RPP Daring Prakarya Kelas 9: Panduan Lengkap untuk Guru


RPP Daring Prakarya Kelas 9: Panduan Lengkap untuk Guru

RPP daring prakarya kelas 9 merupakan perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring. RPP ini berisi tentang rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan, termasuk tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Dengan adanya RPP daring prakarya kelas 9, guru dapat melaksanakan KBM secara lebih terarah dan sistematis. Guru juga dapat memantau kemajuan belajar siswa secara lebih efektif. Selain itu, RPP daring prakarya kelas 9 juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Pembelajaran prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa dalam mengolah bahan baku menjadi produk kerajinan yang bermanfaat. Pembelajaran prakarya juga bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan kerja sama siswa. Dalam pembelajaran prakarya, siswa akan belajar tentang berbagai jenis bahan baku, teknik pengolahan bahan baku, dan cara membuat produk kerajinan yang menarik. Siswa juga akan belajar tentang sejarah dan budaya kerajinan, serta tentang pentingnya kerajinan dalam kehidupan sehari-hari.

rpp daring prakarya kelas 9

10 Poin Penting:

  • Perangkat pembelajaran daring.
  • Berisi rencana pembelajaran.
  • Tujuan, materi, metode, media.
  • Penilaian pembelajaran.
  • Pelaksanaan KBM terarah.
  • Pemantauan kemajuan belajar.
  • Bahan evaluasi pembelajaran.
  • Mengembangkan pengetahuan.
  • Keterampilan, sikap siswa.
  • Kreativitas, inovasi, kerja sama.

RPP daring prakarya kelas 9 merupakan perangkat pembelajaran yang penting untuk melaksanakan KBM daring secara efektif dan efisien. Dengan adanya RPP daring prakarya kelas 9, guru dapat melaksanakan KBM secara lebih terarah, sistematis, dan terukur.

Perangkat pembelajaran daring.

Perangkat pembelajaran daring merupakan perangkat pembelajaran yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring. Perangkat pembelajaran daring ini dapat berupa rencana pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

RPP daring prakarya kelas 9 merupakan salah satu perangkat pembelajaran daring yang wajib dimiliki oleh guru untuk melaksanakan KBM daring prakarya kelas 9. RPP daring prakarya kelas 9 berisi tentang rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan, termasuk tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Dengan adanya RPP daring prakarya kelas 9, guru dapat melaksanakan KBM daring secara lebih terarah dan sistematis. Guru juga dapat memantau kemajuan belajar siswa secara lebih efektif. Selain itu, RPP daring prakarya kelas 9 juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

RPP daring prakarya kelas 9 dapat dibuat menggunakan berbagai aplikasi, seperti Microsoft Word, Google Docs, atau Canva. Guru dapat memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. RPP daring prakarya kelas 9 yang baik harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu:

  • Jelas dan mudah dipahami.
  • Mencakup semua komponen RPP.
  • Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  • Menggunakan metode pembelajaran yang tepat.
  • Memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai.
  • Memiliki sistem penilaian pembelajaran yang jelas.

Dengan memenuhi kriteria tersebut, RPP daring prakarya kelas 9 dapat menjadi perangkat pembelajaran yang efektif untuk melaksanakan KBM daring prakarya kelas 9.

Berisi rencana pembelajaran.

RPP daring prakarya kelas 9 berisi tentang rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan, termasuk:

  • Tujuan pembelajaran: Tujuan pembelajaran merupakan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah mengikuti KBM. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara jelas, terukur, dan dapat diamati.
  • Materi pembelajaran: Materi pembelajaran merupakan bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran harus dipilih dan disusun secara sistematis dan logis.
  • Metode pembelajaran: Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Metode pembelajaran harus dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.
  • Media pembelajaran: Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran dapat berupa buku, gambar, video, atau benda nyata.
  • Penilaian pembelajaran: Penilaian pembelajaran merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian pembelajaran dapat berupa penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.

Dengan adanya rencana pembelajaran yang jelas dan terstruktur, guru dapat melaksanakan KBM daring prakarya kelas 9 secara lebih efektif dan efisien. Guru juga dapat memantau kemajuan belajar siswa secara lebih mudah.

Tujuan, materi, metode, media.

Dalam RPP daring prakarya kelas 9, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran harus saling terkait dan mendukung satu sama lain. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara jelas, terukur, dan dapat diamati. Materi pembelajaran harus dipilih dan disusun secara sistematis dan logis. Metode pembelajaran harus dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Media pembelajaran harus dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran.

Berikut ini adalah beberapa contoh tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam RPP daring prakarya kelas 9:

  • Tujuan pembelajaran: Siswa dapat membuat produk kerajinan tangan dari bahan bekas.
  • Materi pembelajaran: Jenis-jenis bahan bekas yang dapat digunakan untuk membuat produk kerajinan tangan, teknik pembuatan produk kerajinan tangan dari bahan bekas, dan contoh-contoh produk kerajinan tangan dari bahan bekas.
  • Metode pembelajaran: Ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik.
  • Media pembelajaran: Gambar, video, dan benda nyata.

Dengan menggunakan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat, guru dapat melaksanakan KBM daring prakarya kelas 9 secara lebih efektif dan efisien. Guru juga dapat memantau kemajuan belajar siswa secara lebih mudah.

Penilaian pembelajaran.

Penilaian pembelajaran merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian pembelajaran dapat berupa penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.

Dalam RPP daring prakarya kelas 9, penilaian pembelajaran harus dirancang dengan baik dan terstruktur. Penilaian pembelajaran harus mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa. Penilaian pengetahuan dapat dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, atau kuis. Penilaian keterampilan dapat dilakukan melalui praktik, proyek, atau portofolio. Penilaian sikap dapat dilakukan melalui observasi atau angket.

  • Penilaian harian: Penilaian harian dilakukan setiap kali selesai membahas satu materi pembelajaran. Penilaian harian dapat berupa tes tertulis, tes lisan, atau kuis.
  • Penilaian tengah semester: Penilaian tengah semester dilakukan pada pertengahan semester. Penilaian tengah semester dapat berupa ujian tertulis atau ujian praktik.
  • Penilaian akhir semester: Penilaian akhir semester dilakukan pada akhir semester. Penilaian akhir semester dapat berupa ujian tertulis atau ujian praktik.

Dengan melakukan penilaian pembelajaran yang baik dan terstruktur, guru dapat mengetahui kemajuan belajar siswa dan memberikan umpan balik yang tepat. Guru juga dapat menggunakan hasil penilaian pembelajaran untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Pelaksanaan KBM terarah.

Dengan adanya RPP daring prakarya kelas 9, guru dapat melaksanakan KBM daring secara lebih terarah. Guru dapat mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang telah direncanakan dalam RPP daring prakarya kelas 9. Hal ini akan membuat KBM daring menjadi lebih sistematis dan efektif.

  • Pendahuluan: Pada tahap pendahuluan, guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan apersepsi.
  • Inti: Pada tahap inti, guru menyampaikan materi pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi.
  • Penutup: Pada tahap penutup, guru melakukan refleksi dan memberikan tugas kepada siswa.

Dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut, guru dapat melaksanakan KBM daring prakarya kelas 9 secara lebih terarah dan efektif. Guru juga dapat memantau kemajuan belajar siswa secara lebih mudah.

Pemantauan kemajuan belajar.

Dengan adanya RPP daring prakarya kelas 9, guru dapat memantau kemajuan belajar siswa secara lebih efektif. Guru dapat melihat hasil penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester siswa. Guru juga dapat melihat hasil tugas-tugas siswa dan portofolio siswa.

  • Penilaian harian: Guru dapat memantau kemajuan belajar siswa melalui hasil penilaian harian.
  • Penilaian tengah semester: Guru dapat memantau kemajuan belajar siswa melalui hasil penilaian tengah semester.
  • Penilaian akhir semester: Guru dapat memantau kemajuan belajar siswa melalui hasil penilaian akhir semester.
  • Tugas-tugas siswa: Guru dapat memantau kemajuan belajar siswa melalui hasil tugas-tugas siswa.

Dengan memantau kemajuan belajar siswa secara berkala, guru dapat mengetahui siswa yang mengalami kesulitan belajar. Guru kemudian dapat memberikan bantuan tambahan kepada siswa tersebut. Guru juga dapat menggunakan hasil pemantauan kemajuan belajar siswa untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Bahan evaluasi pembelajaran.

RPP daring prakarya kelas 9 juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Guru dapat mengevaluasi RPP daring prakarya kelas 9 yang telah dibuat berdasarkan hasil belajar siswa. Guru dapat melihat apakah tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan tercapai atau tidak. Guru juga dapat melihat apakah materi pembelajaran yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan siswa atau tidak. Guru dapat melihat apakah metode pembelajaran yang digunakan efektif atau tidak. Guru dapat melihat apakah media pembelajaran yang digunakan tepat atau tidak. Guru dapat melihat apakah penilaian pembelajaran yang dilakukan sudah baik atau belum.

Dengan mengevaluasi RPP daring prakarya kelas 9, guru dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan RPP daring prakarya kelas 9 yang telah dibuat. Guru kemudian dapat memperbaiki kekurangan tersebut dan mempertahankan kelebihan tersebut. Guru juga dapat menggunakan hasil evaluasi RPP daring prakarya kelas 9 untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dievaluasi dari RPP daring prakarya kelas 9:

  • Kesesuaian antara tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.
  • Kejelasan dan keterukuran tujuan pembelajaran.
  • Keterkaitan antara materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
  • Ketepatan metode pembelajaran yang digunakan.
  • Ketepatan media pembelajaran yang digunakan.
  • Ketepatan penilaian pembelajaran yang digunakan.

Dengan mengevaluasi RPP daring prakarya kelas 9 secara berkala, guru dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Mengembangkan pengetahuan.

RPP daring prakarya kelas 9 dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan siswa tentang berbagai hal, seperti:

  • Jenis-jenis bahan baku dan sifat-sifatnya.
  • Teknik pengolahan bahan baku.
  • Cara membuat produk kerajinan tangan dari bahan baku.
  • Sejarah dan budaya kerajinan tangan.
  • Pentingnya kerajinan tangan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mempelajari berbagai hal tersebut, siswa dapat mengembangkan pengetahuan mereka tentang prakarya dan meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat produk kerajinan tangan. Siswa juga dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka dalam membuat produk kerajinan tangan.

Untuk mengembangkan pengetahuan siswa, guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti:

  • Ceramah.
  • Diskusi.
  • Demonstrasi.
  • Praktik.
  • Studi kasus.
  • Penugasan.

Guru juga dapat menggunakan berbagai media pembelajaran, seperti:

  • Buku.
  • Gambar.
  • Video.
  • Benda nyata.
  • Internet.

Dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat, guru dapat mengembangkan pengetahuan siswa secara efektif dan efisien.

Keterampilan, sikap siswa.

Selain mengembangkan pengetahuan siswa, RPP daring prakarya kelas 9 juga dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan dan sikap siswa. Keterampilan yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran prakarya antara lain:

  • Keterampilan motorik halus.
  • Keterampilan motorik kasar.
  • Keterampilan berpikir kritis.
  • Keterampilan memecahkan masalah.
  • Keterampilan bekerja sama.
  • Keterampilan berkomunikasi.

Sikap yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran prakarya antara lain:

  • Sikap disiplin.
  • Sikap tanggung jawab.
  • Sikap kreatif.
  • Sikap inovatif.
  • Sikap menghargai keindahan.
  • Sikap menghargai karya seni.

Untuk mengembangkan keterampilan dan sikap siswa, guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat. Misalnya, untuk mengembangkan keterampilan motorik halus siswa, guru dapat memberikan tugas membuat produk kerajinan tangan yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, guru dapat memberikan tugas menganalisis dan mengevaluasi produk kerajinan tangan. Untuk mengembangkan sikap disiplin siswa, guru dapat memberikan tugas yang harus diselesaikan tepat waktu.

Dengan menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat, guru dapat mengembangkan keterampilan dan sikap siswa secara efektif dan efisien.

Kreativitas, inovasi, kerja sama.

RPP daring prakarya kelas 9 juga dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan kerja sama siswa. Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan unik. Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan ide-ide baru dan unik tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kerja sama adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

  • Kreativitas: Kreativitas dapat dikembangkan melalui pembelajaran prakarya dengan memberikan siswa kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai bahan, teknik, dan ide. Guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk membuat produk kerajinan tangan yang unik dan berbeda dari yang lain.
  • Inovasi: Inovasi dapat dikembangkan melalui pembelajaran prakarya dengan memberikan siswa kesempatan untuk bereksperimen dengan berbagai bahan, teknik, dan ide. Guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk membuat produk kerajinan tangan yang baru dan belum pernah ada sebelumnya.
  • Kerja sama: Kerja sama dapat dikembangkan melalui pembelajaran prakarya dengan memberikan siswa kesempatan untuk bekerja sama dengan teman-temannya dalam membuat produk kerajinan tangan. Guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk membuat produk kerajinan tangan secara berkelompok.

Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan kerja sama, guru dapat membantu siswa untuk menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, dan mampu bekerja sama dengan baik.

FAQ

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang RPP:

Pertanyaan 1: Apa itu RPP?
RPP adalah singkatan dari Rencana Pemdagogian dan Pem掲示. RPP adalah документиsi yang berisi tentang perencanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Pertanyaan 2: Apa saja komponen RPP?
Komponen RPP meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan sumber belajar.

Pertanyaan 3: Siapa yang membuat RPP?
RPP dibuat oleh guru atau pendidik yang mengajar pada mata pelajaran atau kompetensi keahlian tertentu.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara membuat RPP?
Untuk membuat RPP, guru atau pendidik harus terlebih dulu memahami tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan sumber belajar.

Pertanyaan 5: Apa manfaat menggunakan RPP?
Manfaat menggunakan RPP adalah dapat membantu guru atau pendidik dalam melaksanakan pembelajaran secara sistematis, efektif, dan efisien.

Pertanyaan 6: Apa saja kendala dalam pembuatan RPP?
Dalam pembuatan RPP, guru atau pendidik mungkin menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman tentang materi pembelajaran, dan kurangnya sumber daya.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi guru atau pendidik yang mengajar pada mata pelajaran atau kompetensi keahlian tertentu.

:

Dengan adanya FAQ tentang RPP, diharapkan dapat membantu guru atau pendidik dalam memahami dan membuat RPP dengan lebih mudah.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat RPP yang baik dan efektif:

1. Pahami tujuan pembelajaran. Sebelum membuat RPP, guru atau pendidik harus terlebih dulu memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan pembelajaran harus jelas, terukur, dan dapat diamati.

2. Pilih materi pembelajaran yang tepat. Materi pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Materi pembelajaran harus disajikan secara sistematis dan logis.

3. Pilih metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan karakteristik siswa. Metode pembelajaran harus bervariasi agar tidak membosankan.

4. Susun kegiatan pembelajaran yang menarik. Kegiatan pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa agar menarik dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan pembelajaran harus menantang dan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.

Demikian beberapa tips untuk membuat RPP yang baik dan efektif. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, guru atau pendidik dapat melaksanakan pembelajaran secara lebih sistematis, efektif, dan efisien.

:>

Transisi dari bagian tips ke bagian penutup: Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan guru atau pendidik dapat membuat RPP yang berkualitas dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Kesimpulan

RPP merupakan perangkat pembelajaran yang penting untuk dilaksanakan oleh guru atau pendidik. RPP dapat membantu guru atau pendidik dalam melaksanakan pembelajaran secara sistematis, efektif, dan efisien. RPP yang baik dan efektif akan memudahkan guru atau pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam membuat RPP, guru atau pendidik harus terlebih dulu memahami tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan sumber belajar. Guru atau pendidik juga harus memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan karakteristik siswa.

Dengan mengikuti tips-tips yang telah diberikan, guru atau pendidik dapat membuat RPP yang berkualitas dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan akan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar dan mencapai hasil belajar yang optimal.

Demikian artikel tentang RPP daring prakarya kelas 9. Semoga artikel ini bermanfaat bagi guru atau pendidik dalam membuat RPP dan melaksanakan pembelajaran prakarya yang efektif dan menyenangkan.

Images References :

Check Also

juknis tata cara penulisan ijazah sd smp sma dan smk 2024

Juknis Terbaru Tata Cara Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, dan SMK 2024

Dalam rangka meningkatkan mutu dan standar pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *