Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk Windows

Terkadang, laptop tidak bisa masuk ke Windows dan oleh sebab itu, kamu perlu memahami cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk Windows. Hal ini supaya kamu paham harus berbuat apa ketika mengalami situasi sulit tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, komputer memang menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia dan bahkan tidak bisa dipisahkan. Namun, masalah seperti tidak bisa masuk ke dalam sistem operasi menjadi penghambat yang cukup merepotkan bagi setiap orang.

Penyebabnya juga sangat bervariasi dan masalah seperti ini umumnya ada dua tipe, yaitu bagian cursor tidak muncul serta cursor muncul. Bahkan, beberapa kasus jauh lebih parah karena ketika akan masuk Windows, komputer malah restart secara terus menerus.

Umumnya, penyebab masalah ini dapat berupa kesalahan install aplikasi, serangan virus, bad sector pada HDD, hingga kegagalan update pada sistem. Namun, kamu akan mengetahui bagaimana caranya supaya masalah tersebut bisa diatasi dan tidak terulang kembali.

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk Windows dengan Di-Restart

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan me-restartnya beberapa kali dan bisa dipakai untuk berbagai macam merek laptop. Untuk caranya sendiri juga cukup mudah dan gampang karena tidak membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

  1. Pertama, ketika kamu sedang menyalakan komputer dan dalam beberapa waktu startscreen laptop tersebut memunculkan warna hitam, maka langsung matikan menggunakan tombol power. Kamu hanya perlu tekan tombol power selama 10 detik hingga komputer kembali mati.
  2. Setelah terdengar suara yang mengindikasikan komputer mati, maka langsung hidupkan kembali dengan tombol yang sama. Umumnya, hanya dalam sekali percobaan masalah tidak bisa masuk ke Windows bisa diatasi dan sebaiknya cara ini jangan terlalu sering dipakai.

Uninstall Program yang Menjadi Masalah

Salah satu fitur yang cukup membantu bagi setiap pengguna komputer atau laptop adalah adanya fitur Safe Mode. Safe Mode sendiri merupakan sebuah program dengan fungsi membuka windows tanpa harus memuat driver yang telah kamu install.

  1. Indikator

Ada indikator yang dapat kamu gunakan untuk melihat ada masalah atau tidak dalam laptop tersebut. Jika kamu bisa masuk ke dalam Safe Mode maka sistem komputer masih normal, sedangkan jika tidak bisa masuk maka ada kerusakan didalamnya.

  1. Cara masuk Safe Mode

Untuk cara masuknya sendiri cukup gampang dan mudah. Matikan komputer> saat masuk BIOS Screen tekan F8> pilih Safe Mode di bagian paling atas> tunggu beberapa saat dan nanti akan terlihat program apa saja yang kemungkinan menjadi masalahnya.

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk Windows dengan Scan Antivirus

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah perangkat komputer diserang oleh virus dan kamu perlu melakukan pencegahan. Caranya adalah melakukan scan antivirus secara rutin setiap bulan supaya hasilnya lebih maksimal daripada memakai fitur Safe Mode.

  1. Langkah-langkahnya

Untuk langkah-langkahnya adalah kamu perlu memiliki antivirus yang sudah memiliki reputasi baik seperti Avast atau sebagainya. Kemudian salin ke HDD eksternal> masuk ke Safe Mode Windows> Install Antivirus melalui Safe Mode> Scan Antivirus melalui mode Full Scan atau Boot Scan.

  1. Catatan

Ada 2 catatan penting yang perlu kamu pahami dalam menggunakan Antivirus. Pertama, scan Antivirus hanya bisa dilakukan jika virus berlum merusak file, serta kedua adalah kamu bisa menggunakan Antivirus bawaan bernama Windows Defender jika memakai Windows 10.

Dengan Memanfaatkan Fitur Restore Point

Cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk Windows selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur bernama Restore Point. Fitur ini akan mengembalikan kondisi laptop atau komputer ke waktu tertentu, misalnya beberapa hari sebelumnya dengan memanfaatkan point time.

  1. Cara memakainya

Untuk cara memakainya kamu hanya perlu menyalakan laptop> tekan F8 setelah melewati BIOS Screen> Repair Computer> System Restore> cek Restore Point. Jika ada Restore Point, maka kamu bisa melakukan System Restore, namun jika tidak maka akan sulit.

  1. Catatan

Perlu kamu ketahui bahwa setiap OS atau sistem operasi akan memiliki langkah-langkah berbeda dalam melakukan System Restore. Ditambah jika kamu belum membuat Restore Point, maka biasanya setiap kali menginstall aplikasi, komputer akan membuat Restore Point otomatis.

Perlu kamu pahami bahwa setiap masalah yang terjadi dan menyebabkan komputer tidak bisa masuk ke Windows bisa disebabkan banyak faktor. Untuk itu, cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk Windows perlu diketahui untuk menyesuaikan penyelesaiannya.

Check Also

Cara Atasi Gagal Kirim Dan Terima Sms

Kenapa Pesan SMS Gagal Terkirim dan Diterima? SMS atau pesan singkat merupakan salah satu cara ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *