Cara Kedua Remote Komputer Dari Android

![Cara Kedua Remote Komputer dari Android](https://tse1.mm.bing.net/th?q=cara+kedua+remote+komputer+dari+android) Illustrasi Remote Komputer dari Android

Jaman sekarang, hampir semua orang memiliki ponsel pintar atau tablet Android. Perangkat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dan mengakses internet, tetapi juga dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh. Ini sangat berguna jika Anda perlu mengakses komputer Anda saat sedang bepergian atau saat Anda sedang tidak berada di dekatnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara kedua remote komputer dari Android. Apa saja aplikasi yang dapat digunakan untuk tujuan ini? Bagaimana cara mengatur dan menggunakan remote tersebut? Bagaimana cara mengamankan koneksi dan mencegah akses yang tidak sah?

Cara Kedua Remote Komputer dari Android

Berikut adalah beberapa cara kedua remote komputer dari Android yang perlu Anda ketahui:

1. TeamViewer

![TeamViewer](https://www.teamviewer.com/images/features/teamviewer-teamwork-summary.jpg) Logo TeamViewer

TeamViewer adalah salah satu aplikasi remote desktop paling populer yang dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari Android. Untuk menggunakan TeamViewer, Anda perlu menginstal aplikasi di kedua perangkat (komputer dan Android) dan membuat akun pengguna.

Setelah menghubungkan kedua perangkat, Anda dapat mengakses desktop komputer Anda langsung melalui layar Android Anda. TeamViewer memiliki fitur-fitur yang kuat, seperti transfer file, konferensi video, dan pengaturan koneksi yang aman.

2. AnyDesk

![AnyDesk](https://www.anydesk.com/-/media/Images/Redesign/Press-and-Media-Kit/Logo/AnyDesk_Logo_Color.ashx) Logo AnyDesk

AnyDesk adalah aplikasi remote desktop lainnya yang populer yang dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari Android. Aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki kualitas koneksi yang baik, bahkan melalui jaringan internet yang lambat.

Anda hanya perlu menginstal AnyDesk di komputer dan Android Anda, dan kemudian memasukkan ID yang diberikan oleh aplikasi pada perangkat Android untuk terhubung ke komputer tersebut. AnyDesk juga memiliki fitur-fitur transfer file dan rekaman sesi.

3. Chrome Remote Desktop

![Chrome Remote Desktop](https://www.google.com/chrome/static/images/chrome-logo.svg) Logo Chrome Remote Desktop

Jika Anda adalah pengguna Chrome, Anda juga dapat menggunakan Chrome Remote Desktop untuk mengendalikan komputer dari Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses komputer Anda melalui browser Chrome di perangkat Android Anda.

Anda perlu menginstal ekstensi Chrome Remote Desktop pada komputer Anda dan mengaktifkannya. Kemudian, Anda dapat mengunduh aplikasi Chrome Remote Desktop di perangkat Android Anda dan melakukan login dengan akun Google yang sama.

Langkah-langkah untuk Mengatur Remote Komputer dari Android

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengatur dan menggunakan remote komputer dari Android:

1. Unduh dan Install Aplikasi Remote

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi remote desktop pilihan Anda baik di komputer maupun di perangkat Android Anda. Pastikan Anda mengunduh aplikasi yang terpercaya dan tepercaya.

2. Buat Akun Pengguna

Setelah menginstal aplikasi di kedua perangkat, Anda perlu membuat akun pengguna atau login dengan akun yang sudah ada. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan kedua perangkat dan mengakses desktop komputer Anda dari perangkat Android Anda.

3. Tentukan Permintaan Akses

Pada komputer, Anda perlu menjalankan aplikasi remote desktop dan menentukan permintaan akses yang diberikan ke perangkat Android Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengontrol akses ke komputer Anda dan mencegah akses yang tidak sah.

4. Hubungkan Kedua Perangkat

Setelah semua pengaturan selesai, Anda dapat mulai menghubungkan kedua perangkat dengan memasukkan ID atau kode yang diberikan oleh aplikasi pada perangkat Android Anda. Setelah terhubung, Anda dapat mengakses desktop komputer Anda dari perangkat Android dengan nyaman.

Bagaimana Cara Mengamankan Koneksi Remote?

Ketika menggunakan aplikasi remote desktop dari Android ke komputer, penting untuk menjaga keamanan dan mencegah akses yang tidak sah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengamankan koneksi remote:

1. Gunakan Sandi yang Kuat

Pastikan Anda menggunakan sandi yang kuat dan unik untuk akun pengguna aplikasi remote desktop. Jangan menggunakan kata-kata yang mudah ditebak atau kombinasi yang sederhana.

2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Banyak aplikasi remote desktop memiliki fitur autentikasi dua faktor, yang membutuhkan verifikasi tambahan selain sandi. Ini bisa berupa kode yang dikirim melalui SMS, atau menggunakan aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator.

3. Perbarui Perangkat Lunak Secara Teratur

Pastikan Anda selalu mengunduh dan memperbarui versi terbaru dari aplikasi remote desktop dan sistem operasi komputer Anda. Pembaruan ini sering kali mencakup perbaikan keamanan dan fitur keamanan tambahan.

4. Gunakan Jaringan yang Aman

Gunakan jaringan yang aman dan terpercaya saat menggunakan aplikasi remote desktop. Hindari menggunakan koneksi Wi-Fi publik yang tidak aman, karena ini dapat meningkatkan risiko akses yang tidak sah ke komputer Anda.

FAQs (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu remote desktop?

Jawab: Remote desktop adalah teknologi yang memungkinkan Anda mengendalikan komputer Anda dari jarak jauh melalui perangkat Android Anda.

2. Mengapa saya perlu remote komputer dari Android?

Jawab: Anda mungkin perlu remote komputer dari Android jika Anda ingin mengakses file atau program di komputer Anda saat sedang bepergian atau jika Anda ingin membantu seseorang dengan masalah komputer secara remote.

3. Apa saja keuntungan remote komputer dari Android?

Jawab: Beberapa keuntungan remote komputer dari Android meliputi kemampuan untuk mengakses komputer Anda dari jarak jauh, kemudahan mengontrol komputer menggunakan layar sentuh Android, dan kemampuan untuk berbagi file atau program antara komputer dan perangkat Android.

4. Apakah remote komputer dari Android aman?

Jawab: Remote komputer dari Android dapat aman jika Anda mengikuti praktik keamanan tertentu, seperti menggunakan sandi yang kuat, mengaktifkan autentikasi dua faktor, dan menghindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman.

5. Apakah saya bisa remote komputer dari Android tanpa menginstal aplikasi?

Jawab: Tergantung pada sistem operasi komputer Anda, Anda mungkin dapat menggunakan fitur bawaan, seperti Remote Desktop, untuk mengendalikan komputer dari Android tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Namun, ini tergantung pada jenis sistem operasi yang Anda gunakan.

6. Adakah biaya untuk menggunakan aplikasi remote desktop?

Jawab: Banyak aplikasi remote desktop memiliki versi gratis yang dapat digunakan tanpa biaya tambahan. Namun, jika Anda memerlukan fitur-fitur premium atau penggunaan bisnis, maka mungkin ada biaya yang terkait.

Kesimpulan

Cara kedua remote komputer dari Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti TeamViewer, AnyDesk, atau Chrome Remote Desktop. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk tujuan ini, serta langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengatur dan menggunakan remote tersebut.

Penting untuk menjaga keamanan saat menggunakan aplikasi remote desktop, dengan menggunakan sandi yang kuat, mengaktifkan autentikasi dua faktor, dan menghindari jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman. Dengan menggunakan aplikasi remote desktop yang tepercaya dan mengikuti praktik keamanan yang tepat, Anda dapat mengakses dan mengendalikan komputer Anda dengan mudah dari perangkat Android Anda, di mana pun Anda berada.

Check Also

Cara Atasi Gagal Kirim Dan Terima Sms

Kenapa Pesan SMS Gagal Terkirim dan Diterima? SMS atau pesan singkat merupakan salah satu cara ... Read more