID dan Password> terakhir hanya menunggu untuk koneksinya tersambung.

  1. Dari Iphone

Jika kamu pengguna Iphone, cara untuk mengaktifkan Portable Hotspot sendiri tidak terlalu beda jauh dengan ponsel android. Caranya adalah masuk ke menu Setting> kemudian pilih Seluler> pilih Hotspot Pribadi dan geser tombolnya hingga aktif> aktifkan Setting Password supaya komputer bisa tersambung.

  1. Melalui kabel USB

Cara ketiga ini mungkin jarang dipakai karena tidak terbiasa atau karena memang belum mengetahui caranya. Namun, caranya bisa kamu mulai dengan menyiapkan kabel USB dan menghubungkannya ke komputer, pilih Penambatan Hotspot saat pop-up sudah muncul.

Pada dasarnya menyambungkan perangkat ke jaringan internet adalah hal yang sangat penting. Namun, dengan ketidaktahuan yang kamu alami maka cara menyambungkan internet HP ke komputer menjadi hambatan tertentu, terutama saat sedang membutuhkannya untuk hal penting.

Check Also

cara cek xiomi kode

Cara Cek Xiaomi Kode

Cara cek xiaomi kode. Di era teknologi yang kian canggih, smartphone telah menjelma menjadi sahabat ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *