Unduh Kumpulan Soal Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka


Unduh Kumpulan Soal Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Selamat datang di portal pendidikan online terbesar di Indonesia! Kami dengan senang hati menyediakan berbagai macam materi pembelajaran untuk anak-anak sekolah dari tingkat dasar hingga menengah atas. Salah satu materi yang paling penting dan dibutuhkan oleh para siswa adalah soal-soal latihan. Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan dan menyediakan soal-soal latihan untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka yang dapat diunduh secara gratis.

Soal-soal latihan yang kami sediakan ini telah disusun oleh para ahli pendidikan yang berpengalaman dan kompeten. Soal-soal tersebut disusun dengan mengacu pada kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal ini juga disusun dengan memperhatikan tingkat kemampuan dan pemahaman siswa kelas 4 SD sehingga mudah dipelajari dan dikerjakan.

Pada artikel ini, Anda dapat mengunduh soal-soal latihan untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka dalam berbagai mata pelajaran. Mulai dari matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, IPS, hingga pendidikan agama. Soal-soal latihan ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah.

download soal kelas iv sd kurikulum merdeka

Soal latihan lengkap dan terbaru.

  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • Bahasa Inggris
  • IPA
  • IPS
  • Pendidikan Agama
  • PJOK
  • SBdP
  • Bahasa Daerah
  • Muatan Lokal

Gratis dan mudah diunduh.

Bahasa Indonesia

Soal-soal Bahasa Indonesia yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti membaca, menulis, tata bahasa, dan sastra.

  • Membaca Pemahaman

    Soal-soal membaca pemahaman dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait bacaan tersebut.

  • Menulis

    Soal-soal menulis dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam menulis berbagai jenis teks, seperti cerita pendek, puisi, surat, dan laporan.

  • Tata Bahasa

    Soal-soal tata bahasa dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan kaidah-kaidah tata bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

  • Sastra

    Soal-soal sastra dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami dan mengapresiasi karya sastra, seperti puisi, cerita pendek, dan novel.

Soal-soal Bahasa Indonesia yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

Matematika

Soal-soal Matematika yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti bilangan, operasi hitung, geometri, pengukuran, dan statistika.

  • Bilangan

    Soal-soal bilangan dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep bilangan, operasi hitung dasar, dan sifat-sifat bilangan.

  • Operasi Hitung

    Soal-soal operasi hitung dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam melakukan operasi hitung dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, dengan cepat dan tepat.

  • Geometri

    Soal-soal geometri dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep geometri, seperti bangun datar dan bangun ruang, serta sifat-sifatnya.

  • Pengukuran

    Soal-soal pengukuran dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam melakukan pengukuran panjang, luas, volume, dan berat menggunakan berbagai alat ukur.

Soal-soal Matematika yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

Bahasa Inggris

Soal-soal Bahasa Inggris yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti membaca, menulis, tata bahasa, dan percakapan.

  • Membaca Pemahaman

    Soal-soal membaca pemahaman dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait bacaan tersebut.

  • Menulis

    Soal-soal menulis dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam menulis berbagai jenis teks, seperti cerita pendek, puisi, surat, dan laporan, dalam Bahasa Inggris.

  • Tata Bahasa

    Soal-soal tata bahasa dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan kaidah-kaidah tata bahasa Inggris dengan baik dan benar.

  • Percakapan

    Soal-soal percakapan dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dalam situasi sehari-hari.

Soal-soal Bahasa Inggris yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

IPA

Soal-soal IPA yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti makhluk hidup dan lingkungannya, zat dan perubahannya, gaya dan gerak, serta bumi dan alam semesta.

  • Makhluk Hidup dan Lingkungannya

    Soal-soal makhluk hidup dan lingkungannya dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar kehidupan, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

  • Zat dan Perubahannya

    Soal-soal zat dan perubahannya dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar zat, sifat-sifat zat, perubahan zat, dan reaksi kimia.

  • Gaya dan Gerak

    Soal-soal gaya dan gerak dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar gaya, gerak, hukum Newton, dan aplikasi gaya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Bumi dan Alam Semesta

    Soal-soal bumi dan alam semesta dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar bumi, tata surya, galaksi, dan alam semesta.

Soal-soal IPA yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

IPS

Soal-soal IPS yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti sejarah, geografi, ekonomi, dan sosial budaya.

  • Sejarah

    Soal-soal sejarah dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar sejarah, peristiwa-peristiwa sejarah, dan tokoh-tokoh sejarah Indonesia dan dunia.

  • Geografi

    Soal-soal geografi dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar geografi, kenampakan alam, dan peta.

  • Ekonomi

    Soal-soal ekonomi dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar ekonomi, kegiatan ekonomi, dan masalah-masalah ekonomi.

  • Sosial Budaya

    Soal-soal sosial budaya dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar sosial budaya, keberagaman budaya, dan nilai-nilai sosial budaya.

Soal-soal IPS yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

Pendidikan Agama

Soal-soal Pendidikan Agama yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti akidah, akhlak, dan ibadah, sesuai dengan agama yang dianut oleh siswa.

Soal-soal akidah dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar akidah, seperti keimanan kepada Allah SWT, malaikat, kitab-kitab suci, rasul-rasul, hari akhir, dan qada dan qadar. Soal-soal akhlak dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar akhlak, seperti kejujuran, amanah, tanggung jawab, disiplin, dan tolong-menolong. Soal-soal ibadah dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami tata cara ibadah, seperti shalat, puasa, zakat, dan haji.

Soal-soal Pendidikan Agama yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

Selain soal-soal tersebut, portal ini juga menyediakan berbagai materi pembelajaran Pendidikan Agama lainnya, seperti materi ajar, buku elektronik, dan video pembelajaran. Materi-materi tersebut dapat digunakan oleh siswa untuk belajar mandiri di rumah atau sebagai bahan pelengkap pembelajaran di sekolah.

PJOK

Soal-soal PJOK yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti permainan dan olahraga, kesehatan, dan kebugaran jasmani.

  • Permainan dan Olahraga

    Soal-soal permainan dan olahraga dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar permainan dan olahraga, serta keterampilan bermain berbagai jenis permainan dan olahraga.

  • Kesehatan

    Soal-soal kesehatan dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar kesehatan, menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain, serta pencegahan penyakit.

  • Kebugaran Jasmani

    Soal-soal kebugaran jasmani dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar kebugaran jasmani, melakukan berbagai macam latihan kebugaran jasmani, dan mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa.

Soal-soal PJOK yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

SBdP

Soal-soal SBdP yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni drama.

  • Seni Rupa

    Soal-soal seni rupa dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar seni rupa, berbagai teknik seni rupa, dan鑑賞 seni rupa.

  • Seni Musik

    Soal-soal seni musik dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar seni musik, berbagai jenis musik, dan memainkan alat musik.

  • Seni Tari

    Soal-soal seni tari dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar seni tari, berbagai jenis tari, dan koreografi tari.

  • Seni Drama

    Soal-soal seni drama dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar seni drama, berbagai jenis drama, dan teknik bermain drama.

Soal-soal SBdP yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

Bahasa Daerah

Soal-soal Bahasa Daerah yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran, seperti membaca, menulis, tata bahasa, dan sastra daerah.

Soal-soal membaca pemahaman dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan berbahasa daerah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait bacaan tersebut. Soal-soal menulis dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam menulis berbagai jenis teks, seperti cerita pendek, puisi, surat, dan laporan, dalam bahasa daerah. Soal-soal tata bahasa dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan kaidah-kaidah tata bahasa daerah dengan baik dan benar. Soal-soal sastra daerah dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami dan mengapresiasi karya sastra daerah, seperti cerita rakyat, puisi daerah, dan pantun.

Soal-soal Bahasa Daerah yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

Selain soal-soal tersebut, portal ini juga menyediakan berbagai materi pembelajaran Bahasa Daerah lainnya, seperti materi ajar, buku elektronik, dan video pembelajaran. Materi-materi tersebut dapat digunakan oleh siswa untuk belajar mandiri di rumah atau sebagai bahan pelengkap pembelajaran di sekolah.

Muatan Lokal

Soal-soal Muatan Lokal yang tersedia pada portal ini telah disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang saat ini berlaku di Indonesia. Soal-soal tersebut meliputi berbagai materi pelajaran yang disesuaikan dengan kekhasan daerah setempat, seperti adat istiadat, budaya, bahasa daerah, dan kesenian daerah.

  • Adat Istiadat dan Budaya Daerah

    Soal-soal adat istiadat dan budaya daerah dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami adat istiadat dan budaya daerah setempat, serta menghargai keberagaman adat istiadat dan budaya di Indonesia.

  • Bahasa Daerah

    Soal-soal bahasa daerah dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan bahasa daerah setempat, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

  • Kesenian Daerah

    Soal-soal kesenian daerah dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami dan mengapresiasi kesenian daerah setempat, seperti musik daerah, tari daerah, dan drama daerah.

  • Sejarah dan Geografi Daerah

    Soal-soal sejarah dan geografi daerah dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami sejarah dan geografi daerah setempat, serta potensi dan tantangan yang dihadapi daerah setempat.

Soal-soal Muatan Lokal yang tersedia pada portal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa di rumah atau sebagai bahan latihan di sekolah. Soal-soal tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan persiapan siswa untuk menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kurikulum merdeka kelas 4 SD:

Question 1: Apa itu RPP?
RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar.

Question 2: Apa saja komponen RPP?
Komponen RPP meliputi:
a. Tujuan pembelajaran
b. Kompetensi dasar
c. Indikator pencapaian kompetensi
d. Materi pembelajaran
e. Metode pembelajaran
f. Media pembelajaran
g. Langkah-langkah pembelajaran
h. Penilaian pembelajaran

Question 3: Bagaimana cara menyusun RPP?
RPP disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
a. Berpusat pada peserta didik
b. Aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan
c. Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik
d. Sesuai dengan perkembangan fisik dan心理 peserta didik
e. Berorientasi pada pencapaian kompetensi

Question 4: Siapa saja yang terlibat dalam penyusunan RPP?
Penyusunan RPP melibatkan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

Question 5: Bagaimana cara menggunakan RPP?
RPP digunakan sebagai acuan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Question 6: Bagaimana cara mengevaluasi RPP?
RPP dievaluasi oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk memastikan bahwa RPP tersebut telah disusun dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Question 7: Di mana saya bisa mendapatkan contoh RPP kurikulum merdeka kelas 4 SD?
Anda bisa mendapatkan contoh RPP kurikulum merdeka kelas 4 SD di portal resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP kurikulum merdeka kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Selain memahami tentang RPP, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk menyusun RPP yang baik. Tips-tips tersebut akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyusun RPP kurikulum merdeka kelas 4 SD yang baik:

1. Pahami Kurikulum Merdeka
Sebelum menyusun RPP, pastikan Anda memahami betul tentang Kurikulum Merdeka. Pelajari tujuan, prinsip, dan struktur Kurikulum Merdeka agar RPP yang Anda susun sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Analisis Kompetensi Dasar
Sebelum menyusun RPP, analisis terlebih dahulu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Kompetensi dasar merupakan acuan dalam menentukan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran yang tepat.

3. Gunakan Metode Pembelajaran yang Variatif
Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar kegiatan pembelajaran tidak monoton dan peserta didik tidak bosan. Metode pembelajaran yang dapat digunakan antara lain ceramah, diskusi, tanya jawab, permainan, dan lain sebagainya.

4. Siapkan Media Pembelajaran yang Menarik
Gunakan media pembelajaran yang menarik agar peserta didik lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Media pembelajaran yang dapat digunakan antara lain gambar, video, audio, dan lain sebagainya.

5. Lakukan Penilaian Secara Berkala
Lakukan penilaian secara berkala untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah menguasai materi yang diajarkan. Penilaian dapat dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, atau observasi.

Demikian beberapa tips untuk menyusun RPP kurikulum merdeka kelas 4 SD yang baik. Semoga bermanfaat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menyusun RPP yang berkualitas dan membantu peserta didik mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.

Conclusion

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas agar kegiatan pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien.

Dalam menyusun RPP, guru harus memperhatikan beberapa hal, seperti tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Selain itu, guru juga harus memahami tentang Kurikulum Merdeka dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi serta menyiapkan media pembelajaran yang menarik.

Dengan menyusun RPP yang baik, guru dapat membantu peserta didik mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. RPP yang baik juga akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, serta membuat peserta didik lebih semangat dalam belajar.

Demikian pembahasan tentang RPP kurikulum merdeka kelas 4 SD. Semoga bermanfaat bagi para guru dalam melaksanakan tugasnya.

Images References :

Check Also

juknis tata cara penulisan ijazah sd smp sma dan smk 2024

Juknis Terbaru Tata Cara Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, dan SMK 2024

Dalam rangka meningkatkan mutu dan standar pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *