RPP Tema 3 Kelas 3 SD Kurikulum 2013


RPP Tema 3 Kelas 3 SD Kurikulum 2013

RPP Tematik Kelas 3 SD K13 merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013. RPP ini digunakan untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran tematik di kelas 3 SD. RPP Tematik Kelas 3 SD K13 memiliki beberapa komponen, yaitu:

1. Tujuan pembelajaran
2. Indikator keberhasilan
3. Materi pembelajaran
4. Metode pembelajaran
5. Media pembelajaran
6. Langkah-langkah pembelajaran
7. Penilaian pembelajaran

Untuk menyusun RPP Tematik Kelas 3 SD K13, guru harus terlebih dahulu memahami kompetensi dasar (KD) dan indikator keberhasilan yang harus dicapai oleh siswa. KD dan indikator keberhasilan ini terdapat dalam dokumen Kurikulum 2013.

rpp tematik kelas 3 sd k13

RPP Tematik Kelas 3 SD K13 adalah rencana pelaksanaan pembelajaran tematik untuk kelas 3 Sekolah Dasar berdasarkan Kurikulum 2013.

  • Tujuan pembelajaran jelas
  • Indikator keberhasilan terukur
  • Materi pembelajaran sesuai
  • Metode pembelajaran bervariasi
  • Media pembelajaran mendukung
  • Langkah-langkah pembelajaran sistematis
  • Penilaian pembelajaran menyeluruh
  • Relevan dengan kehidupan nyata

RPP Tematik Kelas 3 SD K13 yang baik akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.

Tujuan pembelajaran jelas

Tujuan pembelajaran yang jelas adalah tujuan pembelajaran yang dirumuskan secara spesifik, terukur, dan dapat diamati. Tujuan pembelajaran yang jelas akan memudahkan guru dalam menyusun materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat.

  • Spesifik
    Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara spesifik, sehingga jelas apa yang harus dicapai oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran.
  • Terukur
    Tujuan pembelajaran harus dapat diukur, sehingga dapat diketahui apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran tersebut atau belum.
  • Dapat diamati
    Tujuan pembelajaran harus dapat diamati, sehingga guru dapat melihat langsung apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran tersebut atau belum.
  • Relevan
    Tujuan pembelajaran harus relevan dengan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa.

Tujuan pembelajaran yang jelas akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Guru dapat memilih materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Selain itu, tujuan pembelajaran yang jelas juga akan memudahkan guru dalam melakukan penilaian pembelajaran.

Indikator keberhasilan terukur

Indikator keberhasilan terukur adalah indikator keberhasilan yang dapat diukur, sehingga dapat diketahui apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran tersebut atau belum. Indikator keberhasilan terukur harus dirumuskan secara spesifik, jelas, dan operasional.

Berikut ini adalah beberapa contoh indikator keberhasilan terukur:

  • Siswa dapat menyebutkan 5 jenis hewan dan ciri-cirinya.
  • Siswa dapat membuat cerita pendek dengan menggunakan kosakata baru yang telah dipelajari.
  • Siswa dapat menyelesaikan soal matematika dengan benar dan tepat.
  • Siswa dapat melakukan percobaan sains dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Indikator keberhasilan terukur sangat penting dalam RPP Tematik Kelas 3 SD K13 karena indikator keberhasilan terukur akan membantu guru dalam:

  • Mengetahui apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran atau belum.
  • Memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka.
  • Melakukan perbaikan pembelajaran jika diperlukan.

Dengan demikian, indikator keberhasilan terukur akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Materi pembelajaran sesuai

Materi pembelajaran yang sesuai adalah materi pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan. Materi pembelajaran juga harus sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan lingkungan belajar.

  • Relevan dengan tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan
    Materi pembelajaran harus relevan dengan tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan yang ingin dicapai. Artinya, materi pembelajaran harus mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan tersebut.
  • Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
    Materi pembelajaran harus sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Artinya, materi pembelajaran harus tidak terlalu sulit atau terlalu mudah bagi siswa.
  • Sesuai dengan lingkungan belajar
    Materi pembelajaran harus sesuai dengan lingkungan belajar siswa. Artinya, materi pembelajaran harus mempertimbangkan kondisi lingkungan belajar siswa, baik fisik maupun sosial.
  • Beragam dan menarik
    Materi pembelajaran harus beragam dan menarik agar siswa tidak merasa bosan. Materi pembelajaran yang beragam dan menarik akan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar.

Materi pembelajaran yang sesuai akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Metode pembelajaran bervariasi

Metode pembelajaran bervariasi adalah metode pembelajaran yang menggunakan berbagai macam metode pembelajaran dalam satu kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran bervariasi dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu, metode pembelajaran bervariasi juga dapat mengakomodasi berbagai macam gaya belajar siswa.

Berikut ini adalah beberapa contoh metode pembelajaran bervariasi yang dapat digunakan dalam RPP Tematik Kelas 3 SD K13:

  • Metode ceramah
    Metode ceramah adalah metode pembelajaran yang paling umum digunakan. Dalam metode ceramah, guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung kepada siswa. Metode ceramah dapat efektif jika guru mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik dan jelas.
  • Metode diskusi
    Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam diskusi kelompok. Dalam metode diskusi, siswa diminta untuk berdiskusi tentang materi pembelajaran yang telah diberikan oleh guru. Metode diskusi dapat efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi siswa.
  • Metode tanya jawab
    Metode tanya jawab adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam tanya jawab dengan guru. Dalam metode tanya jawab, siswa mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran yang telah diberikan oleh guru. Metode tanya jawab dapat efektif untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
  • Metode permainan
    Metode permainan adalah metode pembelajaran yang menggunakan permainan sebagai media pembelajaran. Dalam metode permainan, siswa belajar melalui permainan yang dirancang khusus untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Metode permainan dapat efektif untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.

Guru dapat memilih metode pembelajaran yang tepat berdasarkan karakteristik materi pembelajaran, karakteristik siswa, dan kondisi lingkungan belajar.

Media pembelajaran mendukung

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran yang baik akan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • Sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan
    Media pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan yang ingin dicapai. Artinya, media pembelajaran harus mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan tersebut.
  • Sesuai dengan materi pembelajaran
    Media pembelajaran harus sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Artinya, media pembelajaran harus dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran tersebut.
  • Mudah dipahami dan menarik
    Media pembelajaran harus mudah dipahami dan menarik bagi siswa. Media pembelajaran yang mudah dipahami dan menarik akan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar.
  • Mudah digunakan
    Media pembelajaran harus mudah digunakan oleh guru dan siswa. Media pembelajaran yang mudah digunakan akan membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Media pembelajaran yang tepat akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Langkah-langkah pembelajaran sistematis

Langkah-langkah pembelajaran sistematis adalah langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur dan berurutan. Langkah-langkah pembelajaran sistematis akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

  • Pendahuluan
    Langkah pertama dalam pembelajaran sistematis adalah pendahuluan. Pada tahap pendahuluan, guru menyiapkan siswa untuk belajar dengan cara mengaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan sebelumnya, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan memberikan motivasi kepada siswa.
  • Inti
    Langkah kedua dalam pembelajaran sistematis adalah inti. Pada tahap inti, guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran.
  • Penutup
    Langkah ketiga dalam pembelajaran sistematis adalah penutup. Pada tahap penutup, guru merangkum materi pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan memberikan tugas kepada siswa.
  • Evaluasi
    Langkah keempat dalam pembelajaran sistematis adalah evaluasi. Pada tahap evaluasi, guru menilai hasil belajar siswa untuk mengetahui apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Langkah-langkah pembelajaran sistematis dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Namun, pada dasarnya, langkah-langkah pembelajaran sistematis akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Penilaian pembelajaran menyeluruh

Penilaian pembelajaran menyeluruh adalah penilaian yang menilai seluruh aspek kompetensi siswa, baik aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penilaian pembelajaran menyeluruh dapat dilakukan melalui berbagai metode penilaian, seperti penilaian tertulis, penilaian lisan, penilaian kinerja, dan penilaian portofolio.

  • Menilai seluruh aspek kompetensi siswa
    Penilaian pembelajaran menyeluruh harus menilai seluruh aspek kompetensi siswa, baik aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penilaian yang hanya menilai salah satu aspek kompetensi siswa tidak dapat dikatakan sebagai penilaian pembelajaran menyeluruh.
  • Menggunakan berbagai metode penilaian
    Penilaian pembelajaran menyeluruh dapat dilakukan melalui berbagai metode penilaian, seperti penilaian tertulis, penilaian lisan, penilaian kinerja, dan penilaian portofolio. Guru dapat memilih metode penilaian yang tepat berdasarkan karakteristik materi pembelajaran, karakteristik siswa, dan kondisi lingkungan belajar.
  • Memberikan umpan balik kepada siswa
    Hasil penilaian pembelajaran menyeluruh harus digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa. Umpan balik yang diberikan kepada siswa harus bersifat konstruktif dan membantu siswa dalam memperbaiki hasil belajarnya.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran
    Penilaian pembelajaran menyeluruh dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penilaian pembelajaran menyeluruh dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki rencana pembelajaran dan metode pembelajaran.

Penilaian pembelajaran menyeluruh sangat penting dalam RPP Tematik Kelas 3 SD K13 karena penilaian pembelajaran menyeluruh dapat memberikan informasi yang lengkap tentang hasil belajar siswa. Informasi tersebut dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran dan membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Relevan dengan kehidupan nyata

RPP Tematik Kelas 3 SD K13 yang baik harus relevan dengan kehidupan nyata. Artinya, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam RPP Tematik Kelas 3 SD K13 harus terkait dengan kehidupan nyata siswa.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa RPP Tematik Kelas 3 SD K13 harus relevan dengan kehidupan nyata:

  • Meningkatkan motivasi belajar siswa
    Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar jika materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam RPP Tematik Kelas 3 SD K13 relevan dengan kehidupan nyata mereka. Siswa akan merasa bahwa materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran tersebut penting dan bermanfaat bagi mereka.
  • Meningkatkan pemahaman siswa
    Siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran jika materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam RPP Tematik Kelas 3 SD K13 relevan dengan kehidupan nyata mereka. Siswa dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman mereka sendiri, sehingga mereka dapat memahami materi pembelajaran tersebut dengan lebih mudah.
  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa
    Siswa akan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka jika materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam RPP Tematik Kelas 3 SD K13 relevan dengan kehidupan nyata mereka. Siswa akan terbiasa untuk menganalisis masalah, mencari solusi, dan mengambil keputusan.
  • Menyiapkan siswa untuk menghadapi kehidupan nyata
    RPP Tematik Kelas 3 SD K13 yang relevan dengan kehidupan nyata akan mempersiapkan siswa untuk menghadapi kehidupan nyata setelah mereka lulus dari sekolah dasar. Siswa akan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Oleh karena itu, guru harus memastikan bahwa RPP Tematik Kelas 3 SD K13 yang mereka susun relevan dengan kehidupan nyata siswa.

FAQ

Anda punya pertanyaan tentang RPP? tenang, RPP itu Singkatan dari Rencana Pelajarana dan Permainana. Yuk, pelajari dengan seksama dalam sajian FAQ di bawah ini.

Question 1
Apakah RPP itu?

RPP adalah singkatan dari Rencana Pelajarana dan Permainana. RPP berisi rancana pelajarana, matere pelajarana, dan aktfitas yang akan dilakuana oleh guru dan siswa.

Question 2
Apa saja isi dari RPP?

Isi dari RPP meliputi:

  1. Rencana Pelajaran
  2. Tujuan Belajaran
  3. Standar Keauangan
  4. Kegiatan Belajaran
  5. Metode Pelajaran
  6. Media Pelajaran
  7. Evaluasi Belajaran

Question 3
Bagaimana cara menyususn RPP?

Untuk menyususn RPP, guru dapat menempuh langka-langka berikut:

  1. Pelajari standar keauangan dan tujuan belajaran
  2. Pilihlah media belajaran, alat, dan bahan yang sesuwai
  3. Pilihlah penilaiana yang sesuwai
  4. Menyususn rancana pelajarana, tujuan belajaran, dan kegiatan belajaran yang sesuwai

Question 4
Apa saja kendala-kendala yang dihadapin guru dalam menyususn RPP?

kendala-kendala yang dihadapin guru dalam menyususn RPP meliputi:

  1. Kuranya wakuta untuk menyususn RPP
  2. Kuranya riset yang mengandun standar keauangan dan tujuan belajaran
  3. Kuranya buku panduan dan pelatihan tenta penyusuaa RPP

Question 5
Bagaimana cara menyeleeaka RPP?

Untuk menyeleeaka RPP, guru dapat menempuh langka-langka berikut:

  1. Melakuana pelajaran sesuwai dengan RPP
  2. Menilai hasil pelajaran siswa
  3. Melakuana refleksi tenta proses pelajaran

Question 6
Bagaimana cara metuaia RPP?

Untuk metuaia RPP, guru dapat menempuh langka-langka berikut:

  1. Menilai RPP yang telah disusua
  2. Melihat RPP oleh pihak eksel atau isebestwa pelajaran
  3. Melihat RPP oleh guru laisa

Demikian pembahasan tenta RPP. Semuga membantu!.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyusun RPP yang efektif dan efisien:

1. Mulailah dengan tujuan pembelajaran yang jelas.
Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang ingin dicapai oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara spesifik, terukur, dan dapat diamati.

2. Pilih metode pembelajaran yang tepat.
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Metode pembelajaran harus dipilih berdasarkan karakteristik materi pembelajaran, karakteristik siswa, dan kondisi lingkungan belajar.

3. Gunakan media pembelajaran yang menarik.
Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran harus dipilih yang menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran.

4. Lakukan penilaian pembelajaran secara berkala.
Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penilaian pembelajaran harus dilakukan secara berkala untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.

Demikian beberapa tips untuk menyusun RPP yang efektif dan efisien. Semoga bermanfaat!

Conclusion

RPP merupakan rencana pembelajaran yang penting bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. RPP yang baik harus memuat tujuan pembelajaran yang jelas, metode pembelajaran yang tepat, media pembelajaran yang menarik, dan penilaian pembelajaran yang berkala.

Dengan menyusun RPP yang baik, guru dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. RPP juga dapat membantu guru untuk mengevaluasi pembelajaran dan memperbaiki pembelajaran jika diperlukan.

Oleh karena itu, guru harus meluangkan waktu untuk menyusun RPP yang baik sebelum melaksanakan pembelajaran. RPP yang baik akan membantu guru untuk mengajar dengan lebih percaya diri dan siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Images References :

Check Also

juknis tata cara penulisan ijazah sd smp sma dan smk 2024

Juknis Terbaru Tata Cara Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA, dan SMK 2024

Dalam rangka meningkatkan mutu dan standar pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *