fbpx
Kenapa HP Saya Tidak Bisa Download Aplikasi Youtube
https://apkpure.com/

Kenapa HP Saya Tidak Bisa Download Aplikasi Youtube

Smartphone Android memiliki banyak sekali aplikasi dan YouTube adalah salah satunya. Ini tentu saja merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di smartphone dan terus berubah berkat pembaruan yang dikirimkan Google melalui Google Play Store yang memungkinkan aplikasi berfungsi dengan baik, menambah atau menghapus atau mengubah fitur, dan banyak lagi. Sangat penting untuk memperbarui aplikasi juga karena itu mencegah aplikasi disadap atau mengalami kesalahan karena bug yang mungkin ditemukan pengembang dengan versi sebelumnya dan sebagainya. Tapi Kenapa HP Saya Tidak Bisa Download Aplikasi Youtube? Bagaimana solusinya?

Aplikasi harus memperbarui sendiri secara otomatis jika fitur pembaruan otomatis diaktifkan. Bahkan jika tidak, Anda menerima pemberitahuan setiap kali pembaruan tersedia jika Anda ingin tetap memperbarui aplikasi secara manual seperti YouTube. Meskipun aplikasi sering diperbarui tanpa kesalahan apa pun, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka mendapatkan Kesalahan 501 atau Kesalahan 901 atau mereka mendapatkan pemberitahuan bahwa aplikasi tidak dapat diperbarui, dll. Mempertimbangkan semua masalah ini, berikut cara Anda memecahkan masalah jika aplikasi menghadapi masalah saat memperbarui dirinya sendiri atau tidak terpasang di Android.

Kenapa HP Saya Tidak Bisa Download Aplikasi Youtube? Bagaimana cara memperbaiki?

1. Nyalakan ulang perangkat

Sekarang, ini adalah metode pemecahan masalah paling umum yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki masalah sementara apa pun. Saat menggunakan ponsel, prosesor, memori, dan komponen lainnya bekerja keras untuk mendukung semua aplikasi yang Anda jalankan di latar belakang dan latar depan. Di sini, ada kemungkinan bahwa ketika Anda mencoba menginstal atau memperbarui aplikasi YouTube atau aplikasi lain apa pun, kesalahan atau bug dipicu yang menyebabkan operasi gagal.

Saat Anda me-reboot smartphone, Anda benar-benar meletakkan paku ke semua aplikasi dan proses yang memungkinkan memori dan sumber daya lainnya menjadi bebas dari penimbunan. Jadi, ini berfungsi dalam banyak kasus. Anda tidak perlu ilmu roket untuk mengetahui cara mematikan ponsel. Bagaimanapun, Anda dapat menekan tombol daya, pilih opsi ‘Reboot’ dari menu dan coba pasang / perbarui aplikasi lagi.

Baca Juga :  Kenapa HP Cepat Panas dan Boros Baterai? Ini Penyebab dan Solusinya

2. Periksa apakah koneksi internet Anda berfungsi atau tidak

Anda dapat memperbarui atau memasang aplikasi melalui data seluler atau Wi-Fi. Jika itu adalah Wi-Fi dan Anda menghadapi masalah saat memperbarui aplikasi, periksa apakah internet berfungsi atau tidak. Anda dapat mencari sesuatu di Google Chrome untuk mengetahui statusnya. Jika internet melalui Wi-Fi tidak berfungsi, Anda dapat menunggu internet pulih atau mengaktifkan data seluler.

Perhatikan bahwa meskipun memasang atau memperbarui aplikasi di salah satu jenis jaringan tidak menjadi masalah, Anda mungkin menghadapi masalah dalam memperbarui aplikasi melalui data seluler karena secara default, Google Play Store mengunduh pembaruan hanya ketika Wi-Fi diaktifkan. Anda dapat menemukan dan mengubah pengaturan di Play Store. Jika Anda menghadapi masalah saat menginstal aplikasi melalui data seluler, coba cari di Google sesuatu dan ukur apakah internet berfungsi atau tidak.

3. Nyalakan mode pesawat

Juga dikenal sebagai mode penerbangan, mengaktifkannya cenderung memutuskan sambungan telepon dari seluler dan jaringan lain untuk sementara. Saat Anda menghadapi masalah saat memperbarui aplikasi atau menginstalnya, periksa apakah mode pesawat berfungsi sesuai keinginan Anda atau tidak. Agar ini bekerja, seret panel atau panel notifikasi dan ketuk ikon ‘Mode Pesawat’ untuk menyalakannya. Tunggu beberapa detik sebelum menonaktifkannya untuk memeriksa apakah berfungsi atau tidak. Anda dapat mengaktifkan & menonaktifkan mode pesawat beberapa kali agar sistem berfungsi kembali untuk membersihkan gangguan sementara.

4. Matikan Wi-Fi / data seluler

Mirip dengan bagaimana mode pesawat goyang beberapa kali dapat memulihkan kemampuan sistem untuk menginstal / memperbarui aplikasi YouTube, Anda dapat mencoba hal yang sama dengan Wi-Fi atau data seluler tergantung pada mana yang Anda gunakan sekarang untuk memulai proses. Seret panel notifikasi dan ketuk Wi-Fi atau data seluler beberapa kali untuk memeriksa apakah internet berfungsi atau tidak. Anda dapat mencari sesuatu di Google Chrome atau browser web apa pun untuk memeriksa apakah internet berfungsi atau tidak.

5. Lepaskan Kartu SD

Meski sebagian besar smartphone kini hanya memiliki penyimpanan built-in, masih banyak produsen smartphone yang menawarkan slot microSD baik hybrid maupun dedicated yang bisa digunakan pengguna. Jika Anda menghadapi masalah dengan aplikasi, coba lepaskan kartu SD dan periksa apakah itu berfungsi atau tidak. Anda harus meletakkan semua aplikasi ke penyimpanan ponsel sehingga memungkinkannya berjalan dengan lancar. Beri tahu kami jika ini berhasil atau tidak.

Baca Juga :  10 Cara terbaik Agar HP Xiaomi Tidak Cepat Panas

6. Hapus cache dan data aplikasi

File cache ditandai dengan jelas sebagai salah satu alasan aplikasi atau sekelompok aplikasi atau bahkan sistem mungkin tidak berfungsi dengan baik. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menghapus file cache karena file cache yang tertimpa atau rusak dapat menimbulkan sejumlah masalah dan kemampuan untuk menggunakan aplikasi atau beberapa fitur mungkin juga dikompromikan. Menghapus data, di sisi lain, hanya akan menghapus video dan konten apa pun yang mungkin telah Anda simpan di aplikasi seperti YouTube dan mengembalikan ukuran aplikasinya ke nilai aslinya.

Berikut cara melakukan keduanya:

  • Pertama-tama, buka alat Pengaturan dan lanjutkan ke ‘Apps & Notifications‘.
  • Anda perlu menemukan YouTube terdaftar dalam daftar yang diberikan dan ketuk di atasnya.
  • Selanjutnya, ketuk Penyimpanan/ Storage.
  • Tekan kedua tombol yang bertuliskan ‘Clear Data‘ dan ‘Clear Cache‘ untuk menghapus keduanya.
  • Keluar dari aplikasi dan buka lagi untuk melihat apakah ada perubahan pada masalah atau tidak.

Perhatikan bahwa Anda juga dapat menghapus cache aplikasi untuk Layanan Google Play juga sebagai upaya untuk memulai YouTube agar tidak diperbarui atau dipasang terlebih dahulu.

7. Copot & instal ulang YouTube

Di sebagian besar ponsel pintar Android, YouTube hadir sebagai bloatware atau aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya dan dalam kasus seperti itu, Anda tidak dapat menghapus instalannya. Tetapi pertama-tama, jika Anda dapat menghapus aplikasi, lanjutkan dan hapus instalannya. Jika terjadi bloatware, Anda dapat pergi ke Pengaturan >> Aplikasi & Pemberitahuan >> YouTube dan ketuk pada tiga titik yang ditumpuk secara vertikal di bagian paling kiri atas jendela dan pilih ‘Copot Pemasangan Pembaruan’. Ini akan menghapus pembaruan apa pun dan Anda akan dipaksa untuk memperbarui aplikasi. Anda perlu memeriksa apakah melakukan ini berhasil atau tidak.

8. Copot Pembaruan untuk Google Play Store

Menghapus pembaruan untuk Google Play Store tidak menghapus data apa pun, tetapi membawa aplikasi ke setelan pabriknya. Ada kemungkinan bahwa kesalahan yang Anda hadapi saat menginstal atau memperbarui YouTube disebabkan oleh bug atau masalah apa pun dengan Google Play Store. Agar ini berfungsi, Anda harus melalui Pengaturan >> Aplikasi & Pemberitahuan >> Google Play Store. Sekarang, cari tiga titik yang ditumpuk secara vertikal yang akan memberi Anda satu opsi untuk ‘Uninstall Updates‘. Buka Google Play Store dan Anda akan diminta untuk menginstal pembaruan yang dapat Anda lakukan dan memeriksa apakah masalah dengan YouTube hilang atau tidak.

Baca Juga :  SONY MENGUMUMKAN Xperia 5 II: 120Hz FULL-FLEDGED SMALL PHONE

9. Instal APK YouTube

Bagi mereka yang menghadapi masalah dalam memperbarui atau bahkan menginstal aplikasi dari Google Play Store, Anda masih dapat menggunakan aplikasi tersebut di ponsel Anda. Untuk ini, Anda perlu melakukan sideload aplikasi melalui file APK-nya yang secara harfiah sangat mudah ditemukan di web. Anda dapat mencari YouTube versi terbaru, mendownload file, dan menginstalnya. Jika tidak berhasil, Anda dapat mencoba mendownload YouTube versi lama untuk memeriksa apakah itu berfungsi di perangkat Anda atau tidak. Jika tidak, lanjutkan dengan metode selanjutnya dan mudah-mudahan, itu sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Gunakan YouTube versi seluler

Jika Anda tidak dapat menggunakan aplikasi YouTube yang pada suatu saat jika Anda terus melewatkan pembaruan, Anda harus menggunakan alternatif. Anda masih dapat menggunakan cara 11 untuk memperbaiki “Kenapa HP Saya Tidak Bisa Download Aplikasi Youtube” tetapi inilah yang Anda coba. Mengapa Anda tidak menggunakan versi seluler YouTube di ponsel cerdas Anda? Ini secara otomatis akan memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi di smartphone meskipun tidak memiliki buffering otomatis sehingga jika internet Anda lambat, Anda akan menghadapi masalah buffering. Tapi apa salahnya mencobanya, bukan?

11. Coba YouTube GO

Mirip dengan Android GO, YouTube memiliki varian ‘ringan’ yang disebut YouTube GO yang menghabiskan lebih sedikit data, daya, dan sumber daya lainnya. Ini sangat bagus untuk mereka yang memiliki konektivitas internet yang lebih lemah dan / atau smartphone dengan RAM yang lebih sedikit. Unduh di sini -> YouTube GO

Demikian 11 metode tentang bagaimana Anda dapat menyelesaikan masalah ‘Kenapa HP Saya Tidak Bisa Download Aplikasi Youtube? di Ponsel Android saya’. Anda dapat mencoba langkah pertama dan melanjutkan jika langkah sebelumnya tidak berhasil. Selain itu, beri tahu kami kesalahan mana yang Anda alami di YouTube dan metode apa yang disebutkan di atas (atau tidak tercantum) yang membantu Anda mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *