Rpp Merdeka Fikih Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Rpp Merdeka Fikih Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Selamat Datang di Dunia Pendidikan Online! Di era digital ini, belajar tidak lagi terbatas pada ruang kelas tradisional. Dengan hadirnya kurikulum merdeka, siswa-siswi Indonesia kini dapat mengakses materi pembelajaran dengan lebih mudah dan fleksibel. Salah satu mata pelajaran yang menjadi bagian dari kurikulum merdeka adalah Fikih. Bagi siswa-siswi kelas 10, kami telah menyiapkan RPP Merdeka Fikih yang akan membantu Anda dalam memahami konsep-konsep dasar fikih.

RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa-siswi dalam mempelajari fikih secara mandiri. Materi pembelajaran disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan berbagai contoh praktis. Melalui RPP Merdeka Fikih ini, siswa-siswi akan dapat memahami hukum-hukum fikih yang berkaitan dengan ibadah, muamalah, dan akhlak.

Dalam RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka ini, siswa-siswi akan diajak untuk berpikir kritis dan analitis dalam memahami konsep-konsep fikih. Mereka juga akan diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pendapat dengan teman-teman sekelasnya. Dengan demikian, proses pembelajaran fikih menjadi lebih interaktif dan menyenangkan.

rpp merdeka fikih kelas 10 kurikulum merdeka

Belajar fikih lebih mudah dan fleksibel.

  • Materi lengkap dan mudah dipahami.
  • Dilengkapi contoh praktis.
  • Membangun berpikir kritis dan analitis.
  • Diskusi dan berbagi pendapat.
  • Proses belajar interaktif dan menyenangkan.
  • Sesuai kurikulum merdeka.

Dengan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka, siswa-siswi dapat memahami hukum-hukum fikih yang berkaitan dengan ibadah, muamalah, dan akhlak dengan lebih mudah dan mendalam.

Materi lengkap dan mudah dipahami.

Salah satu keunggulan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka adalah materinya yang lengkap dan mudah dipahami. Materi pembelajaran disajikan dengan bahasa yang sederhana dan lugas, sehingga siswa-siswi dapat dengan mudah menangkap inti pembahasan.

  • Konsep dasar fikih

    Materi RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dimulai dari konsep-konsep dasar fikih, seperti pengertian fikih, sumber hukum fikih, dan pembagian hukum fikih. Dengan memahami konsep-konsep dasar ini, siswa-siswi akan lebih mudah memahami materi fikih yang lebih kompleks.

  • Hukum-hukum fikih

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga membahas berbagai hukum fikih yang berkaitan dengan ibadah, muamalah, dan akhlak. Materi hukum fikih disajikan secara sistematis dan runtut, sehingga siswa-siswi dapat memahami hukum-hukum fikih dengan lebih jelas.

  • Contoh praktis

    Untuk membantu siswa-siswi memahami hukum-hukum fikih, RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga dilengkapi dengan berbagai contoh praktis. Contoh-contoh praktis ini diambil dari kehidupan sehari-hari, sehingga siswa-siswi dapat lebih mudah memahami penerapan hukum-hukum fikih dalam kehidupan nyata.

  • Diskusi dan berbagi pendapat

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga mendorong siswa-siswi untuk berdiskusi dan berbagi pendapat dengan teman-teman sekelasnya. Diskusi dan berbagi pendapat ini dapat membantu siswa-siswi untuk memperdalam pemahaman mereka tentang materi fikih dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Dengan materi yang lengkap dan mudah dipahami, RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat membantu siswa-siswi untuk memahami hukum-hukum fikih dengan lebih mudah dan mendalam.

Dilengkapi contoh praktis.

Salah satu keunggulan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka adalah materi pembelajarannya yang dilengkapi dengan berbagai contoh praktis. Contoh-contoh praktis ini diambil dari kehidupan sehari-hari, sehingga siswa-siswi dapat lebih mudah memahami penerapan hukum-hukum fikih dalam kehidupan nyata.

  • Hukum thaharah

    Dalam materi hukum thaharah, siswa-siswi akan belajar tentang berbagai macam hadas dan cara bersuci dari hadas tersebut. Sebagai contoh praktis, siswa-siswi akan belajar tentang tata cara wudu dan mandi wajib. Selain itu, siswa-siswi juga akan belajar tentang berbagai macam najis dan cara mensucikan najis tersebut.

  • Hukum shalat

    Dalam materi hukum shalat, siswa-siswi akan belajar tentang berbagai macam rukun shalat dan syarat-syarat sah shalat. Sebagai contoh praktis, siswa-siswi akan belajar tentang tata cara shalat fardhu lima waktu dan shalat sunnah. Selain itu, siswa-siswi juga akan belajar tentang berbagai macam hal yang membatalkan shalat.

  • Hukum zakat

    Dalam materi hukum zakat, siswa-siswi akan belajar tentang berbagai macam jenis zakat dan syarat-syarat wajib zakat. Sebagai contoh praktis, siswa-siswi akan belajar tentang tata cara menghitung zakat fitrah dan zakat maal. Selain itu, siswa-siswi juga akan belajar tentang berbagai macam hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan harta zakat.

  • Hukum puasa

    Dalam materi hukum puasa, siswa-siswi akan belajar tentang berbagai macam rukun puasa dan syarat-syarat sah puasa. Sebagai contoh praktis, siswa-siswi akan belajar tentang tata cara puasa Ramadhan dan puasa sunnah. Selain itu, siswa-siswi juga akan belajar tentang berbagai macam hal yang membatalkan puasa.

Dengan dilengkapi contoh-contoh praktis, RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat membantu siswa-siswi untuk memahami hukum-hukum fikih dengan lebih mudah dan mendalam.

Membangun berpikir kritis dan analitis.

Salah satu tujuan pembelajaran fikih adalah untuk membangun berpikir kritis dan analitis siswa-siswi. RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dirancang khusus untuk membantu siswa-siswi mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka.

  • Analisis hukum fikih

    Dalam RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka, siswa-siswi akan belajar untuk menganalisis hukum-hukum fikih. Siswa-siswi akan belajar untuk memahami alasan di balik hukum-hukum fikih tersebut dan bagaimana hukum-hukum tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, siswa-siswi dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

  • Pemecahan masalah fikih

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga mendorong siswa-siswi untuk memecahkan masalah-masalah fikih. Siswa-siswi akan belajar untuk mengidentifikasi masalah-masalah fikih yang ada di lingkungan sekitar mereka dan mencari solusi untuk masalah-masalah tersebut berdasarkan hukum-hukum fikih. Dengan demikian, siswa-siswi dapat mengembangkan keterampilan berpikir analitis mereka.

  • Diskusi dan berbagi pendapat

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga mendorong siswa-siswi untuk berdiskusi dan berbagi pendapat dengan teman-teman sekelasnya. Diskusi dan berbagi pendapat ini dapat membantu siswa-siswi untuk memperdalam pemahaman mereka tentang materi fikih dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka. Selain itu, diskusi dan berbagi pendapat juga dapat membantu siswa-siswi untuk belajar menghargai pendapat orang lain.

  • Tugas dan proyek fikih

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga memberikan tugas dan proyek fikih kepada siswa-siswi. Tugas dan proyek fikih ini dirancang untuk membantu siswa-siswi mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka. Siswa-siswi akan belajar untuk mengumpulkan informasi, menganalisis informasi, dan memecahkan masalah fikih. Dengan demikian, siswa-siswi dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka.

Dengan berbagai metode pembelajaran yang dirancang khusus untuk membangun berpikir kritis dan analitis, RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat membantu siswa-siswi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka dengan baik.

Diskusi dan berbagi pendapat.

Salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka adalah diskusi dan berbagi pendapat. Diskusi dan berbagi pendapat merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa-siswi. Melalui diskusi dan berbagi pendapat, siswa-siswi dapat belajar untuk memahami berbagai perspektif yang berbeda dan mengembangkan kemampuan mereka untuk berpikir secara kritis dan analitis.

Dalam RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka, diskusi dan berbagi pendapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Salah satu bentuk diskusi dan berbagi pendapat yang sering digunakan adalah diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok, siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan masing-masing kelompok diberi topik untuk didiskusikan. Siswa-siswi dalam kelompok tersebut kemudian berdiskusi tentang topik tersebut dan menyampaikan hasil diskusi mereka di depan kelas.

Bentuk diskusi dan berbagi pendapat lainnya yang sering digunakan dalam RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka adalah debat. Dalam debat, siswa-siswi dibagi menjadi dua kelompok yang berlawanan pendapat. Masing-masing kelompok kemudian menyampaikan argumen mereka untuk mendukung pendapat mereka dan berusaha untuk mematahkan argumen kelompok lawan. Debat dapat membantu siswa-siswi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka serta kemampuan mereka untuk menyampaikan pendapat mereka dengan jelas dan meyakinkan.

Selain diskusi kelompok dan debat, RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga menggunakan metode diskusi lainnya, seperti diskusi panel, simulasi, dan permainan peran. Metode diskusi yang berbeda-beda ini digunakan untuk membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi.

Melalui diskusi dan berbagi pendapat, siswa-siswi RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka, kemampuan mereka untuk menyampaikan pendapat mereka dengan jelas dan meyakinkan, serta kemampuan mereka untuk menghargai pendapat orang lain.

Proses belajar interaktif dan menyenangkan.

Salah satu kelebihan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka adalah proses pembelajarannya yang interaktif dan menyenangkan. RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dirancang khusus untuk membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi.

  • Metode pembelajaran yang bervariasi

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi, seperti diskusi kelompok, debat, simulasi, dan permainan peran. Metode pembelajaran yang bervariasi ini membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi.

  • Media pembelajaran yang menarik

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik, seperti video, gambar, dan infografis. Media pembelajaran yang menarik ini membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi.

  • Kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga menekankan pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa-siswi diberi kesempatan untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa-siswi diberi kesempatan untuk bertanya, menjawab pertanyaan, dan menyampaikan pendapat mereka. Kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa ini membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi.

  • Penilaian yang berkelanjutan

    RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka juga menggunakan sistem penilaian yang berkelanjutan. Sistem penilaian yang berkelanjutan ini menilai siswa-siswi tidak hanya berdasarkan hasil ujian, tetapi juga berdasarkan aktivitas mereka selama proses pembelajaran. Sistem penilaian yang berkelanjutan ini membuat pembelajaran fikih menjadi lebih adil dan objektif.

Dengan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang menarik, kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan sistem penilaian yang berkelanjutan, RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat membuat proses belajar fikih menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa-siswi.

Sesuai kurikulum merdeka.

RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dirancang khusus untuk memenuhi tuntutan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi siswa-siswi. Kompetensi siswa-siswi tidak hanya dinilai berdasarkan hasil ujian, tetapi juga berdasarkan kemampuan mereka dalam berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah.

RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka disusun berdasarkan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa-siswi. Kompetensi dasar tersebut meliputi:

  • Memahami konsep dasar fikih.
  • Menguasai hukum-hukum fikih yang berkaitan dengan ibadah, muamalah, dan akhlak.
  • Mampu menganalisis hukum-hukum fikih.
  • Mampu memecahkan masalah-masalah fikih.
  • Mampu berdiskusi dan berbagi pendapat tentang fikih.

RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka menggunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk membantu siswa-siswi mencapai kompetensi dasar tersebut. Metode pembelajaran yang digunakan dalam RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka meliputi:

  • Diskusi kelompok.
  • Debat.
  • Simulasi.
  • Permainan peran.
  • Penugasan.
  • Proyek.

Dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif, RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat membantu siswa-siswi untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan dan menjadi lulusan yang cerdas, cakap, dan berkarakter.

RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka merupakan RPP yang sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran fikih di kelas 10. RPP ini disusun berdasarkan kurikulum merdeka dan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dengan menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka, siswa-siswi dapat belajar fikih dengan lebih mudah dan menyenangkan.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka:

Question 1: Apa itu RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka?
Answer 1: RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka adalah RPP yang dirancang khusus untuk memenuhi tuntutan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi siswa-siswi. Kompetensi siswa-siswi tidak hanya dinilai berdasarkan hasil ujian, tetapi juga berdasarkan kemampuan mereka dalam berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah.

Question 2: Apa saja kelebihan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka?
Answer 2: RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Disusun berdasarkan kurikulum merdeka.
  • Menggunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
  • Membantu siswa-siswi untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.
  • Membuat pembelajaran fikih menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Question 3: Bagaimana cara menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka?
Answer 3: Untuk menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka, guru dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pelajari RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dengan seksama.
  2. Sesuaikan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dengan kondisi dan kebutuhan siswa-siswi.
  3. Gunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran.
  4. Lakukan penilaian secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar siswa-siswi.

Question 4: Di mana saya dapat memperoleh RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka?
Answer 4: RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat diperoleh secara online di berbagai situs web, seperti situs web Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan situs web lembaga pendidikan lainnya.

Question 5: Apakah RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat digunakan oleh semua guru fikih?
Answer 5: RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat digunakan oleh semua guru fikih, baik guru PNS maupun guru honorer. RPP ini juga dapat digunakan oleh guru yang mengajar di sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Question 6: Apakah RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat digunakan untuk mengajar fikih di kelas lain?
Answer 6: RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat digunakan untuk mengajar fikih di kelas lain, seperti kelas 11 dan kelas 12. Namun, guru perlu menyesuaikan RPP tersebut dengan kondisi dan kebutuhan siswa-siswi.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka. Semoga bermanfaat.

Selain mempelajari FAQ di atas, Anda juga dapat membaca tips-tips berikut ini untuk menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dengan lebih efektif.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dengan lebih efektif:

Tip 1: Pelajari RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dengan seksama.
Sebelum menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka, luangkan waktu untuk mempelajarinya dengan seksama. Pahami tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian yang digunakan dalam RPP tersebut.

Tip 2: Sesuaikan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dengan kondisi dan kebutuhan siswa-siswi.
RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka merupakan RPP yang bersifat fleksibel. Guru dapat menyesuaikan RPP tersebut dengan kondisi dan kebutuhan siswa-siswinya. Misalnya, guru dapat menambah atau mengurangi materi pembelajaran, mengubah metode pembelajaran, atau menggunakan media pembelajaran yang berbeda.

Tip 3: Gunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka mendorong guru untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif dapat membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa-siswi. Beberapa contoh metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran fikih antara lain diskusi kelompok, debat, simulasi, permainan peran, dan penugasan.

Tip 4: Lakukan penilaian secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar siswa-siswi.
Penilaian merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Guru perlu melakukan penilaian secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar siswa-siswinya. Penilaian dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti tes tertulis, tes lisan, observasi, dan penilaian portofolio.

Demikian beberapa tips untuk menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dengan lebih efektif. Semoga bermanfaat.

Dengan menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dan mengikuti tips-tips di atas, guru dapat membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan efektif.

Conclusion

RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka merupakan RPP yang dirancang khusus untuk memenuhi tuntutan kurikulum merdeka. RPP ini disusun berdasarkan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa-siswi dan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dengan menggunakan RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka, guru dapat membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan efektif.

Berikut ini adalah beberapa poin utama yang dapat disimpulkan dari artikel ini:

  • RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka disusun berdasarkan kurikulum merdeka.
  • RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka menggunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
  • RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat membantu siswa-siswi untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.
  • RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka dapat membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Dengan demikian, RPP Merdeka Fikih kelas 10 kurikulum merdeka merupakan RPP yang sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran fikih di kelas 10. RPP ini dapat membantu guru untuk membuat pembelajaran fikih menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan efektif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para guru fikih di seluruh Indonesia.

Images References :

Check Also

juknis tata cara penulisan ijazah sd smp sma dan smk 2024

Juknis Terbaru Tata Cara Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, dan SMK 2024

Dalam rangka meningkatkan mutu dan standar pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *