Cara Kembalikan Aplikasi Ke Versi Lama

Semua orang mungkin pernah mengalami situasi di mana mereka mengunduh pembaruan aplikasi favorit mereka hanya untuk menemukan bahwa versi terbaru tidak sesuai dengan harapan. Mungkin ada fitur yang hilang atau aplikasi tidak berfungsi dengan baik seperti sebelumnya. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai cara untuk mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya dan mengembalikan pengalaman pengguna yang dicintai.

Apa itu Pembaruan Aplikasi?

Pembaruan aplikasi adalah proses di mana pengembang aplikasi merilis versi baru dengan perbaikan bug, peningkatan fitur, dan perubahan desain. Pembaruan ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan memastikan aplikasi berjalan dengan lancar di perangkat terbaru maupun yang lebih lama.

Bingung Mengapa Harus Kembali ke Versi Lama?

Tidak semua pembaruan aplikasi berjalan dengan sempurna. Beberapa perangkat mungkin tidak kompatibel dengan versi terbaru, atau ada fitur yang dihapus atau diubah dengan cara yang tidak disukai oleh pengguna. Dalam situasi seperti ini, mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya bisa menjadi solusi yang baik.

![cara kembalikan aplikasi ke versi](https://tse1.mm.bing.net/th?q=cara kembalikan aplikasi ke versi “Cara Kembalikan Aplikasi ke Versi Sebelumnya”)

Cara Mengembalikan Aplikasi di Sistem Operasi Android

Langkah 1: Hapus Pembaruan Aplikasi

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menghapus pembaruan aplikasi. Dalam beberapa kasus, aplikasi akan kembali ke versi sebelumnya setelah pembaruan dihapus.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus pembaruan aplikasi di perangkat Android:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi” (tergantung pada versi Android yang Anda gunakan).
  3. Cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan ke versi sebelumnya.
  4. Pilih aplikasi dan ketuk opsi “Hapus Pembaruan” atau “Pemulihan Versi Sebelumnya”.

Jika opsi “Hapus Pembaruan” tidak tersedia, itu berarti aplikasi belum pernah diperbarui sejak awal dan langkah-langkah selanjutnya akan lebih relevan untuk Anda.

Langkah 2: Install Versi APK Lama

Jika menghapus pembaruan tidak berhasil mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya, Anda dapat mencoba menginstal versi APK lama dari aplikasi tersebut. APK adalah file instalasi aplikasi untuk sistem operasi Android.

Untuk menginstal versi APK lama, Anda perlu:

  • Mencari versi APK lama aplikasi yang ingin Anda gunakan. Anda dapat mencarinya di situs web seperti APKMirror atau APKPure.
  • Unduh versi APK lama dari situs web yang terpercaya.
  • Buka file APK dan ikuti petunjuk instalasi.

Jika Anda tidak yakin cara menginstal file APK di perangkat Anda, Anda dapat menemukan panduan lengkap di situs web produsen perangkat.

Langkah 3: Nonaktifkan Pembaruan Otomatis

Salah satu alasan utama aplikasi kembali ke versi terbaru adalah karena pembaruan otomatis diaktifkan. Jika Anda ingin menghindari pembaruan otomatis dan tetap menggunakan versi aplikasi tertentu, Anda dapat mematikannya.

Untuk mematikan pembaruan otomatis di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Google Play Store” di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas untuk membuka menu.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu.
  4. Pilih “Pembaruan Aplikasi” atau “Pembaruan Otomatis”.
  5. Pilih opsi “Tidak Ada Pembaruan Otomatis” atau “Hanya Jaringan Wi-Fi” jika Anda ingin membatasi pembaruan hanya saat terhubung ke Wi-Fi.

Dengan mematikan pembaruan otomatis, Anda dapat mengendalikan sendiri kapan dan apa yang ingin Anda perbarui pada perangkat Android Anda.

Cara Mengembalikan Aplikasi di Sistem Operasi iOS

Langkah 1: Gunakan Aplikasi Penyimpanan File

Jika Anda ingin mengembalikan aplikasi di perangkat iOS, ada beberapa aplikasi penyimpanan file pihak ketiga yang dapat membantu Anda mendapatkan versi terakhir aplikasi yang ingin Anda kembalikan.

Berikut adalah beberapa aplikasi penyimpanan file yang bisa Anda gunakan:

  • iMazing: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengelola aplikasi iOS dan mendapatkan versi terakhir dari aplikasi yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi iMazing dan mengikuti petunjuk untuk menginstalnya di perangkat Anda.
  • AnyTrans: Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengelola dan mengunduh versi kedua aplikasi yang Anda inginkan. Anda dapat mengunduh AnyTrans dari situs web resmi dan menginstalnya di perangkat iOS Anda.

Setelah Anda menginstal aplikasi penyimpanan file, Anda dapat mengikuti instruksi mereka untuk mengunduh versi terakhir aplikasi dan mengembalikannya ke perangkat iOS Anda.

Langkah 2: Gunakan iTunes

Jika Anda sudah memiliki versi aplikasi yang ingin Anda kembalikan di komputer Anda, Anda dapat menggunakan iTunes untuk menginstalnya kembali ke perangkat iOS.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan iTunes:

  1. Sambungkan perangkat iOS Anda ke komputer Anda menggunakan kabel USB.
  2. Buka aplikasi iTunes di komputer Anda (pastikan Anda memiliki versi terbaru).
  3. Pilih perangkat iOS Anda di iTunes.
  4. Pilih “File Sharing” di panel sebelah kiri.
  5. Pilih aplikasi yang ingin Anda kembalikan dari daftar aplikasi yang muncul.
  6. Di bagian “Dokumen”, pilih file aplikasi versi lama yang ingin Anda kembalikan.
  7. Klik tombol “Simpan ke” atau “Simpan di” untuk menyimpan file aplikasi di komputer Anda.
  8. Pilih “Hapus” untuk menghapus versi terbaru dari aplikasi di perangkat iOS Anda.
  9. Klik tombol “Tambahkan” untuk menambahkan versi lama aplikasi yang Anda simpan sebelumnya ke perangkat iOS Anda.

Dengan menggunakan iTunes, Anda dapat dengan mudah mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya tanpa perlu mengunduh dari sumber eksternal.

Langkah 3: Gunakan Backup Aplikasi

Jika Anda sering mengelola backup aplikasi di perangkat iOS Anda, Anda mungkin memiliki versi lama aplikasi yang ingin Anda kembalikan.

Untuk mengembalikan aplikasi menggunakan backup, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan perangkat iOS Anda ke komputer Anda.
  2. Buka iTunes atau Finder (jika Anda menggunakan macOS Catalina atau versi lebih baru).
  3. Pilih perangkat iOS Anda di iTunes atau Finder.
  4. Pilih opsi “Pulihkan Backup” atau “Pulihkan dari Backup” (tergantung pada versi perangkat iOS Anda).
  5. Pilih backup yang berisi versi lama aplikasi yang ingin Anda kembalikan.
  6. Lanjutkan dengan proses pemulihan backup hingga selesai.

Itu dia, Anda berhasil mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya menggunakan backup aplikasi yang telah Anda simpan sebelumnya.

Cara Mengatasi Masalah Setelah Mengembalikan Aplikasi

Masalah dengan Data

Saat Anda mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya, ada kemungkinan data Anda akan hilang atau tidak kompatibel dengan versi lama. Dalam beberapa kasus, aplikasi mungkin meminta Anda untuk memulihkan data dari versi terbaru. Anda dapat mencoba mengikuti petunjuk aplikasi untuk memulihkannya.

Pembaruan Keamanan

Saat Anda menggunakan versi lama aplikasi, penting untuk diingat bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan pembaruan keamanan terbaru yang diperlukan untuk melindungi perangkat Anda. Penting untuk menjaga perangkat selalu diperbarui agar tetap aman dari ancaman keamanan.

FAQs (Pertanyaan Umum) tentang Cara Mengembalikan Aplikasi ke Versi Sebelumnya

1. Apakah mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya legal?

Ya, mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya adalah legal selama Anda memiliki file APK resmi atau menggunakan metode unduhan resmi aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa mungkin ada batasan dalam hal dukungan teknis atau pembaruan keamanan jika Anda menggunakan versi lama aplikasi.

2. Apa risiko mengunduh APK dari sumber eksternal?

Mengunduh APK dari sumber eksternal dapat memiliki risiko keamanan. Sumber yang tidak terpercaya dapat menyertakan virus atau malware dalam file APK. Penting untuk hanya mendownload dari situs web tepercaya dan memastikan Anda memiliki perlindungan keamanan yang cukup di perangkat Anda.

3. Apakah saya perlu batalkan langganan jika mengembalikan aplikasi ke versi sebelumnya?

Jika aplikasi yang ingin Anda kembalikan menggunakan sistem berlangganan, Anda mungkin perlu membatalkan langganan terlebih dahulu sebelum mengembalikannya ke versi sebelumnya. Setelah itu, Anda dapat memutuskan apakah ingin tetap menggunakan versi lama atau kembali ke versi terbaru dengan melanjutkan langganan.

4. Apakah semua aplikasi dapat diunduh dalam versi APK lama?

Tidak semua aplikasi dapat diunduh dalam versi APK lama. Beberapa aplikasi mungkin memiliki kebijakan keamanan yang mencegah distribusi versi lama. Namun, sebagian besar aplikasi populer terutama yang gratis dan open-source memiliki versi APK lama yang tersedia untuk di

Check Also

Cara Atasi Gagal Kirim Dan Terima Sms

Kenapa Pesan SMS Gagal Terkirim dan Diterima? SMS atau pesan singkat merupakan salah satu cara ... Read more