RPP Daring Biologi Kelas 11 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa


RPP Daring Biologi Kelas 11 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

RPP Daring Biologi Kelas 11 merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat khusus untuk kegiatan belajar mengajar daring. RPP ini dirancang untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dengan menggunakan RPP Daring Biologi Kelas 11, guru dapat menyampaikan materi pelajaran dengan lebih jelas dan siswa dapat lebih mudah memahami materi tersebut.

RPP Daring Biologi Kelas 11 ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. Materi pelajaran yang disajikan dalam RPP ini meliputi: Struktur dan Fungsi Sel, Genetika, Bioteknologi, Ekologi, dan Evolusi. Setiap materi pelajaran dijabarkan secara rinci sehingga memudahkan guru dan siswa dalam memahami dan mempelajarinya.

Untuk memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring, RPP Daring Biologi Kelas 11 ini dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Fitur-fitur tersebut antara lain: video pembelajaran, animasi, simulasi, dan lembar kerja siswa. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, siswa dapat belajar dengan lebih interaktif dan menyenangkan.

rpp daring biologi kelas 11

RPP daring biologi kelas 11 dirancang untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring secara efektif dan efisien.

  • Materi pelajaran lengkap
  • Sesuai Kurikulum 2013
  • Dilengkapi fitur pendukung
  • Pembelajaran interaktif
  • Menyenangkan bagi siswa
  • Mudah dipahami
  • Meningkatkan hasil belajar

Dengan menggunakan RPP daring biologi kelas 11, guru dan siswa dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan lebih efektif dan efisien. Siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Materi pelajaran lengkap

RPP daring biologi kelas 11 menyajikan materi pelajaran yang lengkap sesuai dengan Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. Materi pelajaran tersebut meliputi:

  • Struktur dan Fungsi Sel

    Siswa akan mempelajari tentang struktur dan fungsi sel, serta berbagai jenis sel yang ada di dalam tubuh makhluk hidup.

  • Genetika

    Siswa akan mempelajari tentang pewarisan sifat, gen, kromosom, dan DNA. Siswa juga akan belajar tentang mutasi dan rekayasa genetika.

  • Bioteknologi

    Siswa akan mempelajari tentang pemanfaatan mikroorganisme dan sel hidup lainnya untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi manusia. Siswa juga akan belajar tentang dampak bioteknologi terhadap lingkungan dan kesehatan.

  • Ekologi

    Siswa akan mempelajari tentang interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Siswa juga akan belajar tentang ekosistem, rantai makanan, jaring makanan, dan perubahan iklim.

  • Evolusi

    Siswa akan mempelajari tentang teori evolusi Darwin, mekanisme evolusi, dan bukti-bukti evolusi. Siswa juga akan belajar tentang dampak evolusi terhadap kehidupan di Bumi.

Dengan materi pelajaran yang lengkap, RPP daring biologi kelas 11 dapat membantu siswa dalam memahami berbagai konsep biologi dengan lebih baik. Siswa juga dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas tentang dunia biologi di sekitar mereka.

Sesuai Kurikulum 2013

RPP daring biologi kelas 11 disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan siswa. Kurikulum ini dirancang untuk membantu siswa dalam menghadapi tantangan global dan perkembangan zaman.

  • Kompetensi Inti

    RPP daring biologi kelas 11 memuat kompetensi inti yang harus dikuasai oleh siswa. Kompetensi inti ini meliputi: (1) memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata; (2) mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan; (3) menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam rangka pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menunjukkan sikap bertanggung jawab, dan (4) menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap terpuji dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

  • Kompetensi Dasar

    RPP daring biologi kelas 11 juga memuat kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Kompetensi dasar ini merupakan penjabaran dari kompetensi inti. Kompetensi dasar biologi kelas 11 meliputi:

    • Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel.
    • Menganalisis mekanisme pewarisan sifat.
    • Menerapkan konsep bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.
    • Menganalisis interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
    • Mendeskripsikan mekanisme evolusi.
  • Indikator Pencapaian Kompetensi

    RPP daring biologi kelas 11 juga memuat indikator pencapaian kompetensi. Indikator pencapaian kompetensi ini merupakan acuan untuk menilai ketercapaian kompetensi dasar. Indikator pencapaian kompetensi biologi kelas 11 meliputi:

    • Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan struktur sel.
    • Siswa dapat menjelaskan fungsi sel.
    • Siswa dapat menganalisis mekanisme pewarisan sifat.
    • Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis bioteknologi.
    • Siswa dapat menganalisis dampak bioteknologi terhadap lingkungan dan kesehatan.
    • Siswa dapat menganalisis interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
    • Siswa dapat menjelaskan mekanisme evolusi.
    • Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan bukti-bukti evolusi.
  • Materi Pembelajaran

    RPP daring biologi kelas 11 memuat materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran biologi kelas 11 meliputi:

    • Struktur dan Fungsi Sel
    • Genetika
    • Bioteknologi
    • Ekologi
    • Evolusi

Dengan demikian, RPP daring biologi kelas 11 dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Kurikulum 2013.

Dilengkapi fitur pendukung

RPP daring biologi kelas 11 dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung yang dapat membantu guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring secara efektif dan efisien. Fitur-fitur pendukung tersebut meliputi:

1. Video pembelajaran
Video pembelajaran merupakan salah satu fitur pendukung yang sangat penting dalam RPP daring biologi kelas 11. Video pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan. Melalui video pembelajaran, siswa dapat melihat dan mendengar langsung penjelasan guru tentang materi pelajaran. Selain itu, video pembelajaran juga dapat dilengkapi dengan animasi dan simulasi yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak.

2. Animasi dan simulasi
Animasi dan simulasi merupakan fitur pendukung lainnya yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Animasi dapat digunakan untuk menjelaskan proses-proses yang kompleks, sedangkan simulasi dapat digunakan untuk memungkinkan siswa untuk bereksperimen dengan berbagai variabel dan melihat hasilnya secara langsung. Dengan demikian, animasi dan simulasi dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mendalam.

3. Lembar kerja siswa
Lembar kerja siswa merupakan fitur pendukung yang penting untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Lembar kerja siswa dapat berupa pertanyaan-pertanyaan, tugas, atau aktivitas yang harus diselesaikan oleh siswa. Dengan mengerjakan lembar kerja siswa, siswa dapat mengetahui sejauh mana mereka telah memahami materi pelajaran dan guru dapat memberikan umpan balik yang tepat.

4. Forum diskusi
Forum diskusi merupakan fitur pendukung yang penting untuk mendorong interaksi antara siswa dan guru. Melalui forum diskusi, siswa dapat bertanya tentang materi pelajaran yang tidak mereka mengerti dan guru dapat memberikan jawaban dan penjelasan tambahan. Selain itu, forum diskusi juga dapat digunakan untuk diskusi kelompok dan berbagi ide antar siswa.

Dengan adanya fitur-fitur pendukung tersebut, RPP daring biologi kelas 11 dapat membantu guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring secara efektif dan efisien. Siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan, sedangkan guru dapat memberikan pengajaran yang lebih berkualitas.

Pembelajaran interaktif

RPP daring biologi kelas 11 dirancang untuk mendukung pembelajaran interaktif. Pembelajaran interaktif merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga terlibat dalam berbagai aktivitas yang dapat membantu mereka dalam memahami materi pelajaran.

  • Diskusi kelompok

    Diskusi kelompok merupakan salah satu metode pembelajaran interaktif yang dapat diterapkan dalam RPP daring biologi kelas 11. Dalam diskusi kelompok, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan diberi tugas untuk membahas materi pelajaran tertentu. Setiap kelompok kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat belajar untuk bekerja sama, berbagi ide, dan berpikir kritis.

  • Studi kasus

    Studi kasus merupakan metode pembelajaran interaktif lainnya yang dapat diterapkan dalam RPP daring biologi kelas 11. Dalam studi kasus, siswa diberi sebuah kasus atau permasalahan yang terkait dengan materi pelajaran. Siswa kemudian diminta untuk menganalisis kasus tersebut dan mencari solusinya. Dengan studi kasus, siswa dapat belajar untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi nyata dan berpikir kreatif.

  • Simulasi

    Simulasi merupakan metode pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak. Dalam simulasi, siswa diminta untuk berperan sebagai karakter tertentu dan mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diberikan. Dengan simulasi, siswa dapat belajar untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam situasi yang berbeda-beda.

  • Permainan edukatif

    Permainan edukatif merupakan metode pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik. Dalam permainan edukatif, siswa belajar sambil bermain. Dengan permainan edukatif, siswa dapat belajar untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, dan bekerja sama.

Dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran interaktif, RPP daring biologi kelas 11 dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan. Siswa juga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama.

Menyenangkan bagi siswa

RPP daring biologi kelas 11 dirancang untuk membuat pembelajaran biologi menjadi menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat dan memahami materi pelajaran dengan lebih mudah.

  • Metode pembelajaran interaktif

    RPP daring biologi kelas 11 menggunakan berbagai metode pembelajaran interaktif yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa. Metode pembelajaran interaktif tersebut antara lain diskusi kelompok, studi kasus, simulasi, dan permainan edukatif. Dengan metode pembelajaran interaktif, siswa dapat belajar sambil bermain dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama.

  • Media pembelajaran yang menarik

    RPP daring biologi kelas 11 menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa. Media pembelajaran tersebut antara lain video pembelajaran, animasi, simulasi, dan infografis. Dengan media pembelajaran yang menarik, siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • Penilaian yang bermakna

    RPP daring biologi kelas 11 menggunakan penilaian yang bermakna untuk menilai hasil belajar siswa. Penilaian yang bermakna adalah penilaian yang menilai keterampilan dan pengetahuan siswa yang sebenarnya. Dengan penilaian yang bermakna, siswa dapat termotivasi untuk belajar lebih giat dan memahami materi pelajaran dengan lebih mudah.

  • Pembelajaran yang berpusat pada siswa

    RPP daring biologi kelas 11 dirancang untuk berpusat pada siswa. Pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat perhatian. Dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar mereka masing-masing.

Dengan menerapkan berbagai hal tersebut, RPP daring biologi kelas 11 dapat membuat pembelajaran biologi menjadi menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat dan memahami materi pelajaran dengan lebih mudah.

Mudah dipahami

RPP daring biologi kelas 11 dirancang untuk membuat materi pelajaran biologi mudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • Bahasa yang sederhana dan jelas

    RPP daring biologi kelas 11 menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas sehingga mudah dipahami oleh siswa. Istilah-istilah ilmiah yang sulit dijelaskan dengan bahasa yang sederhana sehingga siswa dapat mengerti.

  • Struktur materi pelajaran yang sistematis

    RPP daring biologi kelas 11 menyusun materi pelajaran secara sistematis sehingga mudah diikuti oleh siswa. Materi pelajaran dibagi menjadi beberapa bab dan sub-bab yang saling berhubungan. Dengan demikian, siswa dapat memahami materi pelajaran secara menyeluruh.

  • Contoh-contoh dan ilustrasi yang menarik

    RPP daring biologi kelas 11 menggunakan berbagai contoh dan ilustrasi yang menarik untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. Contoh-contoh dan ilustrasi tersebut dapat berupa gambar, diagram, grafik, atau video. Dengan contoh-contoh dan ilustrasi yang menarik, siswa dapat memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • Latihan soal dan umpan balik

    RPP daring biologi kelas 11 menyediakan latihan soal dan umpan balik untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. Latihan soal dapat berupa pertanyaan pilihan ganda, pertanyaan uraian, atau soal-soal pemecahan masalah. Umpan balik diberikan untuk membantu siswa mengetahui jawaban yang benar dan memperbaiki kesalahan mereka.

Dengan menerapkan berbagai hal tersebut, RPP daring biologi kelas 11 dapat membuat materi pelajaran biologi mudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Meningkatkan hasil belajar

RPP daring biologi kelas 11 dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan RPP ini, siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

  • Metode pembelajaran yang efektif

    RPP daring biologi kelas 11 menggunakan berbagai metode pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. Metode pembelajaran tersebut antara lain metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Dengan metode pembelajaran yang efektif, siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan mencapai hasil belajar yang lebih baik.

  • Media pembelajaran yang menarik

    RPP daring biologi kelas 11 menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. Media pembelajaran tersebut antara lain buku teks, modul, video pembelajaran, animasi, simulasi, dan infografis. Dengan media pembelajaran yang menarik, siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

  • Penilaian yang bermakna

    RPP daring biologi kelas 11 menggunakan penilaian yang bermakna untuk menilai hasil belajar siswa. Penilaian yang bermakna adalah penilaian yang menilai keterampilan dan pengetahuan siswa yang sebenarnya. Dengan penilaian yang bermakna, siswa dapat termotivasi untuk belajar lebih giat dan mencapai hasil belajar yang lebih baik.

  • Pembelajaran yang berpusat pada siswa

    RPP daring biologi kelas 11 dirancang untuk berpusat pada siswa. Pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat perhatian. Dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar mereka masing-masing sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Dengan menerapkan berbagai hal tersebut, RPP daring biologi kelas 11 dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar mereka. Siswa dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP:

Pertanyaan 1: Apa itu RPP?
Jawaban: RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah dokumen yang berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru dalam satu pertemuan atau lebih.

Pertanyaan 2: Apa saja komponen RPP?
Jawaban: Komponen RPP meliputi:

  • Tujuan pembelajaran
  • Materi pembelajaran
  • Metode pembelajaran
  • Media pembelajaran
  • Penilaian pembelajaran

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membuat RPP?
Jawaban: Untuk membuat RPP, guru dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Menetapkan tujuan pembelajaran.
  2. Menentukan materi pembelajaran.
  3. Memilih metode pembelajaran yang tepat.
  4. Menyiapkan media pembelajaran yang dibutuhkan.
  5. Mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran.

Pertanyaan 4: Apa saja jenis-jenis RPP?
Jawaban: RPP dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • RPP tematik
  • RPP berbasis masalah
  • RPP berbasis proyek
  • RPP berbasis portofolio

Pertanyaan 5: Apa saja manfaat menggunakan RPP?
Jawaban: Manfaat menggunakan RPP antara lain:

  • Membantu guru dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik.
  • Membuat pembelajaran menjadi lebih terarah dan sistematis.
  • Memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
  • Membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah.
  • Meningkatkan hasil belajar siswa.

Pertanyaan 6: Di mana saya bisa mendapatkan contoh RPP?
Jawaban: Contoh RPP dapat ditemukan di berbagai sumber, seperti internet, buku, atau jurnal pendidikan.

Pertanyaan 7: Apakah RPP wajib digunakan oleh guru?
Jawaban: Ya, RPP wajib digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. RPP merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh guru.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP. Semoga bermanfaat.

Selain FAQ di atas, berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat RPP yang baik:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat RPP yang baik:

1. Pahami tujuan pembelajaran dengan baik.
Sebelum membuat RPP, pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan pembelajaran harus jelas, terukur, dan dapat dicapai.

2. Pilih materi pembelajaran yang relevan dan menarik.
Pilih materi pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Pastikan materi pembelajaran tersebut menarik dan menantang bagi siswa.

3. Pilih metode pembelajaran yang tepat.
Pilih metode pembelajaran yang paling tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran dan sesuai dengan karakteristik siswa. Ada berbagai metode pembelajaran yang dapat dipilih, seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.

4. Siapkan media pembelajaran yang menarik.
Gunakan media pembelajaran yang menarik untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah. Media pembelajaran dapat berupa gambar, diagram, grafik, video, dan lain-lain.

5. Kembangkan instrumen penilaian pembelajaran yang valid dan reliabel.
Instrumen penilaian pembelajaran harus valid, yaitu mampu mengukur apa yang seharusnya diukur, dan reliabel, yaitu memberikan hasil yang konsisten. Instrumen penilaian pembelajaran dapat berupa tes tertulis, tes lisan, atau penilaian kinerja.

Demikian beberapa tips untuk membuat RPP yang baik. Semoga bermanfaat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat RPP yang berkualitas baik dan membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Kesimpulan

RPP merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. RPP berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru dalam satu pertemuan atau lebih. RPP yang baik dapat membantu guru dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, membuat pembelajaran menjadi lebih terarah dan sistematis, memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah, dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Dalam membuat RPP, guru harus memahami tujuan pembelajaran dengan baik, memilih materi pembelajaran yang relevan dan menarik, memilih metode pembelajaran yang tepat, menyiapkan media pembelajaran yang menarik, dan mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran yang valid dan reliabel.

Dengan mengikuti tips-tips dalam membuat RPP yang baik, guru dapat menghasilkan RPP yang berkualitas dan membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Demikian pembahasan tentang RPP. Semoga bermanfaat.

Images References :

Check Also

juknis tata cara penulisan ijazah sd smp sma dan smk 2024

Juknis Terbaru Tata Cara Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, dan SMK 2024

Dalam rangka meningkatkan mutu dan standar pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *