apple search

APPLE AKAN MEMBUAT MESIN PENCARI SENDIRI, MAU SAINGI GOOGLE?

Google kembali bermitra dengan Apple untuk menjadikan mesin pencari sebagai browser Safari default di perangkat iOS. Bisa dibilang, nilai kontraknya benar-benar mencengangkan, mencapai 12 miliar dollar AS atau setara 175 triliun rupee.

Kolaborasi antara Google dan Apple sudah ada sejak lama dan jumlah yang harus dibayar Google setiap tahun terus meningkat. Namun, Google sepertinya tidak bermasalah dengan nilai kontrak karena apa yang Anda dapatkan terlihat sangat menguntungkan. Di sisi lain, Apple juga mendapat banyak keuntungan dari kemitraan ini.

Banyak sekali uang yang Apple hasilkan hanya dari Google saja, tetapi tampaknya Apple berpikir bahwa dalam jangka panjang, mereka mungkin lebih baik membuat sesuatu sendiri. Ini pada akhirnya membuat Apple lepas dari ketergantungan Google dan segala jenis intervensi yang mungkin dilakukan Google.

Baca Juga :  SUDAH BISA DICOBA, BEGINI CARA PENGGUNAAN FITUR FLEET TWITTER

Namun menurut kabar terbaru, Apple berencana membuat browser sendiri, yang kemungkinan besar akan terinstal secara default di produknya seperti iPhone, iPad atau Macbook.

Selain itu, beredar pula kabar bahwa Applebot baru-baru ini mengalami peningkatan crawl rate yang signifikan – jumlah kunjungan ke situs untuk mengupdate database – yang semakin memperkuat keraguan terhadap perkembangan mesin pencari.

Kesungguhan Apple semakin terlihat ketika merekrut John Giannandrea, mantan kepala pencarian dan kecerdasan buatan di Google pada 2018. Bill Cogran, mantan CEO Google, sekarang di Sequoia Capital, mengomentari masalah ini.

Seperti yang dirilis Ubegizmo, terdapat laporan dari Financial Times bahwa Apple saat ini sedang mengembangkan mesin pencari untuk mengurangi ketergantungannya pada Google agar lebih mandiri. Faktor lain dalam membangun mesin pencari mungkin adalah kontrol antitrust yang dihadapi Apple saat ini.

Baca Juga :  7 KEBIJAKAN BARU WHATSAPP, PENGGUNA GA BOLEH MENOLAK!!

Tetapi apakah Apple melakukan langkah yang baik? Pasalnya kasus serupa dari Microsoft menimbulkan masalah ketika mencampurkan browser buatan Internet Explorer dengan Windows saat itu.

APPLE AKAN MEMBUAT MESIN PENCARI SENDIRI, MAU SAINGI GOOGLE?

Saat ini Apple sudah menggunakan bit mesin pencari dalam produknya saat ini, seperti “Today View” yang menampilkan hasil pencarian yang didaftarkan oleh Apple, bukan Google.

Upaya Apple untuk membuat mesin pencarinya sendiri menemui keraguan. Ini karena Google memiliki informasi dan pengalaman bertahun-tahun yang membuatnya sempurna untuk mesin pencari.

Jika Apple memang menghidupkan kembali mesin pencarinya, ini adalah pencapaian tersukses di dunia teknologi, karena industri sebesar Microsoft sendiri tidak seberuntung itu dengan kinerja Bing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *