Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka: Panduan Lengkap


Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka: Panduan Lengkap

Kurikulum Merdeka, sebagai pengganti kurikulum sebelumnya, memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta satuan pendidikan. Salah satu mata pelajaran yang mengalami perubahan yang cukup signifikan adalah bahasa Inggris. Pada kurikulum merdeka, bahasa Inggris diajarkan mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka. Prota Promes adalah singkatan dari Program Tahunan dan Program Semester. Jika pada kurikulum 2013, Prota Promes dibuat dalam satu dokumen yang cukup panjang, maka pada kurikulum merdeka, Prota dan Promes dipisahkan ke dalam dua dokumen yang berbeda.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas secara lebih rinci tentang Prota dan Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka, mulai dari pengertian, fungsi, langkah-langkah penyusunan, hingga contoh-contohnya.

prota promes bahasa inggris kurikulum merdeka

Panduan lengkap mata pelajaran bahasa Inggris untuk kurikulum merdeka.

  • Pengertian
  • Fungsi
  • Langkah penyusunan
  • Contoh Prota
  • Contoh Promes
  • Keterkaitan dengan RPP
  • Penilaian
  • Sumber belajar

Semua yang perlu Anda ketahui tentang prota promes bahasa inggris kurikulum merdeka ada di sini!

Pengertian

Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka adalah dua dokumen yang berisi rencana pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris selama satu tahun ajaran. Prota adalah singkatan dari Program Tahunan, sedangkan Promes adalah singkatan dari Program Semester.

  • Prota

    Prota berisi garis-garis besar rencana pembelajaran bahasa Inggris selama satu tahun ajaran. Di dalamnya tercantum kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, dan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar.

  • Promes

    Promes berisi rencana pembelajaran bahasa Inggris secara lebih rinci untuk setiap semester. Di dalamnya tercantum tema atau pokok bahasan, subtema atau sub pokok bahasan, pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.

  • Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka

    Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka adalah mata pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah-sekolah Indonesia mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA. Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris peserta didik, baik secara lisan maupun tulisan.

  • Keterkaitan Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka dengan RPP

    Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka merupakan acuan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP adalah rencana pembelajaran yang lebih rinci untuk setiap pertemuan pembelajaran.

Demikian penjelasan tentang pengertian Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Fungsi

Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Sebagai acuan dalam penyusunan RPP.
Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka merupakan acuan utama dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP adalah rencana pembelajaran yang lebih rinci untuk setiap pertemuan pembelajaran. Dengan adanya Prota Promes, guru dapat menyusun RPP yang lebih terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

2. Sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran.
Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka juga berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran. Guru dapat menggunakan Prota Promes untuk mengetahui materi apa saja yang akan diajarkan, metode pembelajaran yang akan digunakan, dan penilaian yang akan dilakukan.

3. Sebagai alat monitoring dan evaluasi pembelajaran.
Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka dapat digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi pembelajaran. Dengan adanya Prota Promes, kepala sekolah dan pengawas dapat memantau pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Selain itu, Prota Promes juga dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran bahasa Inggris.

4. Sebagai bahan pengembangan kurikulum.
Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka dapat digunakan sebagai bahan pengembangan kurikulum. Jika ditemukan kekurangan atau ketidaksesuaian dalam Prota Promes, maka dapat dilakukan perbaikan atau pengembangan kurikulum.

Demikian penjelasan tentang fungsi Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Langkah penyusunan

Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka dapat disusun dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Memahami kurikulum.
Langkah pertama dalam menyusun Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka adalah memahami kurikulum. Guru perlu mempelajari dokumen kurikulum, termasuk kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, dan alokasi waktu.

2. Menentukan tema dan subtema.
Setelah memahami kurikulum, guru dapat menentukan tema dan subtema untuk setiap semester. Tema dan subtema harus dipilih dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik dan lingkungan belajar.

3. Mengembangkan pembelajaran.
Langkah selanjutnya adalah mengembangkan pembelajaran untuk setiap tema dan subtema. Pembelajaran harus dirancang dengan mempertimbangkan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, dan alokasi waktu.

4. Menentukan penilaian.
Guru juga perlu menentukan penilaian untuk setiap pembelajaran. Penilaian harus dirancang dengan mempertimbangkan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran.

5. Menyusun Prota dan Promes.
Setelah semua langkah di atas selesai, guru dapat menyusun Prota dan Promes. Prota berisi garis-garis besar rencana pembelajaran selama satu tahun ajaran, sedangkan Promes berisi rencana pembelajaran secara lebih rinci untuk setiap semester.

Demikian penjelasan tentang langkah-langkah penyusunan Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Contoh Prota

Berikut ini adalah contoh Prota Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka untuk kelas 7 SMP:

  • Semester 1

    Tema: Myself and My Surroundings
    Subtema: Personal Identity, Family and Friends, My School, My Neighborhood

  • Semester 2

    Tema: The World Around Me
    Subtema: The Natural World, The Built Environment, The Cultural World, The Global Community

Setiap tema dan subtema dalam Prota dijabarkan lebih rinci dalam Promes. Promes berisi rencana pembelajaran untuk setiap pertemuan pembelajaran, termasuk pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.

Contoh Promes

Berikut ini adalah contoh Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka untuk kelas 7 SMP, tema Myself and My Surroundings, subtema Personal Identity:

  • Pertemuan 1

    Pembelajaran: Greetings and Introductions
    Kegiatan Pembelajaran: Listening to and practicing greetings, introducing yourself and others
    Penilaian: Observing students’ performance in listening and speaking activities
    Sumber Belajar: Textbook, audio recordings, flashcards

  • Pertemuan 2

    Pembelajaran: Describing Physical Appearance
    Kegiatan Pembelajaran: Describing physical appearance using adjectives, playing a game of “Guess Who”
    Penilaian: Assessing students’ ability to describe physical appearance
    Sumber Belajar: Textbook,镜子,图片

  • Pertemuan 3

    Pembelajaran: Talking About Likes and Dislikes
    Kegiatan Pembelajaran: Discussing likes and dislikes, creating a Venn diagram of likes and dislikes
    Penilaian: Evaluating students’ ability to talk about likes and dislikes
    Sumber Belajar: Textbook,图片,实物

  • Pertemuan 4

    Pembelajaran: Writing a Personal Paragraph
    Kegiatan Pembelajaran: Brainstorming ideas for a personal paragraph, writing a draft of a personal paragraph, revising and editing the paragraph
    Penilaian: Assessing students’ ability to write a personal paragraph
    Sumber Belajar: Textbook,电脑,互联网

Demikian contoh Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka untuk kelas 7 SMP. Promes dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta satuan pendidikan.

Keterkaitan dengan RPP

Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka memiliki keterkaitan yang erat dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP adalah rencana pembelajaran yang lebih rinci untuk setiap pertemuan pembelajaran.

  • Prota Promes sebagai acuan penyusunan RPP

    Prota Promes digunakan sebagai acuan dalam penyusunan RPP. Guru dapat melihat tema, subtema, pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar yang telah ditetapkan dalam Prota Promes.

  • RPP sebagai penjabaran Prota Promes

    RPP merupakan penjabaran lebih rinci dari Prota Promes. Di dalam RPP, guru dapat menambahkan informasi lebih detail tentang tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan alat peraga yang akan digunakan.

  • Prota Promes dan RPP harus sinkron

    Prota Promes dan RPP harus sinkron. Artinya, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam RPP harus sesuai dengan tema, subtema, pembelajaran, dan penilaian yang telah ditetapkan dalam Prota Promes.

  • Prota Promes dan RPP harus fleksibel

    Prota Promes dan RPP harus fleksibel. Artinya, Prota Promes dan RPP dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta satuan pendidikan.

Demikian penjelasan tentang keterkaitan Prota Promes Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka dengan RPP. Semoga bermanfaat!

Penilaian

Penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum Merdeka menekankan pada penilaian autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan dengan menggunakan tugas-tugas yang mencerminkan keterampilan berbahasa Inggris peserta didik dalam kehidupan nyata.

  • Jenis penilaian

    Dalam pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum Merdeka, ada beberapa jenis penilaian yang dapat digunakan, antara lain:

    • Penilaian sikap
    • Penilaian pengetahuan
    • Penilaian keterampilan
  • Teknik penilaian

    Ada berbagai teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan berbahasa Inggris peserta didik, antara lain:

    • Observasi
    • Wawancara
    • Tes tertulis
    • Tes lisan
    • Penugasan
    • Portofolio
  • Prosedur penilaian

    Prosedur penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum Merdeka meliputi:

    • Perencanaan penilaian
    • Pelaksanaan penilaian
    • Pengolahan hasil penilaian
    • Pelaporan hasil penilaian
  • Manfaat penilaian

    Penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum Merdeka memiliki beberapa manfaat, antara lain:

    • Mengetahui kemajuan belajar peserta didik
    • Memberikan umpan balik kepada peserta didik
    • Memperbaiki proses pembelajaran
    • Menyeleksi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya

Demikian penjelasan tentang penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Sumber belajar

Dalam pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum merdeka banyak sekali sumber yang bisa kita gunakan mulai dari buku hingga media daring berbasis internet yang bisa kita gunakan untuk membantu pembelajaran dalam kelas praktiknya nanti.
.
Berikuti beberapa sumber belajar yang dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum merdeka :

Selain itu masih sangat banyak sekali sumber belajar bisa kita dapatkan di dunia digital ini sehingga kita bisa menambahkan referensi sendiri dari semua referensi yang telah disediakan atau dibagikan disini.
.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran):

Question 1: Apa itu RPP?
RPP adalah rencana pembelajaran yang disusun oleh guru untuk setiap pertemuan pembelajaran.

Question 2: Apa fungsi RPP?
RPP berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Question 3: Apa saja komponen RPP?
Komponen RPP meliputi: tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.

Question 4: Bagaimana cara menyusun RPP?
RPP dapat disusun dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Menganalisis kurikulum
  2. Menentukan tujuan pembelajaran
  3. Memilih materi pembelajaran
  4. Mengembangkan kegiatan pembelajaran
  5. Menyusun penilaian
  6. Menentukan sumber belajar

Question 5: Kapan RPP harus disusun?
RPP harus disusun sebelum guru melaksanakan pembelajaran.

Question 6: Siapa yang menyusun RPP?
RPP disusun oleh guru mata pelajaran.

Question 7: Bagaimana cara menggunakan RPP?
RPP digunakan oleh guru untuk melaksanakan pembelajaran.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP. Semoga bermanfaat!

Selain memahami tentang RPP, guru juga perlu mengetahui tips-tips dalam membuat RPP yang efektif. Tips-tips tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat RPP yang efektif:

1. Pahami kurikulum dan tujuan pembelajaran
Sebelum menyusun RPP, guru harus memahami kurikulum dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

2. Pilih materi pembelajaran yang tepat
Materi pembelajaran harus dipilih dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan lingkungan belajar.

3. Kembangkan kegiatan pembelajaran yang bervariasi
Kegiatan pembelajaran harus bervariasi agar peserta didik tidak merasa bosan. Kegiatan pembelajaran dapat berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, permainan, dan lain-lain.

4. Susun penilaian yang sesuai
Penilaian harus disusun dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Penilaian dapat berupa tes tertulis, tes lisan, pengamatan, dan lain-lain.

5. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami
RPP harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh guru dan peserta didik.

Demikian beberapa tips dalam membuat RPP yang efektif. Semoga bermanfaat!

Dengan mengikuti tips-tips di atas, guru dapat menyusun RPP yang berkualitas dan membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

Kesimpulan

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. RPP berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dengan adanya RPP, guru dapat melaksanakan pembelajaran secara terarah dan efektif.

Dalam menyusun RPP, guru perlu memperhatikan beberapa hal, seperti tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar. Guru juga perlu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Dengan mengikuti tips-tips dalam membuat RPP yang efektif, guru dapat menyusun RPP yang berkualitas dan membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

Demikian pembahasan tentang RPP. Semoga bermanfaat!

Images References :

Check Also

juknis tata cara penulisan ijazah sd smp sma dan smk 2024

Juknis Terbaru Tata Cara Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, dan SMK 2024

Dalam rangka meningkatkan mutu dan standar pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *