RPP Daring IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi: Panduan Mudah untuk Guru


RPP Daring IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi: Panduan Mudah untuk Guru

Di era digital ini, pembelajaran daring menjadi semakin populer. Guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satu materi yang dapat dipelajari secara daring adalah IPS untuk kelas 7 kurikulum 2013 revisi.

RPP daring IPS kelas 7 kurikulum 2013 revisi merupakan rencana pembelajaran yang disusun khusus untuk pembelajaran daring. RPP ini berisi langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur dan sistematis, serta dilengkapi dengan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran yang menarik. Dengan menggunakan RPP daring IPS kelas 7 kurikulum 2013 revisi, guru dapat menyampaikan materi pelajaran dengan lebih efektif dan efisien.

Pada artikel ini, kami akan membahas secara rinci mengenai RPP daring IPS kelas 7 kurikulum 2013 revisi. Kami akan membahas tentang pengertian RPP daring, manfaat RPP daring, struktur RPP daring, dan contoh RPP daring IPS kelas 7 kurikulum 2013 revisi.

rpp daring ips kelas 7 k13 revisi

Pembelajaran daring yang efektif dan efisien.

  • Struktur sistematis dan terstruktur.
  • Dilengkapi sumber belajar menarik.
  • Media pembelajaran interaktif.
  • Langkah pembelajaran jelas.
  • Penilaian autentik.
  • Umpan balik tepat waktu.
  • Kolaborasi guru dan siswa.
  • Evaluasi pembelajaran berkelanjutan.

RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mengembangkan keterampilan abad ke-21.

Struktur sistematis dan terstruktur.

RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi memiliki struktur yang sistematis dan terstruktur. Struktur ini memudahkan guru dan siswa dalam memahami dan melaksanakan proses pembelajaran.

  • Pendahuluan

    Bagian pendahuluan berisi kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, dan materi pokok.

  • Kegiatan Inti

    Bagian kegiatan inti berisi langkah-langkah pembelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran ini disusun secara sistematis dan terstruktur.

  • Penutup

    Bagian penutup berisi rangkuman materi, refleksi, dan tindak lanjut. Rangkuman materi berisi poin-poin penting yang telah dipelajari siswa. Refleksi berisi kegiatan siswa untuk merenungkan apa yang telah mereka pelajari. Tindak lanjut berisi kegiatan siswa untuk memperdalam materi yang telah dipelajari.

  • Penilaian

    Bagian penilaian berisi teknik dan instrumen penilaian yang akan digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi siswa. Teknik penilaian yang digunakan dapat berupa tes tertulis, tes lisan, atau penilaian kinerja. Instrumen penilaian yang digunakan dapat berupa lembar kerja siswa, lembar observasi, atau rubrik.

Struktur RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi yang sistematis dan terstruktur ini memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran daring yang efektif dan efisien.

Dilengkapi sumber belajar menarik.

RPP daring IPS kelas 7 k13Reproduçãoi dilengkapi dengan sumber belajar yang menarik dan beragam. Sumber belajar ini berfungsi untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran. Sumber belajar yang digunakan dalam RPP daring IPS kelas 7 k13Reproduçãoi dapat bermacam-macam, antara lain:

1. Buku teks dan modul pembelajaran
Buku teks dan modul pembelajaran merupakan sumber belajar utama dalam RPP daring IPS kelas 7 k13Reproduçãoi. Buku teks dan modul pembelajaran ini memuat materi pelajaran yang harus dipelajari siswa. Buku teks dan modul pembelajaran ini ditulis secara menarik dan mudah untuk siswa.

2. Media pembelajaran interaktif
Media pembelajaran interaktif merupakan sumber belajar yang menarik dan efektif untuk digunakan dalam RPP daring IPS kelas 7 k13Reproduçãoi. Media pembelajaran interaktif dapat bermacam-macam, antara lain video pembelajaran, animasi, sim$^{u}$lasi, dan game edukatif. Media pembelajaran interaktif ini dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

3. Sumber belajar daring
Sumber belajar daring merupakan sumber belajar yang dapat diakses secara daring melalui internet. Sumber belajar daring ini dapat bermacam-macam, antara lain situs web, blog, dan aplikasi pembelajaran daring. Sumber belajar daring ini dapat membantu siswa dalam mengakses materi pelajaran kapan saja dan di mana saja.

4. Sumber belajar berbasis proyek
Sumber belajar berbasis proyek merupakan sumber belajar yang berpusat pada proyek. Sumber belajar berbasis proyek ini dapat bermacam-macam, antara lain tugas proyek, eksperimen, dan studi kasus. Sumber belajar berbasis proyek ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kerja sama.

Sumber belajar yang menarik dan beragam dalam RPP daring IPS kelas 7 k13Reproduçãoi dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Media pembelajaran interaktif.

Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu sumber belajar yang menarik dan efektif untuk digunakan dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi. Media pembelajaran interaktif dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

  • Video pembelajaran

    Video pembelajaran merupakan media pembelajaran yang menyajikan materi pelajaran dalam bentuk video. Video pembelajaran dapat dibuat oleh guru atau diambil dari sumber lain, seperti YouTube atau situs web berbagi video lainnya. Video pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • Animasi

    Animasi merupakan media pembelajaran yang menyajikan materi pelajaran dalam bentuk animasi. Animasi dapat dibuat oleh guru atau diambil dari sumber lain, seperti YouTube atau situs web berbagi video lainnya. Animasi dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • Sim$^{u}$lasi

    Sim$^{u}$lasi merupakan media pembelajaran yang menyajikan materi pelajaran dalam bentuk sim$^{u}$lasi. Sim$^{u}$lasi dapat dibuat oleh guru atau diambil dari sumber lain, seperti situs web atau aplikasi pembelajaran daring. Sim$^{u}$lasi dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • Game edukatif

    Game edukatif merupakan media pembelajaran yang menyajikan materi pelajaran dalam bentuk game. Game edukatif dapat dibuat oleh guru atau diambil dari sumber lain, seperti situs web atau aplikasi pembelajaran daring. Game edukatif dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Media pembelajaran interaktif yang menarik dan beragam dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Langkah pembelajaran jelas.

RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi memiliki langkah-langkah pembelajaran yang jelas dan terstruktur. Langkah-langkah pembelajaran ini memudahkan siswa dalam memahami dan mengikuti proses pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

  • Pendahuluan

    Pada tahap pendahuluan, guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi pokok yang akan dipelajari siswa. Guru juga dapat memberikan apersepsi untuk mengaitkan pengetahuan siswa sebelumnya dengan materi pelajaran yang akan dipelajari.

  • Inti

    Pada tahap inti, siswa melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah ditetapkan dalam RPP. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemecahan masalah. Guru juga dapat menggunakan berbagai media pembelajaran, seperti buku teks, modul pembelajaran, video pembelajaran, dan animasi.

  • Penutup

    Pada tahap penutup, guru melakukan refleksi pembelajaran dan tindak lanjut. Refleksi pembelajaran bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami materi pelajaran yang telah dipelajari. Tindak lanjut bertujuan untuk memberikan tugas atau kegiatan tambahan kepada siswa untuk memperdalam materi pelajaran yang telah dipelajari.

Langkah-langkah pembelajaran yang jelas dan terstruktur dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran daring yang efektif dan efisien.

Penilaian autentik.

RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi menggunakan penilaian autentik untuk menilai pencapaian kompetensi siswa. Penilaian autentik merupakan penilaian yang menilai kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam kehidupan nyata. Penilaian autentik dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

1. Observasi
Observasi merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Observasi dapat dilakukan oleh guru atau oleh siswa itu sendiri. Observasi dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam berkomunikasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah.

2. Portofolio
Portofolio merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengumpulkan hasil karya siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Portofolio dapat berupa tugas-tugas siswa, proyek-proyek siswa, dan hasil karya siswa lainnya. Portofolio dapat digunakan untuk menilai kreativitas siswa, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, dan perkembangan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

3. Penilaian kinerja
Penilaian kinerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan meminta siswa untuk melakukan suatu tugas atau kegiatan tertentu. Penilaian kinerja dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam melakukan sesuatu, seperti keterampilan siswa dalam berbicara, menulis, atau memecahkan masalah.

4. Jurnal
Jurnal merupakan penilaian yang dilakukan dengan meminta siswa untuk menulis jurnal tentang pengalaman belajar mereka. Jurnal dapat digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam merefleksikan pengalaman belajar mereka dan perkembangan mereka selama proses pembelajaran berlangsung.

Penilaian autentik dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang pencapaian kompetensi siswa. Penilaian autentik juga dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat dan mengembangkan keterampilan mereka.

Umpan balik tepat waktu.

RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi menyediakan umpan balik yang tepat waktu kepada siswa. Umpan balik yang tepat waktu dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan meningkatkan prestasi belajar mereka.

  • Umpan balik tertulis

    Umpan balik tertulis dapat diberikan oleh guru melalui komentar pada tugas siswa, jurnal siswa, atau portofolio siswa. Umpan balik tertulis dapat membantu siswa dalam memahami kesalahan mereka dan memperbaiki pekerjaan mereka.

  • Umpan balik lisan

    Umpan balik lisan dapat diberikan oleh guru melalui diskusi dengan siswa, baik secara langsung maupun daring. Umpan balik lisan dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan menjawab pertanyaan mereka.

  • Umpan balik sebaya

    Umpan balik sebaya dapat diberikan oleh siswa kepada siswa lainnya. Umpan balik sebaya dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan memperbaiki pekerjaan mereka.

  • Umpan balik diri sendiri

    Umpan balik diri sendiri dapat diberikan oleh siswa kepada diri mereka sendiri. Umpan balik diri sendiri dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan memperbaiki pekerjaan mereka.

Umpan balik yang tepat waktu dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, meningkatkan prestasi belajar mereka, dan mengembangkan keterampilan mereka.

Kolaborasi guru dan siswa.

RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi mendorong kolaborasi antara guru dan siswa. Kolaborasi antara guru dan siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan menyenangkan. Kolaborasi antara guru dan siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

1. Diskusi daring
Diskusi daring dapat dilakukan melalui forum diskusi daring atau melalui aplikasi pembelajaran daring lainnya. Diskusi daring dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

2. Proyek kolaboratif
Proyek kolaboratif dapat dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Proyek kolaboratif dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan kerja sama dan keterampilan memecahkan masalah mereka.

3. Presentasi kelompok
Presentasi kelompok dapat dilakukan oleh siswa secara berkelompok. Presentasi kelompok dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum dan keterampilan presentasi mereka.

4. Umpan balik sebaya
Umpan balik sebaya dapat diberikan oleh siswa kepada siswa lainnya. Umpan balik sebaya dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan memperbaiki pekerjaan mereka.

Kolaborasi antara guru dan siswa dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi dapat menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan menyenangkan. Kolaborasi antara guru dan siswa juga dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, mengembangkan keterampilan mereka, dan mencapai tujuan pembelajaran.

Evaluasi pembelajaran berkelanjutan.

RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi menggunakan evaluasi pembelajaran berkelanjutan untuk menilai pencapaian kompetensi siswa. Evaluasi pembelajaran berkelanjutan dilakukan secara berkala selama proses pembelajaran berlangsung. Evaluasi pembelajaran berkelanjutan bertujuan untuk:

  • Memantau kemajuan belajar siswa.
  • Memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka.
  • Menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa.
  • Memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.

Evaluasi pembelajaran berkelanjutan dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Penilaian harian
    Penilaian harian dapat dilakukan melalui tugas-tugas harian, kuis, atau tes formatif lainnya. Penilaian harian dapat membantu guru dalam memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka.
  • Penilaian tengah semester
    Penilaian tengah semester dapat dilakukan melalui ujian tengah semester. Penilaian tengah semester dapat membantu guru dalam menilai pencapaian kompetensi siswa pada pertengahan semester.
  • Penilaian akhir semester
    Penilaian akhir semester dapat dilakukan melalui ujian akhir semester. Penilaian akhir semester dapat membantu guru dalam menilai pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester.
  • Portofolio
    Portofolio dapat digunakan untuk menilai perkembangan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Portofolio dapat berisi tugas-tugas siswa, proyek-proyek siswa, dan hasil karya siswa lainnya.

Evaluasi pembelajaran berkelanjutan dalam RPP daring IPS kelas 7 k13 revisi dapat membantu guru dalam memantau kemajuan belajar siswa, memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka, menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa, dan memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP:

Question 1: Apa itu RPP?
RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah dokumen yang berisi rencana pembelajaran yang disusun oleh guru untuk setiap mata pelajaran dan kelas.

Question 2: Apa fungsi RPP?
RPP berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. RPP membantu guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, memilih metode pembelajaran, dan menyiapkan media pembelajaran yang tepat.

Question 3: Apa saja komponen RPP?
Komponen RPP meliputi: identitas mata pelajaran, kelas, semester, pokok bahasan, jumlah pertemuan, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar.

Question 4: Bagaimana cara menyusun RPP?
RPP dapat disusun dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Menentukan identitas mata pelajaran, kelas, semester, pokok bahasan, jumlah pertemuan, dan tujuan pembelajaran.
2. Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3. Menyiapkan penilaian yang akan digunakan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran.
4. Menyiapkan sumber belajar yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Question 5: Apa saja jenis-jenis RPP?
RPP dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:
1. RPP satu pertemuan
2. RPP tematik
3. RPP berbasis masalah
4. RPP berbasis proyek
5. RPP daring

Question 6: Apa saja manfaat menggunakan RPP?
Manfaat menggunakan RPP antara lain:
1. Membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
2. Membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
3. Meningkatkan prestasi belajar siswa.
4. Membuat pembelajaran menjadi lebih terarah dan sistematis.

Question 7: Di mana saya bisa mendapatkan contoh RPP?
Contoh RPP dapat ditemukan di berbagai sumber, seperti situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, situs web sekolah, dan buku-buku tentang RPP.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP. Semoga bermanfaat.

Selain memahami tentang RPP, penting juga bagi guru untuk mengetahui tips-tips dalam menyusun RPP yang baik. Tips-tips tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menyusun RPP yang baik:

1. Pahami Kurikulum dan Tujuan Pembelajaran
Sebelum menyusun RPP, pastikan Anda memahami kurikulum dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Hal ini akan membantu Anda dalam memilih materi pelajaran dan kegiatan pembelajaran yang tepat.

2. Pertimbangkan Karakteristik Siswa
Dalam menyusun RPP, pertimbangkan karakteristik siswa, seperti tingkat perkembangan kognitif, gaya belajar, dan minat mereka. Hal ini akan membantu Anda dalam memilih metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat.

3. Variasikan Metode dan Media Pembelajaran
Gunakan variasi metode pembelajaran dan media pembelajaran dalam RPP Anda. Hal ini akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Hindari menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang monoton.

4. Berikan Umpan Balik dan Evaluasi Pembelajaran
Sediakan waktu untuk memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka. Hal ini akan membantu siswa dalam memahami kelebihan dan kekurangan mereka, serta memotivasi mereka untuk belajar lebih giat. Lakukan juga evaluasi pembelajaran secara berkala untuk mengetahui pencapaian siswa.

5. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami
Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami dalam RPP Anda. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dipahami oleh siswa. Hal ini akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

Demikian beberapa tips dalam menyusun RPP yang baik. Semoga bermanfaat.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menyusun RPP yang efektif dan efisien. RPP yang baik akan membantu Anda dalam melaksanakan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi siswa.

Conclusion

RPP merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. RPP yang baik akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. RPP juga akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang pengertian RPP, fungsi RPP, komponen RPP, jenis-jenis RPP, manfaat menggunakan RPP, dan tips dalam menyusun RPP yang baik.

Sebagai penutup, perlu diingat bahwa RPP bukanlah sekadar dokumen tertulis. RPP harus menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru harus fleksibel dalam melaksanakan RPP dan menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan siswa.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi guru-guru dalam menyusun RPP yang baik dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.

Images References :

Check Also

juknis tata cara penulisan ijazah sd smp sma dan smk 2024

Juknis Terbaru Tata Cara Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, dan SMK 2024

Dalam rangka meningkatkan mutu dan standar pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *