fbpx
Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video

Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video?

Ponsel Android Anda adalah perangkat yang berguna untuk merekam, menyimpan, menonton, dan berbagi video. Ini menjadi sangat membuat frustrasi kenapa HP tidak bisa memutar musik dan video dengan benar atau memberikan kesalahan, terutama jika video itu acara pribadi yang penting.

Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Ponsel Android

Coba metode di bawah ini untuk memutar video di ponsel Android Anda. Anda dapat menerapkan metode ini untuk memperbaiki masalah “Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video” di ponsel Android apa pun, seperti Samsung, Xiaomi, Motorola, HTC, dll.

1. Restart / Reboot perangkat Anda

Memulai ulang ponsel cerdas adalah cara pemecahan masalah paling sederhana yang dapat membantu memutar video Anda. Tutup semua aplikasi di ponsel Anda. Mulai ulang / reboot ponsel. Selanjutnya, buka Galeri dan periksa apakah video Anda diputar atau tidak.

2. Kosongkan cache di ponsel Android Anda

Data cache diperlukan untuk mengurangi waktu pemuatan tetapi membersihkan cache juga penting sebagai bagian dari pemecahan masalah untuk mengatasi sejumlah masalah yang mungkin timbul karena data cache yang rusak.

Untuk menghapus data pada ponsel cerdas Anda, buka Pengaturan> Penyimpanan / Manajer Aplikasi> Hapus Cache. Sekarang, kembali ke Galeri untuk memutar video.

3. Copot pemasangan aplikasi tidak aman di ponsel Anda

Trojan juga merupakan ancaman bagi ponsel Android Anda. Jika Anda telah mengunduh aplikasi atau perangkat lunak apa pun dari sumber yang tidak tepercaya, hapuslah. Ada kemungkinan itu mengganggu kelancaran fungsi perangkat seluler Anda termasuk tidak membiarkan Anda memutar video seluler Anda atau membuat video Anda rusak.

Baca Juga :  Cara Share lokasi Google Map Lewat WA

4. Instal VLC player / MX Player di ponsel Android

Mungkin saja pemutar media di ponsel Android Anda tidak mendukung codec video yang Anda coba putar. Instal pemutar video yang kompatibel seperti VLC player, BS Player atau MX Player dari toko aplikasi Android.

5. Perbarui OS Android Anda

Perbarui OS Android Anda untuk memperbaiki video yang tidak bermasalah. Sebelum memperbarui OS Android, disarankan untuk selalu mencadangkan data seluler Anda seperti kontak, foto dan video dll.

Meskipun pembaruan OS tidak menyebabkan kehilangan data, tetapi kesalahan teknis apa pun selama proses tersebut dapat menyebabkan hilangnya atau rusaknya informasi ponsel Anda. Jadi lebih baik aman daripada bertobat nanti.

Cara memperbarui OS Android di ponsel

  • Hubungkan ponsel Android Anda ke Wi-Fi
  • Buka Pengaturan di ponsel Android Anda
  • Gulir ke bawah dan ketuk Tentang Perangkat
  • Ketuk Perbarui. Di beberapa ponsel, mungkin Pembaruan Perangkat Lunak atau Pembaruan Firmware Sistem tergantung pada versi Android
  • Ketuk Periksa Pembaruan
  • Ketuk Perbarui
  • Ketuk Instal / Reboot dan Instal / atau Instal Perangkat Lunak Sistem, mana pun yang Anda lihat. Proses pengunduhan dan penginstalan dimulai.
  • Setelah penginstalan selesai, ponsel Anda secara otomatis melakukan boot ulang.

6. Hapus Perangkat Lunak Meragukan

Kadang-kadang Anda mungkin tidak dapat memutar video di perangkat Android karena Anda telah menginstal beberapa aplikasi tidak aman dari tempat lain selain toko aplikasi resmi. Aplikasi tidak aman semacam itu mampu memblokir pemutaran video di perangkat Android Anda, Selalu disarankan untuk mencopot pemasangannya.

7. Dapatkan Perbaikan Stellar untuk Video

Jika Anda dapat memutar beberapa file video di ponsel Android Anda, maka masalahnya bukan pada perangkat atau pemutar media. File video Anda mungkin rusak.

Baca Juga :  INI BAHAYA SINAR BIRU GADGET BAGI MATA

Transfer video seluler ke komputer. Coba mainkan lagi di sistem Anda. Jika masih, mereka tidak dapat diputar, video telah rusak. Stellar Repair for Video, alat perbaikan video adalah solusi terbaik dan termudah untuk memperbaiki masalah video yang tidak diputar di Ponsel Android. Ini sepenuhnya aman untuk diunduh dan bebas dari malware atau Trojan apa pun. Anda dapat memperbaiki video yang berubah terputus-putus, tersendat-sendat, buram, atau tidak sinkron.

Versi demo gratis dari perangkat lunak ini cukup baik untuk mengevaluasi apakah masalah kerusakan video dapat diselesaikan.

Perbaiki video yang tidak dapat diputar di ponsel Android menggunakan Stellar Repair for Video

  • Mentransfer video Anda dari Android ke PC / Mac
  • Unduh, instal, dan jalankan Stellar Repair for Video di PC / Mac Anda
  • Di halaman beranda perangkat lunak, klik Tambah File untuk menambahkan video rusak ke perangkat lunak yang ingin Anda perbaiki.
  • Perbaikan Stellar untuk Video- Halaman Utama
  • Klik Perbaiki untuk memperbaiki file rusak yang telah Anda tambahkan.
  • Perbaikan Stellar untuk Video- Tambahkan File

Proses perbaikan dimulai. Anda dapat melihat kemajuan perbaikan di bilah kemajuan. Gunakan opsi Berhenti untuk menghentikan proses perbaikan kapan saja.
Perbaikan Stellar untuk Video – Perbaikan

Proses

Pesan ‘Proses perbaikan selesai’ akan muncul setelah file yang dipilih berhasil diperbaiki. Anda dapat melihat video yang diperbaiki dengan mengklik opsi Pratinjau. Klik Simpan File yang Diperbaiki untuk menyimpan file yang diperbaiki.

Jadi hanya dalam beberapa klik mudah – Tambah, Perbaiki, Pratinjau dan Simpan, Anda dapat membuat video rusak Anda dapat diputar sekali lagi.

Perangkat lunak ini mendukung perbaikan format file video paling populer seperti file video AVI, ASF, WMV, MKV, FLV, DIVX, WEBM, MJPEG, MPEG, AVCHD, MTS, MOV, MP4, M4V, 3G2, 3GP, dan F4V. Ini dapat memperbaiki video yang rusak atau tidak dapat diputar yang disimpan di kartu microSD ponsel Android, kartu microSDHC, atau kartu microSDXC, dll.

Baca Juga :  XIOMI RESMI MELUNCURKAN REDMI NOTE 6 PRO DENGAN 4 KAMERA

Setelah diperbaiki, simpan video di komputer Anda, kartu microSD atau transfer ke ponsel Android Anda.

8. Setel ulang preferensi aplikasi Anda

Menyetel ulang preferensi aplikasi Anda memungkinkan Anda memilih pemutar video mana yang ingin Anda gunakan untuk memutar video.

Bagaimana cara mengatur ulang preferensi Aplikasi di ponsel Android?
Buka Pengaturan> Manajer Aplikasi atau Aplikasi
Ketuk tiga titik di sudut kanan atas. Ketuk Atur Ulang Preferensi Aplikasi.
Sekarang coba putar video Anda di ponsel Android.

9. Atur ulang pabrik ponsel cerdas Anda

Jika tidak ada metode di atas yang dapat memutar video ponsel Android Anda, pilihan terakhir adalah Reset Pabrik.

Penyetelan Ulang Pabrik menghapus semua data dan menjadikan ponsel cerdas Anda seperti baru. Jadi, sebelum melakukannya pastikan Anda telah mencadangkan semua kontak, foto, video, dan data ponsel cerdas lainnya.

Tidak dapat memutar Facebook, YouTube, atau video web lainnya di ponsel Android Anda? Coba perbaikan di bawah ini:

  • Periksa jaringan Wi-Fi Anda
  • Perbarui browser internet
  • Hapus cache dan file sejarah di ponsel Android
  • Hapus cache di aplikasi YouTube
  • Perbarui aplikasi YouTube atau Facebook Anda
  • Copot pemasangan aplikasi yang baru diunduh
  • Perbarui OS Android Anda

Kesimpulan Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video

Sebagian besar masalah ‘Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video’ di Android diselesaikan dengan membersihkan cache atau memulai ulang ponsel Anda. Namun, jika file video seluler rusak, disarankan untuk menggunakan Stellar Repair for Video. Perangkat lunak ini adalah utilitas perbaikan video efisien yang memperbaiki segala macam kerusakan. Anda dapat memperbaiki beberapa video yang rusak sekaligus, menghemat banyak waktu Anda.

Jadi sekarang tidak perlu pusing lagi video tidak bisa diputar di hp android. Coba metode di atas dan nikmati video lagi di ponsel Android Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *