Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus Di Ponsel Android

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus Di Ponsel Android

Ponsel Android dari produsen seperti Samsung, Xiaomi, Realme, dll. dilengkapi dengan banyak aplikasi sistem yang mungkin tidak ingin Anda gunakan. Namun, mereka tidak perlu memakan sumber daya di perangkat Anda. Sekarang, jika Anda ingin menghapus aplikasi yang tidak digunakan ini, jangan khawatir, kami siap membantu Anda. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menghapus aplikasi pra-instal yang tidak bisa dihapus di ponsel Android.

Berikut Beberapa Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

I. Nonaktifkan Aplikasi di Pengaturan

Cara termudah untuk menghapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya adalah dengan menonaktifkannya sama sekali, berikut caranya :

1] Buka Pengaturan ponsel Android Anda.
2] Masuk ke Aplikasi atau Kelola Aplikasi dan pilih Semua Aplikasi (dapat bervariasi tergantung pada merek dan model ponsel Anda).
3] Kemudian cari aplikasi yang ingin Anda hapus. Jika tidak menemukannya? Anda dapat mengetikkan namanya di bilah pencarian di bagian atas.
4] Ketuk nama aplikasi dan klik Nonaktifkan. Konfirmasi saat diminta.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Screenshot Layar HP Samsung Galaxy A01?

Itu dia. Setelah dinonaktifkan, aplikasi akan hilang dari layar beranda aplikasi Anda. Selain itu, apps tersebut tidak akan berjalan lagi di latar belakang atau memakan ruang yang tidak perlu dengan mengumpulkan cache. Beberapa bloatware dapat dengan mudah dihapus seperti aplikasi biasa, sementara beberapa perlu dinonaktifkan melalui langkah-langkah di atas.

II. Tidak Dapat Menghapus Instalasi Aplikasi yang ditetapkan sebagai Administrator?

Beberapa aplikasi memiliki izin admin perangkat dan karenanya tidak dapat diinstal dengan mudah. Ini biasanya terjadi dengan Antivirus, kunci aplikasi, dan aplikasi lain yang telah diberikan izin administrator perangkat oleh Anda.

Untuk menghapus aplikasi tersebut, Anda perlu mencabut izin administrator, menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

1] Masuk Pengaturan di Android Anda.
2] Buka bagian Keamanan/ Security. Disini, cari tab Administrator perangkat.
3] Ketuk nama aplikasi dan tekan Nonaktifkan. Anda sekarang dapat menghapus aplikasi secara teratur.

III. Hapus Aplikasi melalui ADB (Tanpa Root)

Pilihan lainnya adalah menghubungkan ponsel Anda ke komputer dan menghapus setiap aplikasi secara manual. Perhatikan bahwa ini sedikit melelahkan dan membutuhkan pengetahuan komputer tingkat dasar. Tetapi sekali lagi, menggunakan metode ini, Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak dapat dinonaktifkan di Android.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect dengan Sederhana

1. Aktifkan USB debugging di ponsel Anda

Langkah pertama mengharuskan Anda untuk mengaktifkan USB debugging di ponsel Anda, untuk memfasilitasi koneksi ADB antara ponsel dan PC Anda.

1] Buka Pengaturan di ponsel Anda dan arahkan ke bagian Tentang ponsel.
2] Di sini, ketuk Build Number atau versi terus menerus tujuh kali hingga Anda melihat pesan roti panggang yang mengatakan, “Anda sekarang dalam Mode Pengembang.”
3] Kembali ke Pengaturan. Klik Sistem dan pilih Opsi Pengembang. Untuk beberapa ponsel, opsi ini diberikan di bagian ‘Pengaturan Tambahan’.
4] Jentik sakelar dan nyalakan Opsi Pengembang. Sekarang gulir ke bawah dan aktifkan USB Debugging.

2. Hubungkan telepon Anda ke PC

Setelah Anda mengaktifkan USB debugging, Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke PC atau laptop menggunakan kabel USB yang kompatibel.

Pastikan untuk memilih mode ‘Transfer File’ dari panel notifikasi. Saat diminta untuk “Izinkan USB Debugging”, centang kotak di samping ‘Selalu izinkan dari komputer ini’ dan ketuk OK.

3. Instal Driver ADB di Komputer Anda

Jika Anda belum pernah melakukannya, instal driver ADB di komputer Anda. Anda dapat mengunduh paket melalui tautan ini- Windows, Mac, Linux.

Baca Juga :  XIAOMI MELUNCURKAN REDMI NOTE 6 PRO DENGAN 4 KAMERA

Setelah ADB diinstal, buka direktorinya. Tekan Shift + Klik Kanan dan pilih Open PowerShell Window here. Sekarang, ketik “perangkat ADB” dan lihat apakah nama kode perangkat Anda muncul dengan nomor seri di baris berikutnya. Masukkan kode yang sama lagi untuk dapat menggunakan perintah untuk menghapus aplikasi di Android Anda.

4. Gunakan Perintah ADB untuk Menghapus Aplikasi yang tidak dapat di Hapus

Anda sekarang dapat menggunakan perintah ADB khusus untuk menghapus bloatware pilihan Anda dari ponsel Anda. Kode umumnya adalah “pm uninstall –k ––user 0 <name of package>” tanpa tanda kutip.

Untuk mengetahui nama paket aplikasi di ponsel Anda, cukup unduh dan instal aplikasi App Inspector dari Play Store. Anda kemudian dapat mencari nama paket aplikasi yang diinginkan, yang dapat digunakan di baris perintah untuk menghapus aplikasi.

Misalnya, untuk menghapus Realme App Market di ponsel Realme, Anda perlu mengetikkan “pm uninstall –k ––user 0 com.oppo.market.” Demikian pula, untuk menghapus aplikasi musik bawaan Oppo, Anda dapat menggunakan perintah “pm uninstall –k ––user 0 com.oppo.music.”

Metode ini tidak memerlukan izin root atau membatalkan garansi ponsel Anda. Namun, kami sarankan Anda tetap berhati-hati tentang apa yang Anda hapus karena menghapus aplikasi sensitif dapat merusak fungsi tertentu di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *