Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2

Dalam rangka mendukung pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19, berikut ini kami sajikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring Bahasa Indonesia untuk kelas 7 semester 2. RPP ini dirancang sesuai dengan kurikulum terbaru dan materi pembelajaran yang berlaku di Indonesia.

RPP daring ini disusun dengan memperhatikan karakteristik pembelajaran daring, seperti keterbatasan tatap muka langsung antara guru dan siswa, serta pentingnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, RPP daring ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran secara efektif dan efisien, serta membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan baik.

RPP daring ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

rpp daring bahasa indonesia kelas 7 semester 2

Berikut ini adalah 10 poin penting tentang RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2:

  • Kurikulum terbaru
  • Materi pembelajaran terkini
  • Pembelajaran jarak jauh
  • Menggunakan teknologi informasi
  • Efektif dan efisien
  • Membantu guru mengajar
  • Membantu siswa belajar
  • Terbagi menjadi beberapa bagian
  • Dilengkapi dengan contoh kegiatan
  • Mudah dipahami dan diterapkan

Dengan menggunakan RPP daring ini, diharapkan proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dapat berjalan dengan lancar dan efektif, meskipun dalam situasi pembelajaran jarak jauh.

Kurikulum terbaru

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 disusun berdasarkan kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru dan siswa untuk memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

  • Fleksibilitas

    Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada guru dalam menyusun RPP. Guru dapat memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kondisi lingkungan setempat.

  • Berpusat pada siswa

    Kurikulum Merdeka berpusat pada siswa. Artinya, pembelajaran dirancang berdasarkan kebutuhan dan minat siswa. Siswa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri dan berkolaborasi dengan teman-temannya.

  • Berbasis proyek

    Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek. Melalui pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat belajar memecahkan masalah, bekerja sama, dan berkomunikasi secara efektif.

  • Pemanfaatan teknologi

    Kurikulum Merdeka mendorong pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Guru dan siswa dapat menggunakan berbagai macam platform dan aplikasi digital untuk mendukung proses pembelajaran.

Dengan menggunakan kurikulum terbaru, RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 diharapkan dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih bermakna dan berpusat pada siswa.

Materi pembelajaran terkini

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dirancang dengan menggunakan materi pembelajaran terkini. Materi pembelajaran ini disusun berdasarkan:

Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Kebutuhan dan minat siswa kelas 7 yang berada pada tahap perkembangan remaja awal.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.

Berikut ini adalah beberapa contoh materi pembelajaran terkini yang terdapat dalam RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2:

1. Literasi digital
Siswa belajar tentang bagaimana menggunakan teknologi digital secara bijaksana dan bertanggung jawab. Mereka juga belajar tentang bagaimana mengidentifikasi dan menangkal berita palsu.

2. Literasi finansial
Siswa belajar tentang dasar-dasar pengelolaan keuangan, seperti bagaimana membuat anggaran, menabung, dan berinvestasi. Mereka juga belajar tentang bagaimana menghindari pinjaman online ilegal.

3. Pendidikan karakter
Siswa belajar tentang nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan gotong royong. Mereka juga belajar tentang bagaimana menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

4. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Siswa belajar tentang kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mereka juga belajar tentang bagaimana menggunakan bahasa Indonesia secara efektif dan komunikatif dalam berbagai situasi.

Dengan menggunakan materi pembelajaran terkini, RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 diharapkan dapat membantu siswa untuk mengembangkan kompetensi abad 21 yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Pembelajaran jarak jauh

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dirancang khusus untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh merupakan sistem pendidikan yang memungkinkan siswa untuk belajar dari rumah atau dari mana saja dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

  • Fleksibel

    Pembelajaran jarak jauh menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat belajar. Siswa dapat belajar kapan saja dan di mana saja selama mereka memiliki akses internet.

  • Interaktif

    Pembelajaran jarak jauh dapat dibuat interaktif melalui penggunaan berbagai platform dan aplikasi digital. Siswa dapat berinteraksi dengan guru dan teman sekelasnya secara online.

  • Mandiri

    Pembelajaran jarak jauh mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Siswa harus mampu mengatur waktu belajar mereka sendiri dan mencari sumber belajar yang sesuai.

  • Kreatif

    Pembelajaran jarak jauh memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang kreatif. Guru dapat memanfaatkan video, animasi, dan permainan interaktif untuk menyampaikan materi pelajaran.

Dengan menggunakan RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2, guru dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara efektif dan efisien. Siswa dapat belajar dengan nyaman dari rumah atau dari mana saja, tanpa harus khawatir ketinggalan pelajaran.

Menggunakan teknologi informasi

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dirancang dengan memanfaatkan teknologi informasi. Teknologi informasi dapat membantu guru dan siswa dalam menyampaikan dan menerima materi pelajaran secara efektif dan efisien.

  • Platform pembelajaran daring

    Guru dapat menggunakan berbagai platform pembelajaran daring untuk menyampaikan materi pelajaran, seperti Google Classroom, Zoom, atau Moodle. Platform pembelajaran daring memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi secara online, berbagi file, dan mengerjakan tugas.

  • Aplikasi pembelajaran interaktif

    Guru dapat menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran interaktif untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Aplikasi pembelajaran interaktif dapat berupa video, animasi, permainan, atau simulasi.

  • Media sosial

    Guru dapat menggunakan media sosial untuk berbagi informasi dan materi pelajaran dengan siswa. Media sosial juga dapat digunakan untuk berinteraksi dengan siswa dan menjawab pertanyaan mereka.

  • E-book dan jurnal elektronik

    Guru dan siswa dapat mengakses e-book dan jurnal elektronik untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan terbaru. E-book dan jurnal elektronik dapat diakses melalui internet atau melalui aplikasi khusus.

Dengan menggunakan teknologi informasi, RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara efektif dan efisien.

Efektif dan efisien

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dirancang agar efektif dan efisien dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. Efektif berarti pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan, sedangkan efisien berarti pembelajaran dapat dilaksanakan dengan menggunakan sumber daya yang minimal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 efektif dan efisien:

1. Materi pembelajaran yang sesuai
Materi pembelajaran yang disajikan dalam RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 sesuai dengan kurikulum terbaru dan kebutuhan siswa. Materi pembelajaran disusun secara sistematis dan bertahap, sehingga siswa dapat memahami materi dengan mudah.

2. Metode pembelajaran yang bervariasi
RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Metode pembelajaran yang bervariasi membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.

3. Media pembelajaran yang interaktif
RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang interaktif, seperti video, animasi, permainan, dan simulasi. Media pembelajaran yang interaktif membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

4. Penilaian yang berkelanjutan
RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 menggunakan sistem penilaian yang berkelanjutan. Penilaian berkelanjutan dilakukan melalui berbagai metode, seperti tes tertulis, tes lisan, dan penilaian portofolio. Penilaian berkelanjutan memungkinkan guru untuk memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan umpan balik yang tepat waktu.

Dengan menggunakan RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2, guru dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara efektif dan efisien. Siswa dapat belajar dengan nyaman dari rumah atau dari mana saja, tanpa harus khawatir ketinggalan pelajaran.

Membantu guru dalam pembelajaran

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dirancang untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara efektif dan efisien. RPP daring ini menyediakan berbagai sumber belajar dan kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

  • Tujuan pembelajaran yang jelas

    Setiap RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 memiliki tujuan pembelajaran yang jelas. Tujuan pembelajaran ini menjadi acuan bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran dan menilai hasil belajar siswa.

  • Materi pembelajaran yang lengkap

    RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 menyediakan materi pembelajaran yang lengkap, meliputi materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Materi pembelajaran ini disajikan secara sistematis dan bertahap, sehingga guru dapat menyampaikan materi pelajaran dengan mudah dan siswa dapat memahami materi dengan baik.

  • Metode pembelajaran yang bervariasi

    RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi, seperti ceramah, tanya jawab, penugasan, dan permainan. Guru dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran yang akan disampaikan.

  • Media pembelajaran yang interaktif

    RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang interaktif, seperti video, presentasi, dan simulasi. Media pembelajaran yang interaktif membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

Dengan menggunakan RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2, guru dapat mempermudah pekerjaan pembelajaran, sehingga dapat lebih fokus pada proses pembelajaran itu sendiri. Guru juga dapat memantau siswa menggunakan fitur realtime dan mengatur waktu pembelajaran dengan efektif.

Membantu siswa dalam belajar

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dirancang untuk membantu siswa belajar secara efektif dan efisien dari rumah atau dari mana saja. RPP daring ini menyediakan berbagai sumber belajar dan kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa untuk memahami materi pelajaran.

  • Tujuan pembelajaran yang jelas

    Setiap RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 memiliki tujuan pembelajaran yang jelas. Tujuan pembelajaran ini membantu siswa mengetahui apa yang harus mereka pelajari dan capai dalam setiap kegiatan pembelajaran.

  • Materi pembelajaran yang lengkap

    RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 menyediakan materi pembelajaran yang lengkap, meliputi materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Materi pembelajaran ini disajikan secara sistematis dan bertahap, sehingga siswa dapat memahami materi dengan mudah.

  • Metode pembelajaran yang bervariasi

    RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi, seperti ceramah, tanya jawab, penugasan, dan permainan. Siswa dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar mereka.

  • Media pembelajaran yang interaktif

    RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang interaktif, seperti video, presentasi, dan simulasi. Media pembelajaran yang interaktif membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

Dengan menggunakan RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2, siswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan dari rumah atau dari mana saja. Siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja, serta dapat berinteraksi dengan guru dan teman sekelasnya secara online.

Ter分成 beberapa bagian

RPP Bahasa Indonesia 7 semester 2 ter分成 beberapa bagian, yaitu:

  • Pendahuluan

    Bagian pendahuluan berisi tentang tujuan pembelajaran, indikator keberhasilan, dan materi pembelajaran.

  • Kegiatan pembelajaran

    Bagian kegiatan pembelajaran berisi tentang langkah- langkah pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru dan siswa, serta aokasi waktu untuk setiap langkah pembelajaran.

  • Penilaian

    Bagian penilaian berisi tentang teknik penilaian yang akan digunakan untuk menilai pencapain tujuan pembelajaran, serta kriteria penilaian.

  • Lampiran

    Bagian lampiran berisi tentang materi pembelajaran tambahan, seperti LKPD, bahan bacaan, dan sebagainya.

Dengan ter分成nya RPP Bahasa Indonesia 7 semester 2 menjadi beberapa bagian, maka guru dapat lebih mudah dalam mempersiapkan dan menyampaikan materi pembelajaran, serta menilai pencapain tujuan pembelajaran siswa.

Dilengkapi dengan contoh kegiatan

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dilengkapi dengan contoh kegiatan yang bervariasi dan menarik. Contoh kegiatan ini dapat digunakan oleh guru untuk memperkaya kegiatan pembelajaran di kelas. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan yang terdapat dalam RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2:

1. Kegiatan membaca
Siswa membaca teks bacaan yang disediakan oleh guru. Setelah membaca teks bacaan, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks bacaan.

2. Kegiatan menulis
Siswa menulis cerita pendek, puisi, atau artikel. Siswa juga dapat menulis surat kepada teman atau keluarga.

3. Kegiatan berbicara
Siswa berdiskusi dengan teman sekelasnya tentang suatu topik. Siswa juga dapat mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas.

4. Kegiatan mendengarkan
Siswa mendengarkan rekaman audio atau video yang berisi percakapan, pidato, atau berita. Setelah mendengarkan rekaman, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi rekaman.

Dengan menggunakan contoh kegiatan yang terdapat dalam RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2, guru dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Siswa juga dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien.

Mudah dipahami dan diterapkan

RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dirancang agar mudah dipahami dan diterapkan oleh guru. RPP daring ini disusun dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas, serta tidak menggunakan istilah-istilah yang sulit. Selain itu, RPP daring ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh kegiatan yang konkret dan mudah diikuti.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 mudah dipahami dan diterapkan:

1. Struktur yang jelas
RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 memiliki struktur yang jelas dan mudah diikuti. Setiap bagian dari RPP daring ini diberi judul dan keterangan yang jelas, sehingga guru dapat dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan.

2. Bahasa yang sederhana dan jelas
RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 disusun dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas. Guru dapat dengan mudah memahami isi RPP daring ini tanpa harus membaca ulang berkali-kali.

3. Tidak menggunakan istilah-istilah yang sulit
RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 tidak menggunakan istilah-istilah yang sulit atau tidak umum digunakan. Hal ini membuat RPP daring ini mudah dipahami oleh guru, meskipun mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan bahasa Indonesia.

4. Dilengkapi dengan contoh-contoh kegiatan yang konkret dan mudah diikuti
RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 dilengkapi dengan contoh-contoh kegiatan yang konkret dan mudah diikuti. Guru dapat dengan mudah menerapkan kegiatan-kegiatan ini di kelas tanpa harus bingung atau kesulitan.

Dengan menggunakan RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2, guru dapat mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan lebih mudah dan efektif. Guru juga dapat membantu siswa belajar bahasa Indonesia dengan lebih menyenangkan dan bermakna.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP:

Pertanyaan 1: Apa itu RPP?
Jawaban 1: RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah dokumen yang berisi rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru dalam satu pertemuan atau lebih.

Pertanyaan 2: Apa fungsi RPP?
Jawaban 2: RPP berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. RPP membantu guru untuk mempersiapkan materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat. Selain itu, RPP juga membantu guru untuk mengevaluasi hasil pembelajaran siswa.

Pertanyaan 3: Siapa yang menyusun RPP?
Jawaban 3: RPP disusun oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menyusun RPP?
Jawaban 4: RPP disusun dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku. RPP harus memuat komponen-komponen berikut: tujuan pembelajaran, indikator keberhasilan, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian.

Pertanyaan 5: Kapan RPP harus disusun?
Jawaban 5: RPP harus disusun sebelum guru melaksanakan pembelajaran. RPP dapat disusun secara per minggu atau per semester, tergantung pada kebijakan sekolah.

Pertanyaan 6: Apa saja jenis-jenis RPP?
Jawaban 6: Ada beberapa jenis RPP, antara lain: RPP Kurikulum 2013, RPP Kurikulum Merdeka, dan RPP Daring.

Pertanyaan 7: Di mana saya dapat menemukan contoh RPP?
Jawaban 7: Anda dapat menemukan contoh RPP di berbagai sumber, seperti internet, buku, dan jurnal pendidikan.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP. Semoga bermanfaat.

Selain memahami tentang RPP, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips dalam menyusun RPP yang efektif. Tips-tips tersebut akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menyusun RPP yang efektif:

1. Pahami kurikulum yang berlaku
Sebelum menyusun RPP, pastikan Anda memahami kurikulum yang berlaku. Kurikulum berisi tentang tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.

2. Tentukan tujuan pembelajaran yang jelas
Tujuan pembelajaran adalah hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara jelas, terukur, dan dapat diamati.

3. Pilih materi pembelajaran yang relevan
Materi pembelajaran yang dipilih harus relevan dengan tujuan pembelajaran dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Materi pembelajaran juga harus disajikan secara menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

4. Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi
Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak merasa bosan dan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain: ceramah, diskusi, tanya jawab, permainan, dan simulasi.

5. Siapkan media pembelajaran yang tepat
Media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran secara lebih konkret. Pilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

6. Lakukan penilaian secara berkala
Penilaian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran. Penilaian dapat dilakukan secara berkala, seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.

Demikian beberapa tips dalam menyusun RPP yang efektif. Semoga bermanfaat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menyusun RPP yang efektif dan membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Kesimpulan

RPP merupakan dokumen penting yang harus disusun oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. RPP berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian. RPP yang efektif dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam menyusun RPP, guru perlu memahami kurikulum yang berlaku, menentukan tujuan pembelajaran yang jelas, memilih materi pembelajaran yang relevan, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menyiapkan media pembelajaran yang tepat, dan melakukan penilaian secara berkala.

Dengan mengikuti tips-tips dalam menyusun RPP yang efektif, guru dapat membantu siswa dalam belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan. Guru juga dapat mengevaluasi hasil pembelajaran siswa dengan lebih akurat.

Demikian artikel tentang RPP daring bahasa Indonesia kelas 7 semester 2. Semoga bermanfaat bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Images References :

Check Also

rpp 1 lembar ips smp kelas 7 semester 2

RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas 7 Semester 2

RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas 7 Semester 2 adalah rencana pelaksanaan pembelajaran singkat dan ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *