Cara Mengatasi HP Android Atau iPhone Anda Lemot dan Panas

Cara Mengatasi HP Lemot dan Panas

HP yang lemot dan panas bisa membuat anda frustasi. Apakah aplikasi Anda tidak dapat dimuat atau teks Anda dibiarkan menggantung, ada berbagai skenario yang dapat membuat Anda berteriak, “Mengapa ponsel saya sangat lemot dan panas?!”Gimana cara mengatasi HP lemat dan panas?!

Tapi jangan parno dulu ya, cara mengatasi hp lemot dan panas seperti OPPO, Xiaomi, Asus, Samsung) atau  iPhone yang mungkin hanya butuh beberapa hal penyesuaian sangat cepat.

Swaraind.com akan membantu Anda untuk menemukan masalah kenapa ponsel milik Anda lemot dan panas dan bagaimana cara mengatasi HP Lemot dan Panas dengan mudah supaya HP anda kembali ke performa semula.

Mengapa HP Android Anda Lemot?

Dari banyaknya aplikasi yang diinstal hingga terlambatnya memperbaharui sistem, ada beberapa hal yang embuat HP anda menjadi lemot. Berikut adalah beberapa penyebabnya :

Baterai lemah

Bagaikan anda ga makan bubur ayam di pagi hari, HP Anda tidak akan berfungsi dengan baik tanpa bahan bakar yang memadai untuk menjalankannya. Semakin habis bahan bakar, maka akan semakin sulit HP bekerja untuk menjalankan fungsi yang Anda minta.

Isi baterai HP Anda dan lihat apakah itu berhasil? Jika tidak, lihat apakah kinerjanya meningkat saat tersambung ke daya. kalau masih bisa mengisi dengan benar, berarti baterai HP anda masih baik. Maka kita akan cari masalah berikutnya yang menyebabkan HP anda lemot.

Baterai yang sudah jelek

Dalam beberapa hal, seiring berjalannya waktu, baterai telepon akan aus, dengan kapasitas keseluruhan berkurang ke titik di mana pengisian daya tidak lagi menahan sampai 100%. Dan seperti yang telah dibahas sebelumnya, daya yang lebih kecil sama dengan ponsel yang lambat.

Jika ponsel Anda berusia tua, periksa kesehatan baterainya di pengaturan perangkat. Ini akan menunjukkan bahwa persentase maksimum performa dari kapasitas aslinya yang dapat ditampung dengan muatan penuh. Jika trennya sudah mulai menurun, itu bisa menjadi penyebab melambatnya kecepatan ponsel Anda.

Tergantung pada perangkat Anda, Anda mungkin dapat menukar baterai ponsel lama Anda dengan yang baru. Tetapi jika Anda memiliki iPhone atau Android yang lebih lama, mungkin juga lebih ekonomis (dan menarik) bagi Anda untuk mengupgrade ponsel Anda ke model baru.

Terlalu banyak terinstal Aplikasi

Kita terkadang terlalu menggantungkan segala kebutuhan hidup terhadap ponsel yang anda miliki. Jadi tidak heran kalau di HP-nya banyak aplikasi terinstal. Mulai dari app video, musik, foto, game, dll. yang sangat berpengaruh kenapa HP anda menjadi lemot.

Ketika anda sudah tidak menggunakan aplikasi, jangan biarkan app tersebut terbuka di background. Karena mereka akan tetap berjalan menyedot daya baterai HP anda. Jika keluar daroi app, pastikan anda benar-benar menutupnya. Kemudan secara berkala rapihkan  atau hapus aplikasi yang sudah lama anda tidak gunakan.

Selain aplikasi, hapus foto-foto atau hasil screen shoot yang tidak digunakan yang masih tersimpan di internal memori HP Anda. Lebih baik, dipindahkan ke eksternal harddrive atau menyimpannya di penyimpanan cloud untuk mengosongkan ruang di perangkat Anda dan kembalikan kecepatannya ke kecepatan tinggi.

Baca Juga :  HANDPHONE SAMSUNG TURUN HARGA, APA SAJA?

Sistem Operasi (OS) HP Anda Kedaluwarsa

Sudahkah Anda memeriksa versi perangkat lunak ponsel Anda baru-baru ini? Jika tidak, ada kemungkinan Anda memiliki pembaruan sistem yg menunggu untuk update, yang mungkin hal ini yang menjadi penyebab HP Anda sangat lambat.

Pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup peningkatan kecepatan dan kegunaan. Selain itu, jika aplikasi Anda dioptimalkan untuk versi perangkat lunak yang belum Anda instal, mungkin memerlukan lebih banyak RAM dari ponsel Anda daripada yang diperlukan hingga pembaruan. Anda dapat melihat versi iOS atau Android yang Anda gunakan di aplikasi Pengaturan ponsel Anda.

Kecepatan internet Anda lambat

Jika Anda menemukan bahwa ponsel Anda tidak memuat halaman dan aplikasi secepat Wi-Fi, itu mungkin tidak ada hubungannya dengan perangkat Anda sama sekali. Anda mungkin memiliki koneksi internet yang buruk. Jalankan tes kecepatan internet pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk mendapatkan gambaran seberapa cepat internet Anda selama waktu puncak dan penggunaan yang lebih lambat. Jika Anda tidak up-to-date, Anda telah menemukan masalah Anda.

Jika ponsel Anda melambat setelah menggunakan data seluler, pertimbangkan paket data yang lebih cepat atau operator lain. Sebagian besar aktivitas umum yang kami lakukan di ponsel memerlukan kecepatan 4G LTE untuk kinerja yang optimal, dan tidak semua operator memiliki cakupan 4G LTE yang sama.

Cara mengatasi HP Lemot

Selain solusi diatas untuk mengembalikan kecepatan android anda. Beberakut ada beberapa tips untuk mengembalikan kecepatan HP anda yang lemot ::

Lakukan soft reset.

Ini adalah opsi yang lebih ringan daripada reset ke setelan pabrik, yang akan menghapus setelan ponsel Anda sepenuhnya. Soft reset hanya menghapus memori (RAM), di mana bit kode tersebar dan terisi dari waktu ke waktu. Anggap saja bersih-bersih musim semi untuk ponsel Anda!

Clear cache

Mengapa Ponsel Android Anda Terlalu Panas

Apakah HP Anda terlalu panas? Berikut beberapa hal penyebab mengapa ponsel Anda menjadi panas, bagaimana cara mendinginkannya, dan bagaimana mengatasi supaya tidak panas lagi.

Ponsel Anda kepanasan, tetapi apakah itu terjadi dengan sendirinya, atau apakah aplikasi tertentu yang menyebabkannya? Apakah Anda streaming banyak video, atau cuacanya terlalu panas? Sulit untuk menentukan dengan tepat mengapa ponsel cerdas Anda memanas.

Saat ponsel menjadi terlalu panas, ponsel akan melambat. Dalam beberapa kasus, itu mungkin mati secara otomatis sampai mendingin. Tidak ingin melewatkan panggilan penting?

Mari kita lihat cara memperbaiki ponsel yang terlalu panas.

Mengapa Ponsel Anda Terlalu Panas?

Sebelum melanjutkan, ada baiknya meluangkan waktu untuk memeriksa apa yang panas, dan apa yang tidak. Ponsel Anda dalam penggunaan normal tidak boleh panas. Jika ya, berarti HP anda bermasalah.

Namun, jangan mengartikan hangat sebagai panas. Perasaan yang sedikit lebih hangat setelah bermain game selama 15 menit adalah hal yang wajar. Tetapi jika ponsel Anda menampilkan peringatan panas berlebih, atau Anda menemukan perangkat itu sangat panas saat disentuh, maka Anda harus menyelidikinya.

Anda mungkin telah menutup beberapa aplikasi atau memulai ulang perangkat untuk memecahkan masalah. Mungkin Anda bahkan telah mencari beberapa pesan kesalahan di Google.

Hampir setiap saat, Anda akan menemukan kumpulan alasan lama yang sama untuk ponsel Anda kepanasan:

  • Kecerahan layar Anda terlalu tinggi
  • Wi-Fi Anda telah terhubung terlalu lama
  • Anda telah memainkan terlalu banyak game (seringkali dengan tambahan saran “ini bukan konsol game”

Tetapi alasan ini terbatas pada ponsel yang lebih tua. Tidak ada ponsel cerdas di pasaran saat ini yang terlalu panas karena alasan-alasan ini. Jika ponsel Samsung baru Anda terlalu panas, itu mungkin karena penyebab lain. Tentu saja, merek ponsel yang Anda gunakan tidak masalah, jika Anda ingin tahu apa yang menyebabkan ponsel Anda menjadi panas dan bagaimana cara menghentikannya, teruslah membaca.

Baca Juga :  7 KEBIJAKAN BARU WHATSAPP, PENGGUNA GA BOLEH MENOLAK!!

Aplikasi Buggy

Salah satu alasan ponsel Anda bisa menjadi terlalu panas mungkin karena satu atau lebih aplikasi bermasalah. Mungkin Anda telah menginstal aplikasi baru yang tidak berjalan dengan baik dengan ponsel Anda. Mungkin aplikasi yang Anda gunakan secara teratur telah diperbarui dan versi baru menyebabkan Android menjadi terlalu panas.

Pembaruan aplikasi otomatis berguna, tetapi terkadang menyebabkan masalah seperti ini.

Anda memiliki dua solusi:

  1. Copot pemasangan aplikasi yang dimaksud
  2. Periksa pembaruan

Segera setelah aplikasi di uninstal, mulai restart ponsel Anda, dan tunggu beberapa saat sebelum memeriksanya lagi. Jika ponsel masih panas, coba solusi lain di bawah ini.

Penggunaan Kamera Terlalu Lama

Ponsel dengan kamera video beresolusi superior dapat menjadi terlalu panas jika perangkat dibiarkan merekam untuk waktu yang lama. Ini tidak terjadi dalam semua kasus, dan biasanya tergantung pada beberapa faktor lain:

  • Resolusi dan kecepatan bingkai yang dipilih
  • Kecerahan layar
  • Penggunaan kamera dalam waktu lama
  • Misalnya, baru-baru ini saya merekam video menggunakan kamera depan, dan ternyata ponsel saya segera kepanasan.

Resolusi kamera yang salah dapat menyebabkan ponsel Android menjadi terlalu panas. Saat saya menggunakan pengaturan kualitas tertinggi pada kamera, dan video berlangsung sekitar 20 menit, tetap saja mengejutkan menerima peringatan bahwa telepon akan mati karena terlalu panas.

Faktor lingkungan dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi terlalu panas.

Meninggalkan ponsel di bawah sinar matahari langsung adalah masalah umum. Ponsel Anda hampir pasti akan menjadi terlalu panas jika dipasang di dashboard mobil pada hari yang cerah, misalnya. Dalam skenario seperti itu, gunakan sistem pendingin udara kendaraan Anda untuk membantu mendinginkan telepon.

Dalam skenario lain, jauhkan ponsel dari pandangan dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Jika Anda benar-benar perlu menggunakannya, coba dan simpan ponsel di tempat teduh. Setelah selesai, cegah ponsel Anda kepanasan dengan menyimpannya di tempat yang sejuk.

Lambat dan Terlalu Panas? Periksa Malware

Malware di perangkat Android Anda dapat menyebabkan panas yang berlebihan. Lagi pula, pengembang malware tidak tertarik dengan kesehatan perangkat Anda; mereka hanya menginginkan data Anda.

Malware mungkin menyerang perangkat Android melalui iklan berbahaya (malvertising) atau aplikasi palsu dari toko resmi Google Play. Sulit untuk mengetahui kapan dan di mana malware dapat menyerang. Akibatnya, Anda harus mempelajari cara menemukan aplikasi berbahaya dan menghapusnya.

Apakah Casing Anda menyebabkan HP Anda panas?

Kasing Anda adalah faktor panas umum yang diabaikan oleh banyak pemilik ponsel cerdas.

Banyak kasus dibuat dari plastik atau memiliki banyak plastik. Bahkan yang dibuat dengan kulit memiliki masalah yang sama: telepon terisolasi, menjaga panas masuk dan keluar dingin.

Untuk alasan keamanan, saat ponsel menjadi hangat (terutama selama tugas berperforma tinggi), ponsel perlu memancarkan panas, dan keberadaan casing yang terbuat dari bahan berinsulasi mencegah hal ini. Ini seperti berolahraga dalam mantel ransel.

Namun, pilihan Anda di sini tidak bagus. Melepaskan ponsel dari kasing adalah awal yang baik, tetapi jika Anda tidak nyaman

Cocok dengan ini (mungkin lebih berhati-hati untuk mempertahankan nilai jual kembali), maka itu bukan pilihan jangka panjang yang layak.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Iklan di Handphone Android Xiaomi

Periksa Kabel Charger Anda

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah keadaan baterai Anda dan kabel pengisian daya.

Jika Anda memiliki ponsel lama yang telah diisi ulang berkali-kali (Anda tidak boleh mengisi daya hingga 100% jika Anda dapat membantu; mengisi daya secara teratur hingga 80-90% untuk menjaga baterai tetap sehat), maka ponsel akan menjadi terlalu panas.

Ponsel seharusnya tidak cukup panas untuk menyebabkan masalah saat mengisi daya. Jika ini terjadi, penyebabnya bisa jadi baterai rusak, kabel pengisi daya berkualitas buruk, atau masalah dengan port. Pilihan apa yang Anda miliki?

  • Ganti kabel dan adaptor listrik
  • Ganti baterai (seringkali ini tidak memungkinkan)
  • Perbaiki port pengisian daya
  • Jika ponsel Anda tidak bergaransi, perbaikan port pengisian daya akan menelan biaya sekitar 400rb. Jika rusak, perbaikan akan menghentikan ponsel Anda kepanasan. Ponsel kepanasan masih dalam garansi? Anda mungkin bisa mendapatkan perbaikan gratis atau pertukaran.

Apakah Wi-Fi dan Bluetooth Menyebabkan HP Anda panas?

Ponsel cerdas Anda bisa menjadi terlalu panas karena terlalu sering menggunakan Wi-Fi.

Pengguna Android rentan terhadap aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menggunakan sumber daya seperti CPU, Wi-Fi, atau internet seluler. Jika aplikasi bekerja dengan cara ini, perangkat Anda mungkin menjadi panas.

Pengaturan baterai Android memungkinkan Anda memilih aplikasi mana yang menggunakan sumber daya (Pengaturan > Baterai > Pemakaian aplikasi). Alat baterai adaptif dapat digunakan untuk membatasi aplikasi yang tidak sering digunakan.

Anda juga dapat menonaktifkan penggunaan data seluler latar belakang:

  • Buka Pengaturan > Aplikasi & notifikasi > Semua aplikasi
  • Pilih aplikasi yang diinginkan
  • Klik Penggunaan data untuk melihat aktivitas
  • Ubah data latar belakang untuk menonaktifkan akses internet
  • Galeri foto (3 foto)
  • Aplikasi latar belakang dapat membuat ponsel Anda terlalu panas
  • Kelola data aplikasi di latar belakang di Android
  • Nonaktifkan data latar belakang di Android
  • Anda juga dapat menggunakan tombol Force Stop untuk segera menutup aplikasi.

Meskipun ini mencegah pekerjaan latar belakang berjalan, Anda dapat yakin bahwa itu juga berarti lebih sedikit konsumsi sumber daya. Ini dapat membantu mencegah smartphone Anda dari overheating.

Cara Mengatasi HP yang Terlalu Panas dan Menjaga Efisiensi

Pernahkah Anda menyetrum ponsel cerdas Anda karena terlalu panas dan mengerem – atau lebih buruk lagi, mati? Jika demikian, coba langkah-langkah berikut untuk mendinginkan kembali ponsel Anda:

  • Lepaskan Casing telepon
  • Aktifkan mode Pesawat untuk menonaktifkan semua koneksi
  • Jauhkan dari sinar matahari langsung
  • Arahkan kipas ke ponsel Anda (tetapi jangan masukkan ke dalam lemari es, freezer, atau pendingin)
  • Kurangi kecerahan layar

Setelah melakukan itu, coba yang berikut ini untuk menghindari kepanasan lebih lanjut:

  • Gunakan Mode Penghemat Baterai
  • Bersihkan ponsel Anda untuk menghapus file dan malware yang tidak diinginkan
  • Kurangi penggunaan kamera
  • Batasi penggunaan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS kecuali diperlukan
  • Ganti kabel pengisi daya atau baterai, atau pertimbangkan untuk diperbaiki

Tidak hanya ponsel Anda berhenti kepanasan lagi, tetapi baterai Anda juga bertahan lebih lama! Selain panas berlebih, ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa apakah perangkat Android Anda berfungsi dengan baik.

Sebagai fitur keamanan, ponsel dan tablet dirancang untuk dimatikan pada suhu ekstrem. Anda hanya perlu menunggu sampai Anda pulih dari suhu tinggi untuk berlatih di atas.

Itulah beberapa hal penyebab dan cara mengatasi HP Android anda yang Lemot dan Panas. Semoga bisa membantu menyelesaikan masalah anda.

Jangan lewatkan untuk membaca juga Cara Mengatasi HP Lemot Xiaomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *