8 faktor penyebab timbulnya jerawat

PUSING DENGAN JERAWAT MEMBANDEL? KENALI 8 FAKTOR PENYEBAB JERAWAT

Ada 8 faktor utama penyebab timbulnya jerawat. Faktor-faktor tersebut antara lain produksi minyak (sebum) yang berlebih, folikel rambut yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, bakteri, dan infeksi.

Jerawat biasanya muncul di wajah, dahi, dada, punggung atas, dan bahu karena area kulit ini mengandung sebagian besar kelenjar sebaceous atau minyak. Folikel rambut terhubung ke kelenjar sebaceous.

Dinding folikel bisa membengkak dan menghasilkan whitehead. Atau penyumbatan mungkin terbuka ke permukaan dan menjadi gelap, menyebabkan munculnya komedo. Komedo terlihat seperti kotoran yang menempel di pori-pori Anda, tetapi sebenarnya komedo penuh dengan bakteri dan minyak, yang berubah menjadi coklat saat terkena udara.

Baca Juga :  INI BAHAYA SINAR BIRU GADGET BAGI MATA

Jerawat adalah munculnya bintik-bintik merah dengan pusat putih yang muncul ketika folikel rambut yang tersumbat menjadi meradang atau terinfeksi bakteri. Penyumbatan dan peradangan jauh di dalam folikel rambut menghasilkan benjolan seperti kista di bawah permukaan kulit.

8 Faktor Penyebab timbulnya jerawat

Pori-pori lain di kulit, yang merupakan bukaan di kelenjar keringat, biasanya tidak menimbulkan jerawat. Ada hal-hal tertentu yang bisa memicu atau memperburuk jerawat. Berikut ulasan yang dikutip dari Mayo Clinic, Sabtu (11/7).

1. Perubahan hormonal

Androgen adalah hormon yang meningkat pada anak laki-laki dan perempuan selama masa pubertas dan menyebabkan kelenjar sebaceous membengkak dan menghasilkan lebih banyak lemak. Perubahan hormonal pada usia paruh baya, terutama pada wanita, dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca Juga :  WASPADA, INILAH 5 BAHAYA ROKOK ELEKTRIK BUAT KESEHATAN

2. Obat-obatan tertentu

Beberapa obat, termasuk yang mengandung kortikosteroid, testosteron, atau litium, dapat memicu atau memperburuk jerawat.

3. Diet

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu, termasuk makanan yang kaya karbohidrat, seperti roti, roti, dan keripik kentang, dapat memperparah jerawat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memeriksa apakah orang yang berjerawat akan mendapat manfaat dari mengikuti pantangan makanan tertentu.

4. Stres

Stres memang tidak menyebabkan jerawat, tapi jika sudah terjangkit, stres bisa memperburuknya.

5. Usia

Orang-orang dari segala usia bisa terkena jerawat, tapi sering terjadi pada remaja.

6. Sejarah keluarga

Genetika berperan dalam jerawat. Jika kedua orang tua Anda berjerawat, kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkannya.

Baca Juga :  TERLALU BANYAK MAKAN TELUR BISA MENYEBABKAN DIABETES?

7. Zat berlemak

Anda mungkin menderita jerawat di mana kulit bersentuhan dengan minyak atau losion dan krim berminyak.

8. Gesekan atau tekanan pada kulit

Hal ini bisa terjadi karena barang-barang seperti handphone,  helm, kerah yang ketat dan tas punggung.

Keyword berdasarkan hasil penelusuran : penyebab badan berjerawat,makanan penyebab timbulnya jerawat,penyebab jerawat di pipi,penyakit dalam yang menyebabkan jerawat,cara mencegah timbulnya jerawat,penyebab timbulnya jerawat pada wanita,penyebab jerawat di wajah,hormon penyebab jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *