fbpx
permen

HINDARI 5 MAKANAN INI AGAR ANAK SEHAT SELAMA MUSIM HUJAN

Saat musin hujan seperti sekarang ini, umumnya anak-anak jauh lebih rentan terhadap penyakit seperti sakit tenggorokan, demam, pilek, flu, pneumonia, masalah kulit hingga asma. Artinya orangtua harus memperhatikan apa yang dikonsumsi anaknya.

Tapi, tidak semua makanan layak dikonsumsi saat musim hujan untuk anak-anak. Berikut sejumlah makanan yang harus dihindari saat musim hujan, seperti dilansir Times of India, Selasa (8/12/2020) diantaranya yaitu:

5 jenis makanan yang harus dihindari saat musim hujan :

1. Makanan asin dan berminyak

Keju, Makanan asin dan berminyak

Sebaiknya hindari makanan lemak dan minyak dari produk hewani selama musim hujan, seperti mentega dan asam lemak omega 6 karena dapat menyebabkan penebalan lendir dan air liur pada tenggorokan anak.

Sebaiknya orangtua lebih memberikan atau menggunakan minyak sayur sebagai pengganti minyak hewani untuk memasak makanan untuk anak di musim hujan.

Baca juga : Mau turunkan berat badan? Berikut 6 tips sarapan sehatnya

2. Permen

permen

Terlalu banyak gula dalam tubuh dapat menurunkan sel darah putih. Tak hanya itu, mengonsumsi gula terlalu banyak dapat akan membuat anak-anak mudah terkena infeksi virus dan bakteri.

Orangtua juga perlu memastikan untuk tidak memberikan minuman bersoda, minuman dingin, permen, dan coklat.

3. Mayones

mayones
(sidomi.com)

Mayones kaya akan histamin, bahan kimia yang membantu tubuh melawan alergi. Mengkonsumsi histamin selama musim hujan dapat memicu produksi lendir, yang dapat menyebabkan masalah tenggorokan.

Histamin ditemukan dalam tomat, alpukat, terong, mayones, cuka jamur, buttermilk, acar, makanan fermentasi dan pengawet buatan.

4. Produk susu

produk susu

Semua protein hewani menyebabkan penebalan air liur dan lendir, yang membuat anak-anak sulit menelan.

Hindari menyajikan sup dan saus berbahan dasar keju, dan krim kepada anak-anak Anda, terutama saat mereka mengalami hidung tersumbat.

5. Daging

daging
(aladokter)

Baca Juga : Memasuki musim hujan, konsumsi 3 vitamin ini supaya makin tangguh

Daging sangat kaya akan protein yang meningkatkan produksi lendir, yang dapat menyebabkan iritasi tenggorokan. Sebaiknya, pilih ikan dan daging organik jika Anda ingin memberi makan daging untuk anak Anda (Sumber : suara.com)