Kenapa HP Lemot Padahal Memori Masih Banyak

Kenapa Hp Lemot Padahal Memori Masih Banyak

Pernahkah anda sering mendapatkan hp lemot padahal ruang penyimpanan masih penuh ? Tanpa disadari, penggunaan smartphone semakin lama akan semakin menurun performanya. Kenapa hp lemot padahal memori masih banyak ? Sepertinya, anda wajib membaca artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan jawabannya.

Performa android yang semakin lemot tentu saja akan sangat mengganggu. Apalagi, jika aktivitas harian anda melibatkan perangkat android didalamnya. Daripada terus bertanya-tanya kenapa hp lemot padahal memori masih banyak, yuk coba simak uraiannya berikut ini.

Kenapa hp lemot padahal memori masih banyak?

Kualitas Memori Eksternal

Tahukah anda bahwa penyebab hp lemot tidak selalu berarti karena memorinya sudah penuh ? Ternyata, kualitas memori eksternal yang rendah pun juga menjadi penyebab kinerja perangkat android semakin menurun. Kualitas memori eksternal yang tidak bagus akan membuat ponsel berjalan lebih lambat. Sebab, kualitas memori yang rendah akan membuat RAM bekerja lebih keras untuk membacanya. Jad, pastikan anda memilih memori eksternal yang memiliki kualitas terbaik.

Kinerja Baterai yang Menurun

Menurunnya performa android bisa jadi disebabkan karena kinerja baterai yang semakin menurun. Umumnya, pengguna ponsel akan merasakan tanda-tanda kinerja baterai yang menurun dalam 2 atau 3 tahun pemakaian smartphone. Baterai yang pemakaiannya sudah sanga lama akan memengaruhi pemrosesan program dan memori smartphone secara keseluruhan. Hal inilah yang tanpa disadari membuat hp android menjadi lemot walaupun memori masih banyak.

Memori Flash Storage dan RAM Mengalami Degradasi

Tak hanya baterai ponsel, memori flash storage dan RAM juga bisa mengalami degradasi. Penyebabnya bisa jadi dikarenakan adanya penghapusan data sehingga dapat mengurangi performa android sehingga potensi android menjadi lemot pun semakin besar.

Update Sistem Operasi Tidak Sesuai Kebutuhan

Kenapa hp lemot padahal memori masih banyak ? Bisa jadi disebabkan karena anda melakukan update sistem operasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga update yang dilakukan berpengaruh pada peningkatan kinerja. Walaupun begitu, ada juga update sistem operasi yang akan memakan space tersendiri di memori internal.

Namun, jika hp andorid yang anda miliki mempunyai penyimpanan memori dan RAM yang rendah, sebaiknya tidak perlu melakukan update sistem operasi. Sebab, memaksakan diri untuk mengupdate sistem operasi yang tidak sesuai kebutuhan hanya akan membuat hp lemot. Akan tetapi, jika ingin tetap melakukan update sistem operasi terbaru sementara ponsel tidak mendukung, solusi terbaiknya adalah mengganti dengan smartphone yang baru.

Aplikasi Terpasang Tidak Sesuai dengan Kapasitas Penyimpanan

Bagaimana kapasitas penyimpanan di hp android anda ? Umumnya, banyak pengguna ponsel yang tidak peduli dengan aplikasi apa saja yang dipasang pada android dan tidak memperhatikan memori penyimpanannya. Padahal, belum tentu semua aplikasi yang terpasang tadi rutin digunakan dan hanya akan menyedot memori penyimpanan. Dan jika hal ini dibiarkan begitu saja, lambat laun hp andorid akan menjadi lemot. Inilah mengapa anda harus bijak untuk menentukan aplikasi apa saja yang harus disimpan agar hp tidak lemot.

Banyaknya Aplikasi yang Aktif

Penyebab lain mengapa hp bisa lemot adalah karena banyaknya aplikasi yang aktif. Jika anda menggunakan banyak aplikasi namun tidak langsung menutupnya, inilah yang akan menjadi penyebab hp bisa lemot. Aplikasi yang aktif tersebut akan menguras kapasitas RAM sehingga menyebabkan hp berjalan lambat. Oleh karena itu, sebaiknya segera tutup aplikasi yang tidak digunakan agar dapat mempermudah pekerjaan RAM dan hp tidak lemot.

Cache yang Menumpuk

Apa itu cache ? Ia merupakan data-data yang tersimpan sementara di memori telepon yang berisikan rekam jejak penggunaan aplikasi di andorid. Setiap aplikasi memiliki file cache sendiri, dan jika ia telah menumpuk maka otomatis hp akan menjadi lemot. Jika anda tidak rutin membersihkan cache yang menumpuk, maka inialah yang menyebabkan hp lemot. Oleh sebab itu, segera hapus cache secara manual agar hp bisa kembali normal.

Penggunaan Widget Berlebihan

Penyebab hp lemot yang terakhir ialah karena penggunaan widget yang berlebihan. Tanpa disadari, pengguna ponsel sering menggunakan widget melebihi batas kewajaran. Selain, karena banyaknya aplikasi yang dibuka secara bersamaan, penggunaan widget dan animasi pun  adalah salah satu faktor penyebab hp menjadi lemot. Perlu anda ketahui bahwa pemenuhan bandwith, aktivitas rendah dan widget yang terus menerus aktif bisa mempengaruhi kapasitas RAM sehingga membuat android menjadi lebih lemot. Oleh karena itu, sebaiknya batasi jumlah widget atau wallpaper animasi untuk mengoptimalkan kinerja RAM sehingga hp bisa berjalan normal.

Itulah kedelapan penyebab kenapa hp lemot padahal memori masih banyak. Jadi, bagaimana ? Apakah anda sudah mendapatkan jawabannya sekarang ? Jika iya, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi permasalahan hp lemot yang anda hadapi. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya yang berjudul Inilah Dia 7 Tips dan Trik Mempercepat Kinerja Android, segera kunjungi artikel berikutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *