fbpx
Bisa Dapat BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta Tanpa Daftar Mau Begini Caranya!

Bisa Dapat BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta Tanpa Daftar, Mau? Begini Caranya

Kemensos kembali mencanangkan Program Bantuan Sosial, kali ini khusus bagi para pelaku usaha yang tergabung dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Sebelumnya, informasi bantuan sosial untuk modal usahal sebesar Rp 3,5 juta dari Kementerian Sosial dibenarkan oleh Menteri Sosial Juliari P. Patubara.

Ia mengatakan bahwa tujuan pemberian bantuan ini adalah agar penerima manfaat bisa mandiri nantinya. Selain pemberian program penanggulangan dampak wabah, program ini juga merupakan program rutin Kementerian Sosial RI.

“Rintisan usaha yang dikelola KPM PKH Graduasi ini adalah usaha ultra mikro,” kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam keterangan resminya dilansir Fix Indonesia dari laman resmi Kemensos Sabtu 21 November 2020.

Baca Juga :  MULAI 2021, ASN AKAN KANTONGI MINIMAL 9 JUTA DAN GURU BUKAN LAGI PNS

Hingga saat ini ada 10.000 KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha terdampak pandemi.

Baca juga : Program BLT UMKM Diperpanjang Sampai 2021, Cek Disini Persyaratan dan Cara Daftar Onlinenya!

Masing-masing KPM menerima bantuan senilai Rp500 ribu, sehingga total anggarannya mencapai Rp5 miliar sebagai Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU).

“Pada prinsipnya, bantuan untuk usaha kecil itu kan sudah ditangani kementerian tersendiri ya. Bantuan program kewirausahaan Kementerian Sosial menyasar target yang spesifik, yakni para KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha,” ungkapnya Menteri Ari.

Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan wirausaha sosial kepada 10.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi yang memiliki rintisan usaha mikro terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Daftar Beasiswa Kuliah S1, S2, S3 Tahun 2021 Universitas Dalam Dan Luar Negeri

Berikut ini adalah syarat daftar bantuan sosial (bansos) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) atau BLT modal usaha Rp3,5 Juta ini di antaranya:

  1. Warga miskin/rentan miskin
  2. Anggota KPM PKH yang sudah digraduasi
  3. Punya usaha

Calon penerima BLT Modal Usaha Rp3,5 juta ini dapat segera mengecek apakah terdata atau tidak dengan login di laman dtks.kemensos.go.id.

Untuk diketahui, program ini akan ditangani langsung oleh tenaga kerja Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Hal tersebut dapat dipastikan akan ada seleksi untuk mengetahui apakah calon penerima layak menerima bantuan ini atau tidak.

Jika Anda terdaftar di dtks.kemensos.go.id maka Anda dapat segera mencairkan dana BLT Bansos Rp3,5 juta.

Baca Juga :  TAHUN 2021 PEMERINTAH AKAN MENYALURKAN 3 BANSOS SEKALIGUS, APA SAJA?

Karena pelaksanaannya program ini ditangani langsung oleh tenaga kerja kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), jika Anda telah terdaftar dalam dtks.kemensos.go.id, Anda dapat mendatangi kantor kecamatan tempat Anda tinggal.

Adapun jenis usaha yang berhak mendapatkan program bantuan modal usaha adalah usaha kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian dan peternak.

Kemudian Kemensos akan melakukan seleksi terhadap KPM PKH yang sudah di graduasi jika Anda lolos akan diinfokan oleh pendamping PKH.

Artinya, tidak ada data baru melainkan ini diambil dari data keluarga penerima manfaat yang sudah digraduasi oleh Kementrian Sosial. (sumber : pikiran-rakyat.com)

Baca jugaSyarat-syarat yang harus diketahui saat daftar bantuan blt umkm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *