Cara Tepat Mengatasi Baterai Penuh Tapi

Apakah Anda sering mengalami masalah baterai penuh tapi tetap cepat habis pada perangkat elektronik Anda? Jika iya, Anda tidak sendirian. Banyak orang menghadapi masalah yang sama dan mencari solusi untuk mengatasi hal ini. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 25 cara tepat mengatasi baterai penuh tapi tetap cepat habis yang dapat Anda terapkan. Mari kita mulai!

1. Mematikan Fitur Bluetooth

Jika tidak sedang digunakan, disarankan untuk mematikan fitur Bluetooth pada perangkat Anda. Meskipun fitur ini sangat berguna dalam menghubungkan perangkat dengan aksesori lainnya, seperti headset atau speaker, tetapi penggunaan Bluetooth yang terus-menerus dapat menguras daya baterai dengan cepat. Jadi, jika tidak ada perangkat yang terhubung melalui Bluetooth, matikan fitur ini untuk menghemat daya baterai.

Menghemat Daya Baterai

2. Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar

Layar perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop adalah salah satu penyebab utama kehabisan daya baterai. Agar daya baterai lebih tahan lama, Anda dapat mengurangi tingkat kecerahan layar menjadi level yang lebih rendah. Biasanya, pengaturan kecerahan layar bisa ditemukan di menu pengaturan perangkat Anda. Mengurangi kecerahan layar tidak hanya membantu menghemat daya baterai, tetapi juga dapat mengurangi stres pada mata Anda.

3. Menonaktifkan Fitur Vibrasi

Saat notifikasi masuk atau panggilan telepon masuk, biasanya perangkat akan bergetar. Meskipun hal ini berguna saat situasi di mana Anda tidak dapat atau tidak ingin mengaktifkan nada dering, namun getaran pada perangkat juga dapat menghabiskan daya baterai dengan cepat. Jika Anda tidak sedang dalam situasi di mana getaran diperlukan, lebih baik nonaktifkan fitur ini untuk menghemat daya baterai dan membuat baterai Anda lebih tahan lama.

4. Menggunakan Mode Hemat Baterai

Sebagian besar perangkat elektronik modern, termasuk smartphone, memiliki fitur Mode Hemat Baterai atau Power Saving Mode. Mode ini secara otomatis mengoptimalkan penggunaan daya baterai perangkat Anda dengan mengurangi kinerja prosesor, mematikan sinkronisasi otomatis, dan mengurangi resolusi layar, di antara banyak hal lainnya. Jika Anda bersedia mengorbankan sedikit kinerja perangkat untuk mendapatkan daya baterai yang lebih tahan lama, aktifkan Mode Hemat Baterai ini.

5. Menonaktifkan Fitur Lokasi

Jika perangkat Anda memiliki fitur GPS atau penggunaan lokasi, seperti pada smartphone, menonaktifkan fitur ini dapat menghemat daya baterai dengan signifikan. Fitur ini membutuhkan banyak daya karena perangkat terus-menerus mencari dan memperbarui informasi lokasi Anda. Oleh karena itu, jika Anda tidak membutuhkan fitur ini saat menggunakan aplikasi tertentu atau tidak ada kebutuhan khusus, matikan saja fitur lokasi untuk menghemat daya baterai.

6. Memperbarui Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang tidak mutakhir dapat mempengaruhi daya tahan baterai perangkat Anda. Perusahaan produsen perangkat secara teratur merilis pembaruan perangkat lunak untuk mengoptimalkan performa dan meningkatkan daya tahan baterai. Pastikan Anda selalu memperbarui perangkat lunak perangkat Anda dengan versi terbaru yang dirilis oleh produsen perangkat. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah baterai penuh yang tetap cepat habis.

7. Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Apakah Anda memiliki banyak aplikasi di perangkat Anda yang tidak pernah digunakan? Salah satu alasan mengapa baterai perangkat Anda cepat habis adalah karena aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dan menggunakan daya baterai secara tidak perlu. Untuk mengatasi masalah ini, evaluasi aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda dan hapus atau nonaktifkan aplikasi yang tidak lagi Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda dapat menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda.

8. Mengurangi Jumlah Widget

Widget adalah tampilan kecil pada layar perangkat yang menampilkan informasi seperti cuaca, berita terkini, atau media sosial. Walau sangat berguna, widget dapat mengurangi masa pakai baterai perangkat Anda karena mereka perlu diperbarui dan memuat informasi secara terus-menerus. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi jumlah widget yang aktif pada layar perangkat Anda untuk membantu menghemat daya baterai Anda.

9. Menonaktifkan Pemberitahuan Push

Aplikasi seperti email, media sosial, atau aplikasi perpesanan sering menggunakan fitur pemberitahuan push untuk memberi tahu Anda tentang pesan baru atau pembaruan. Namun, fitur ini dapat membuat perangkat Anda menjadi terus-menerus terkoneksi dengan server, yang pada gilirannya dapat menguras daya baterai dengan cepat. Buka pengaturan aplikasi individu dan nonaktifkan pemberitahuan push, terutama untuk aplikasi yang tidak secara kritis membutuhkan pemberitahuan instan.

10. Membatasi Pembaruan Aplikasi Otomatis

Banyak aplikasi di perangkat Anda akan secara otomatis memperbarui dirinya sendiri melalui toko aplikasi. Meskipun hal ini menjamin Anda selalu memiliki versi aplikasi terbaru, proses pembaruan otomatis ini juga dapat menguras daya baterai. Untuk mengatasi hal ini, batasi pembaruan aplikasi secara otomatis dan lakukan pembaruan hanya ketika perangkat sedang terhubung dengan sumber daya eksternal atau saat Anda sedang mengisi daya baterai perangkat.

11. Mematikan Mode Airplane saat Tidak Digunakan

Mode Pesawat (Airplane mode) pada perangkat Anda mematikan semua konektivitas jaringan, seperti sinyal seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth. Jika Anda tidak sedang membutuhkan koneksi jaringan, aktifkan Mode Pesawat ini untuk menghemat daya baterai perangkat Anda. Hal ini terutama berguna saat Anda berada di tempat dengan sinyal yang lemah, karena perangkat akan terus mencoba mencari sinyal yang dapat menguras daya baterai dengan cepat.

12. Menggunakan Mode Terang

Beberapa perangkat memiliki mode layar terang, seperti mode Outdoor atau Enhanced Brightness, yang meningkatkan kecerahan layar untuk kejelasan optimal saat Anda berada di bawah sinar matahari langsung. Namun, mode ini mengkonsumsi lebih banyak daya baterai dibandingkan menggunakan mode kecerahan standar. Jadi, pastikan Anda menggunakan mode terang hanya ketika diperlukan dan kembali ke mode kecerahan standar saat sinar matahari tidak menyilaukan.

13. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Terkadang, aplikasi di perangkat Anda dapat “menggantung” dan terus berjalan di latar belakang walaupun Anda sudah keluar dari aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya menghabiskan daya baterai, tetapi juga dapat mengurangi kinerja perangkat Anda secara keseluruhan. Untuk mengatasi hal ini, periksa dan hentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang secara manual melalui pengaturan perangkat atau gunakan aplikasi pengelola tugas pihak ketiga.

14. Menonaktifkan Fitur Auto-Brightness

Jika perangkat Anda memiliki fitur Auto-Brightness, yaitu kemampuan perangkat untuk secara otomatis mengatur kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar, pertimbangkan untuk menonaktifkannya. Meskipun fitur ini sangat berguna saat Anda berada di lingkungan dengan pencahayaan yang berbeda-beda, tetapi algoritma pengaturan kecerahan otomatis juga bisa keliru dan menetapkan tingkat kecerahan yang terlalu tinggi, yang pada gilirannya akan mempercepat kehabisan daya baterai. Mengatur kecerahan layar secara manual bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk menghemat daya baterai.

15. Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Notifikasi aplikasi yang terus muncul pada layar perangkat Anda tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat menguras daya baterai. Setiap kali Anda mendapatkan notifikasi baru, perangkat Anda harus melaksanakan sejumlah proses yang menginginkan sumber daya baterai, seperti membunyikan suara, mengaktifkan layar, atau menampilkan ikon notifikasi. Untuk mengatasi hal ini, pergilah ke pengaturan aplikasi individu dan nonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang tidak membutuhkan pemberitahuan instan.

16. Menggunakan Wallpaper yang Minimalis

Wallpaper yang digunakan pada layar perangkat Anda juga dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Wallpaper dengan gambar yang kompleks, berwarna terang, atau bergerak akan mengakibatkan penggunaan daya baterai yang lebih banyak. Pilihlah wallpaper yang minimalis, tidak terlalu berwarna terang, dan tidak bergerak untuk menghemat daya baterai perangkat Anda.

17. Mengurangi Waktu Tid

Check Also

Cara Atasi Gagal Kirim Dan Terima Sms

Kenapa Pesan SMS Gagal Terkirim dan Diterima? SMS atau pesan singkat merupakan salah satu cara ... Read more