Daftar SNBP 2023, Cara Daftar, dan Jadwal Seleksi


Daftar SNBP 2023, Cara Daftar, dan Jadwal Seleksi

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. Jalur ini merupakan salah satu jalur seleksi yang disediakan oleh pemerintah selain SNMPTN dan SBMPTN.

SNBP 2023 telah resmi dibuka pada 14 Februari 2023. Pendaftaran SNBP dapat dilakukan secara daring melalui situs resmi SNPMB (seleksi.sn牡丹.ac.id) hingga 28 Februari 2023.

Daftar SNBP

Hal-hal penting yang perlu diketahui tentang Daftar SNBP:

  • Dibuka 14 Februari 2023
  • Tutup 28 Februari 2023
  • Daring di situs SNPMB
  • Nilai rapor dan prestasi
  • Jalur masuk PTN
  • Selain SNMPTN dan SBMPTN
  • Gunakan nilai rapor

Pastikan untuk mendaftar sebelum batas waktu yang ditentukan dan lengkapi semua persyaratan yang diperlukan.

Dibuka 14 Februari 2023

Pendaftaran SNBP 2023 telah resmi dibuka pada tanggal 14 Februari 2023. Artinya, mulai tanggal tersebut, siswa eligible dapat melakukan pendaftaran SNBP melalui situs resmi SNPMB (seleksi.snpmb.ac.id).

Siswa yang eligible adalah siswa kelas 12 yang memiliki prestasi akademik yang baik dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTN. Persyaratan tersebut dapat dilihat pada laman resmi PTN yang dituju.

Proses pendaftaran SNBP dilakukan secara daring melalui situs SNPMB. Siswa harus membuat akun terlebih dahulu sebelum dapat melakukan pendaftaran. Setelah akun berhasil dibuat, siswa dapat mengisi data diri, memilih PTN dan program studi yang dituju, serta mengunggah dokumen pendukung yang diperlukan.

Pendaftaran SNBP akan ditutup pada tanggal 28 Februari 2023. Oleh karena itu, pastikan untuk segera mendaftar dan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Setelah pendaftaran ditutup, pihak SNPMB akan melakukan verifikasi data siswa dan dokumen pendukung yang diunggah. Hasil verifikasi akan diumumkan pada tanggal 10 Maret 2023. Siswa yang dinyatakan lolos verifikasi akan dapat mengikuti seleksi SNBP yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret – 13 April 2023.

Tutup 28 Februari 2023

Pendaftaran SNBP 2023 akan ditutup pada tanggal 28 Februari 2023. Artinya, siswa hanya memiliki waktu hingga tanggal tersebut untuk melakukan pendaftaran dan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan.

  • Pastikan melengkapi pendaftaran sebelum batas akhir

    Jangan menunda-nunda pendaftaran hingga mendekati batas akhir. Segera lakukan pendaftaran dan lengkapi semua persyaratan yang diperlukan agar terhindar dari kendala teknis atau kelalaian yang dapat merugikan.

  • Periksa kembali data yang diinput

    Sebelum submit pendaftaran, pastikan untuk memeriksa kembali semua data yang telah diinput, seperti data diri, pilihan PTN dan program studi, serta dokumen pendukung yang diunggah. Pastikan semua data sudah benar dan sesuai.

  • Simpan bukti pendaftaran

    Setelah berhasil submit pendaftaran, simpan bukti pendaftaran yang berisi nomor pendaftaran dan informasi penting lainnya. Bukti pendaftaran ini akan dibutuhkan untuk proses selanjutnya, seperti verifikasi data dan pengumuman hasil seleksi.

  • Pantau perkembangan pendaftaran

    Setelah mendaftar, pantau perkembangan pendaftaran melalui situs SNPMB atau media sosial resmi SNPMB. Jika ada informasi terbaru atau perubahan jadwal, pihak SNPMB akan mengumumkan melalui saluran tersebut.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, siswa dapat memastikan bahwa pendaftaran SNBP mereka berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Daring di situs SNPMB

Pendaftaran SNBP 2023 dilakukan secara daring melalui situs resmi SNPMB (seleksi.snpmb.ac.id). Artinya, siswa tidak perlu datang langsung ke PTN yang dituju untuk melakukan pendaftaran.

Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran SNBP secara daring melalui situs SNPMB:

  1. Buat akun SNPMB
    Siswa harus membuat akun SNPMB terlebih dahulu sebelum dapat melakukan pendaftaran. Untuk membuat akun, siswa dapat mengakses situs SNPMB dan klik tombol “Daftar”.
  2. Lengkapi data diri
    Setelah berhasil membuat akun, siswa dapat masuk ke akun tersebut dan melengkapi data diri, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan lainnya.
  3. Pilih PTN dan program studi
    Siswa kemudian dapat memilih PTN dan program studi yang dituju. Setiap siswa dapat memilih maksimal dua PTN dan dua program studi.
  4. Unggah dokumen pendukung
    Siswa harus mengunggah dokumen pendukung yang diperlukan, seperti rapor, prestasi akademik, dan lainnya. Pastikan untuk mengunggah dokumen yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  5. Submit pendaftaran
    Setelah semua data dan dokumen pendukung telah dilengkapi, siswa dapat submit pendaftaran. Pastikan untuk memeriksa kembali semua data yang telah diinput sebelum submit.

Setelah submit pendaftaran, siswa akan mendapatkan bukti pendaftaran yang berisi nomor pendaftaran dan informasi penting lainnya. Bukti pendaftaran ini harus disimpan baik-baik karena akan dibutuhkan untuk proses selanjutnya.

Nilai rapor dan prestasi

SNBP merupakan jalur masuk PTN yang menggunakan nilai rapor dan prestasi sebagai dasar seleksi. Artinya, siswa yang memiliki nilai rapor dan prestasi akademik yang baik akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di PTN melalui jalur SNBP.

  • Nilai rapor

    Nilai rapor yang digunakan dalam seleksi SNBP adalah nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5. Nilai rapor akan dikonversi ke dalam nilai rata-rata rapor (NRR) menggunakan rumus yang telah ditetapkan oleh SNPMB.

  • Prestasi akademik

    Selain nilai rapor, prestasi akademik juga menjadi pertimbangan dalam seleksi SNBP. Prestasi akademik yang dapat dipertimbangkan meliputi prestasi di bidang olimpiade sains, kompetisi ilmiah, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang relevan dengan bidang studi yang dipilih.

  • Portofolio

    Beberapa PTN juga mempertimbangkan portofolio dalam seleksi SNBP. Portofolio dapat berupa karya tulis ilmiah, karya seni, atau bukti pengalaman kerja yang relevan dengan bidang studi yang dipilih.

  • Prestasi non-akademik

    Selain prestasi akademik, prestasi non-akademik juga dapat menjadi nilai tambah dalam seleksi SNBP. Prestasi non-akademik yang dapat dipertimbangkan meliputi prestasi di bidang olahraga, seni, dan kepemimpinan.

Siswa yang memiliki nilai rapor dan prestasi akademik yang baik, serta prestasi non-akademik yang mendukung, akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di PTN melalui jalur SNBP.

Jalur masuk PTN

SNBP merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Selain SNBP, terdapat dua jalur masuk PTN lainnya, yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

    SNMPTN adalah jalur masuk PTN yang menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik sebagai dasar seleksi. Siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN adalah siswa kelas 12 yang memiliki prestasi akademik yang baik dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTN.

  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

    SBMPTN adalah jalur masuk PTN yang menggunakan hasil ujian tulis sebagai dasar seleksi. Siswa yang eligible untuk mengikuti SBMPTN adalah siswa kelas 12 yang telah lulus ujian nasional (UN) atau ujian kesetaraan lainnya.

  • SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

    SNBP adalah jalur masuk PTN yang menggunakan nilai rapor, prestasi akademik, dan prestasi non-akademik sebagai dasar seleksi. Siswa yang eligible untuk mengikuti SNBP adalah siswa kelas 12 yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang baik dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTN.

  • Mandiri

    Mandiri adalah jalur masuk PTN yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN secara mandiri. Setiap PTN memiliki ketentuan dan persyaratan sendiri untuk jalur masuk mandiri.

Siswa dapat memilih jalur masuk PTN yang sesuai dengan kemampuan dan prestasi mereka. Informasi lebih lanjut mengenai masing-masing jalur masuk PTN dapat dilihat pada situs resmi SNPMB (seleksi.snpmb.ac.id).

Selain SNMPTN dan SBMPTN

SNBP merupakan jalur masuk PTN selain SNMPTN dan SBMPTN. Ketiga jalur masuk tersebut memiliki perbedaan dalam hal dasar seleksi dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh siswa.

  • SNMPTN

    SNMPTN menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik sebagai dasar seleksi. Siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN adalah siswa kelas 12 yang memiliki prestasi akademik yang baik dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTN.

  • SBMPTN

    SBMPTN menggunakan hasil ujian tulis sebagai dasar seleksi. Siswa yang eligible untuk mengikuti SBMPTN adalah siswa kelas 12 yang telah lulus ujian nasional (UN) atau ujian kesetaraan lainnya.

  • SNBP

    SNBP menggunakan nilai rapor, prestasi akademik, dan prestasi non-akademik sebagai dasar seleksi. Siswa yang eligible untuk mengikuti SNBP adalah siswa kelas 12 yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang baik dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTN.

Siswa dapat memilih jalur masuk PTN yang sesuai dengan kemampuan dan prestasi mereka. Informasi lebih lanjut mengenai masing-masing jalur masuk PTN dapat dilihat pada situs resmi SNPMB (seleksi.snpmb.ac.id).

Gunakan nilai rapor

SNBP menggunakan nilai rapor sebagai salah satu dasar seleksi. Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5. Nilai rapor akan dikonversi ke dalam nilai rata-rata rapor (NRR) menggunakan rumus yang telah ditetapkan oleh SNPMB.

Rumus konversi nilai rapor ke NRR adalah sebagai berikut:

“`
NRR = (NR + NS) / 2
“`

Keterangan:

  • NR: Nilai rapor
  • NS: Nilai standar

Nilai standar (NS) adalah nilai rata-rata nasional untuk setiap mata pelajaran. Nilai standar ini ditetapkan oleh SNPMB dan dapat berubah setiap tahun.

Setelah dikonversi ke NRR, nilai rapor siswa akan dibandingkan dengan nilai rapor siswa lain yang mendaftar di PTN dan program studi yang sama. Siswa dengan NRR tertinggi akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di PTN dan program studi tersebut.

Selain nilai rapor, SNBP juga mempertimbangkan prestasi akademik dan prestasi non-akademik siswa. Oleh karena itu, siswa tidak hanya perlu memiliki nilai rapor yang baik, tetapi juga prestasi akademik dan non-akademik yang mendukung.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait Daftar SNBP:

Question 1: Apa itu SNBP?
SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, yaitu salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya sebagai dasar seleksi.

Question 2: Bagaimana cara mendaftar SNBP?
Pendaftaran SNBP dilakukan secara daring melalui situs resmi SNPMB (seleksi.snpmb.ac.id).

Question 3: Apa saja persyaratan untuk mendaftar SNBP?
Persyaratan untuk mendaftar SNBP adalah siswa kelas 12 yang memiliki nilai rapor dan prestasi akademik yang baik, serta memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTN.

Question 4: Kapan pendaftaran SNBP dibuka?
Pendaftaran SNBP dibuka pada tanggal 14 Februari 2023 dan ditutup pada tanggal 28 Februari 2023.

Question 5: Berapa biaya pendaftaran SNBP?
Pendaftaran SNBP tidak dikenakan biaya.

Question 6: Bagaimana cara mengetahui apakah saya lolos seleksi SNBP?
Hasil seleksi SNBP akan diumumkan pada tanggal 10 April 2023 melalui situs resmi SNPMB (seleksi.snpmb.ac.id).

Question 7: Apa yang harus dilakukan jika saya lolos seleksi SNBP?
Jika lolos seleksi SNBP, siswa harus melakukan daftar ulang di PTN yang dituju sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Demikian informasi mengenai Daftar SNBP. Semoga bermanfaat.

Setelah mengetahui informasi mengenai Daftar SNBP, selanjutnya kita akan membahas tips-tips untuk mempersiapkan diri menghadapi SNBP.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri menghadapi Daftar SNBP:

1. Pelajari persyaratan masing-masing PTN
Sebelum mendaftar SNBP, pastikan untuk mempelajari persyaratan masing-masing PTN yang dituju. Setiap PTN memiliki persyaratan yang berbeda-beda, seperti nilai rapor minimum, prestasi akademik yang dipertimbangkan, dan portofolio yang diperlukan.

2. Persiapkan nilai rapor yang baik
Nilai rapor merupakan salah satu faktor utama yang akan menentukan kelulusan SNBP. Oleh karena itu, pastikan untuk mempersiapkan nilai rapor yang baik sejak awal. Belajar dengan tekun, kerjakan tugas dengan baik, dan ikuti ujian dengan serius.

3. Kembangkan prestasi akademik dan non-akademik
Selain nilai rapor, SNBP juga mempertimbangkan prestasi akademik dan non-akademik siswa. Prestasi akademik dapat berupa olimpiade sains, kompetisi ilmiah, atau kegiatan ekstrakurikuler yang relevan dengan bidang studi yang dipilih. Prestasi non-akademik dapat berupa prestasi di bidang olahraga, seni, atau kepemimpinan.

4. Siapkan portofolio jika diperlukan
Beberapa PTN mempertimbangkan portofolio dalam seleksi SNBP. Portofolio dapat berupa karya tulis ilmiah, karya seni, atau bukti pengalaman kerja yang relevan dengan bidang studi yang dipilih. Siapkan portofolio yang rapi dan menarik untuk mendukung aplikasi SNBP kamu.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, kamu akan meningkatkan peluang untuk lolos seleksi SNBP dan masuk ke PTN yang kamu inginkan.

Demikian informasi mengenai Daftar SNBP dan tips-tips untuk mempersiapkan diri menghadapi SNBP. Semoga bermanfaat.

Conclusion

Daftar SNBP merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang dapat diikuti oleh siswa kelas 12 yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang baik. Pendaftaran SNBP dilakukan secara daring melalui situs resmi SNPMB (seleksi.snpmb.ac.id) pada tanggal 14-28 Februari 2023.

Dalam seleksi SNBP, nilai rapor, prestasi akademik, dan prestasi non-akademik siswa akan menjadi faktor penentu kelulusan. Oleh karena itu, siswa perlu mempersiapkan diri dengan baik dengan cara belajar tekun, mengembangkan prestasi akademik dan non-akademik, serta menyiapkan portofolio jika diperlukan.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, siswa akan meningkatkan peluang untuk lolos seleksi SNBP dan masuk ke PTN yang mereka inginkan. Semoga informasi dan tips yang telah disampaikan dalam artikel ini bermanfaat bagi siswa yang akan mengikuti Daftar SNBP.

Terus semangat belajar dan meraih prestasi! Masa depan cerah menanti kalian.

Images References :

Check Also

Sikap Sheila Dara ke Vidi Aldiano Jadi Sorotan, Netizen: Kok Gitu Sih?

Sikap Sheila Dara ke Vidi Aldiano Jadi Sorotan, Netizen: Kok Gitu Sih?

Baru-baru ini, pasangan selebriti Vidi Aldiano dan Sheila Dara menjadi sorotan netizen. Hal ini bermula …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *