RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka


RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka merupakan perangkat pembelajaran yang disusun berdasarkan kurikulum merdeka yang diterapkan di Indonesia. RPP ini dirancang untuk membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas 10.

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka disusun berdasarkan prinsip-prinsip merdeka belajar, yaitu berpusat pada peserta didik, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik, serta memberikan ruang yang luas bagi kreativitas dan inovasi guru dalam pembelajaran.

Dalam RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka, guru diberikan kebebasan untuk memilih pendekatan, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kondisi lingkungan belajar. Guru juga diberikan keleluasaan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri, seperti silabus, RPP, dan lembar kerja peserta didik.

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 kurikulum merdekaa

RPP Akidah Akhlak Kelas 10 kurikulum merdekaa memiliki 9 poin penting sebagai berikut:

  • Berpusat pada peserta didik
  • Fleksibel dan adaptif
  • Mengajar sesuai minat & bakat
  • Mengembangkan karakter
  • Menanamkan nilai agama
  • Memperkuat akidah
  • Membentuk akhlak mulia
  • Menyiapkan generasi beriman
  • Menyiapkan generasi bertaqwa

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 kurikulum merdekaa dirancang untuk membantu guru dalam merencanakan danmelaksanakan kegiatan pembalajaran Akidah Akhlak di kelas 10 dengan lebih kreatif daninovatif.

Berpusat pada peserta didik

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka berpusat pada peserta didik, artinya pembelajaran dirancang berdasarkan kebutuhan, karakteristik, dan perkembangan peserta didik. Guru harus memahami gaya belajar, minat, bakat, dan potensi peserta didik agar dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dan bermakna.

Dalam RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka, guru diberikan keleluasaan untuk memilih pendekatan, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kondisi lingkungan belajar. Guru juga diberikan keleluasaan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri, seperti silabus, RPP, dan lembar kerja peserta didik.

Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi pengetahuan, mengembangkan keterampilan, dan membentuk sikap sesuai dengan minat dan bakat mereka. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berkesan bagi peserta didik.

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka juga menekankan pentingnya pengembangan karakter dan penanaman nilai agama. Guru diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak mulia kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran yang relevan dan kontekstual.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, serta memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan.

Fleksibel dan adaptif

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka bersifat fleksibel dan adaptif, artinya RPP ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik, serta kondisi lingkungan belajar.

  • Waktu pelaksanaan pembelajaran fleksibel

    Guru dapat mengatur waktu pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Misalnya, jika peserta didik sedang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan lainnya, guru dapat menyesuaikan waktu pelaksanaan pembelajaran.

  • Tempat pelaksanaan pembelajaran fleksibel

    Pembelajaran tidak harus selalu dilaksanakan di dalam kelas. Guru dapat memanfaatkan berbagai tempat untuk melaksanakan pembelajaran, seperti perpustakaan, laboratorium, aula, atau bahkan di luar sekolah.

  • Metode pembelajaran bervariasi

    Guru dapat memilih metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran. Misalnya, guru dapat menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, atau pembelajaran berbasis proyek.

  • Media pembelajaran beragam

    Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran. Misalnya, guru dapat menggunakan buku teks, gambar, video, audio, atau media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berkesan.

Mengajar sesuai minat & bakat

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya mengajar sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. Hal ini didasarkan pada pemahaman bahwa setiap peserta didik memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda, sehingga pembelajaran yang efektif harus disesuaikan dengan minat dan bakat tersebut.

  • Mengenali minat dan bakat peserta didik

    Guru harus terlebih dahulu mengenali minat dan bakat peserta didiknya. Hal ini dapat dilakukan melalui observasi, wawancara, atau angket.

  • Menyusun materi pembelajaran yang relevan

    Setelah mengetahui minat dan bakat peserta didik, guru dapat menyusun materi pembelajaran yang relevan dan menarik bagi peserta didik. Misalnya, jika peserta didik memiliki minat di bidang seni, guru dapat menyusun materi pembelajaran yang berkaitan dengan seni.

  • Menggunakan metode pembelajaran yang tepat

    Guru juga harus memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. Misalnya, jika peserta didik memiliki gaya belajar visual, guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang berbasis pada gambar atau video.

  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat

    Guru harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Misalnya, guru dapat memberikan tugas proyek yang memungkinkan peserta didik untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka memungkinkan guru untuk melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berkesan.

Mengembangkan karakter

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mengembangkan karakter peserta didik. Karakter merupakan sifat-sifat khas yang dimiliki oleh seseorang yang terbentuk melalui proses pendidikan dan pengalaman hidup.

  • Menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak mulia

    RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak mulia kepada peserta didik. Nilai-nilai tersebut meliputi kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, tolong-menolong, dan kasih sayang.

  • Memberikan contoh yang baik

    Guru sebagai pendidik harus memberikan contoh yang baik kepada peserta didik. Hal ini karena peserta didik cenderung meniru perilaku gurunya. Oleh karena itu, guru harus berperilaku sesuai dengan nilai-nilai agama dan akhlak mulia yang ingin ditanamkan kepada peserta didik.

  • Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif

    Lingkungan belajar yang kondusif dapat mendukung pengembangan karakter peserta didik. Lingkungan belajar yang kondusif adalah lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menghargai perbedaan.

  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan karakternya

    Guru harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan karakternya. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan keagamaan, atau kegiatan sosial lainnya.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang kuat dan berakhlak mulia.

Menanamkan nilai agama

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai agama kepada peserta didik. Nilai-nilai agama merupakan ajaran-ajaran yang bersumber dari kitab suci dan ajaran nabi.

  • Mempelajari kitab suci dan ajaran nabi

    RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkan peserta didik untuk mempelajari kitab suci dan ajaran nabi. Hal ini bertujuan agar peserta didik memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menyelenggarakan kegiatan keagamaan

    RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka menyelenggarakan kegiatan keagamaan secara rutin. Kegiatan keagamaan tersebut meliputi salat berjamaah, membaca Al-Qur’an, dan pengajian.

  • Memberikan contoh yang baik

    Guru sebagai pendidik harus memberikan contoh yang baik kepada peserta didik. Hal ini karena peserta didik cenderung meniru perilaku gurunya. Oleh karena itu, guru harus berperilaku sesuai dengan nilai-nilai agama yang ingin ditanamkan kepada peserta didik.

  • Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif

    Lingkungan belajar yang kondusif dapat mendukung penanaman nilai-nilai agama pada peserta didik. Lingkungan belajar yang kondusif adalah lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menghargai perbedaan.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai agama yang kuat dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Memperkuat akidah

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memperkuat akidah peserta didik. Akidah merupakan keyakinan yang mendasar dan tidak dapat diganggu gugat.

  • Mempelajari tauhid

    RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkan peserta didik untuk mempelajari tauhid. Tauhid adalah ilmu tentang keesaan Allah SWT.

  • Mempelajari sifat-sifat Allah SWT

    RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkan peserta didik untuk mempelajari sifat-sifat Allah SWT. Sifat-sifat Allah SWT meliputi sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz.

  • Mempelajari asmaul husna

    RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkan peserta didik untuk mempelajari asmaul husna. Asmaul husna adalah nama-nama baik Allah SWT.

  • Mempelajari rukun iman

    RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkan peserta didik untuk mempelajari rukun iman. Rukun iman adalah enam perkara yang wajib diimani oleh setiap muslim.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki akidah yang kuat dan tidak mudah tergoyahkan.

Membentuk akhlak mulia

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka bertujuan untuk membentuk akhlak mulia pada peserta didik. Akhlak mulia merupakan perilaku yang baik dan terpuji yang sesuai dengan norma-norma agama dan sosial.

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkan peserta didik untuk memiliki akhlak mulia, antara lain:

  • Jujur

Jujur berarti mengatakan yang sebenarnya dan tidak berbohong. Orang yang jujur akan dipercaya oleh orang lain.

Amanah

Amanah berarti dapat dipercaya. Orang yang amanah akan menjaga rahasia dan tidak berkhianat.

Tanggung jawab

Tanggung jawab berarti berani menanggung segala akibat dari tindakan yang dilakukan. Orang yang tanggung jawab akan menyelesaikan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Disiplin

Disiplin berarti menaati peraturan dan tidak melanggarnya. Orang yang disiplin akan hidup tertib dan orderly.

Kerja keras

Kerja keras berarti berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan. Orang yang kerja keras akan sukses dalam hidup.

Tolong-menolong

Tolong-menolong berarti saling membantu dan bekerja sama. Orang yang tolong-menolong akan hidup rukun dan damai.

Kasih sayang

Kasih sayang berarti saling menyayangi dan menghargai. Orang yang kasih sayang akan hidup bahagia dan tentram.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki akhlak mulia dan menjadi pribadi yang baik di masyarakat.

Menyiapkan generasi beriman

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menyiapkan generasi beriman. Generasi beriman adalah generasi yang memiliki keyakinan yang kuat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkan peserta didik untuk menjadi generasi beriman, antara lain:

  • Mempelajari kitab suci dan ajaran nabi

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkan peserta didik untuk mempelajari kitab suci dan ajaran nabi. Hal ini bertujuan agar peserta didik memahami dan mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Menyelenggarakan kegiatan keagamaan

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka menyelenggarakan kegiatan keagamaan secara rutin. Kegiatan keagamaan tersebut meliputi salat berjamaah, membaca Al-Qur’an, dan pengajian.

Memberikan contoh yang baik

Guru sebagai pendidik harus memberikan contoh yang baik kepada peserta didik. Hal ini karena peserta didik cenderung meniru perilaku gurunya. Oleh karena itu, guru harus berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang ingin ditanamkan kepada peserta didik.

Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif

Lingkungan belajar yang kondusif dapat mendukung penanaman nilai-nilai agama pada peserta didik. Lingkungan belajar yang kondusif adalah lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menghargai perbedaan.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Menyϒϒ bertaqwa

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menyiapkanϒϒ bertaqwa. Generasi bertaqwa adalahϒϒ yang menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

  • Mempelajari kitabϒ dan ajaran nabi

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka mengajarkanϒ didik untuk mempelajari kitabϒ dan ajaran nabi. Hal ini bertujuan agarϒ didik memahami dan mengamalkan ajaranϒ dalam kehidupan sehari-hari.

Menyelenggarakan kegiatan keagamaan

RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka menyelenggarakan kegiatan keagamaan secara rutin. Kegiatan keagamaan tersebut meliputi salat berjamaah, mengaji Al-Qur’an, dan berzikir.

Memberikan contoh yang baik

ϒϒ sebagai pendidik harus memberikan contoh yang baik kepadaϒ didik. Hal ini karenaϒ didik cenderung meniru perilakuϒnya. Oleh karena itu,ϒϒ harus berperilakuϒ dengan ajaranϒ yangϒ ditunjukan kepadaϒ didik.

Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif

Lingkungan belajar yang kondusif dapatϒ penanaman nilai-ϒϒ padaϒ didik. Lingkungan belajar yang kondusif adalah lingkungan belajar yang aman,ϒ, dan menghargai perbedaan.

Dengan demikian, RPP Merdeka Akidah Akhlak Kelas 10 Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepadaϒ Yang Maha Esa dan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP:

Question 1: Apa itu RPP?
RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP merupakan perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran di kelas.

Question 2: Apa tujuan RPP?
Tujuan RPP adalah untuk membantu guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan adanya RPP, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang sistematis dan terarah, sehingga kegiatan pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan lancar dan bermakna.

Question 3: Apa saja komponen RPP?
Komponen RPP meliputi:

  1. Identitas sekolah
  2. Identitas guru
  3. Kelas dan semester
  4. Mata pelajaran
  5. Pokok bahasan
  6. Alokasi waktu
  7. Tujuan pembelajaran
  8. Materi pembelajaran
  9. Metode pembelajaran
  10. Media pembelajaran
  11. Evaluasi pembelajaran

Question 4: Bagaimana cara menyusun RPP?
Ada beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menyusun RPP, antara lain:

  1. Menganalisis kurikulum
  2. Menetapkan tujuan pembelajaran
  3. Memilih materi pembelajaran
  4. Menentukan metode pembelajaran
  5. Memilih media pembelajaran
  6. Menyusun rencana evaluasi pembelajaran

Question 5: Bagaimana cara melaksanakan RPP?
Untuk melaksanakan RPP, guru dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mempersiapkan diri sebelum mengajar
  2. Mengawali pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan
  3. Menyampaikan materi pembelajaran
  4. Melaksanakan kegiatan diskusi dan tanya jawab
  5. Memberikan tugas dan latihan
  6. Menutup pembelajaran dengan kegiatan penutup

Question 6: Bagaimana cara mengevaluasi RPP?
RPP dapat dievaluasi dengan cara:

  1. Mengevaluasi tujuan pembelajaran
  2. Mengevaluasi materi pembelajaran
  3. Mengevaluasi metode pembelajaran
  4. Mengevaluasi media pembelajaran
  5. Mengevaluasi rencana evaluasi pembelajaran

Question 7: Apa saja tips untuk menyusun RPP yang baik?
Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyusun RPP yang baik:

  1. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami
  2. Susun RPP dengan sistematis dan terarah
  3. Sesuaikan RPP dengan karakteristik peserta didik dan kondisi lingkungan belajar
  4. Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi
  5. Pilih media pembelajaran yang tepat
  6. Susun rencana evaluasi pembelajaran yang komprehensif

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan guru dapat menyusun RPP yang baik dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Selain FAQ di atas, berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk menyusun RPP yang baik:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk menyusun RPP yang baik:

Tip 1: Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami
Bahasa yang digunakan dalam RPP harus jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau rumit.

Tip 2: Susun RPP dengan sistematis dan terarah
RPP harus disusun dengan sistematis dan terarah. Hal ini akan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.

Tip 3: Sesuaikan RPP dengan karakteristik peserta didik dan kondisi lingkungan belajar
RPP harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kondisi lingkungan belajar. Misalnya, jika peserta didik lebih menyukai pembelajaran yang aktif dan kreatif, maka guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran yang menarik.

Tip 4: Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi
Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar pembelajaran tidak membosankan. Misalnya, guru dapat menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, permainan, atau simulasi.

Tip 5: Pilih media pembelajaran yang tepat
Pilih media pembelajaran yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran. Misalnya, guru dapat menggunakan buku teks, gambar, video, audio, atau media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Tip 6: Susun rencana evaluasi pembelajaran yang komprehensif
Susun rencana evaluasi pembelajaran yang komprehensif untuk menilai hasil belajar peserta didik. Rencana evaluasi pembelajaran harus mencakup berbagai aspek, seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan guru dapat menyusun RPP yang baik dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Demikian beberapa tips untuk menyusun RPP yang baik. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan guru dapat menghasilkan RPP yang berkualitas dan dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Conclusion

RPP merupakan perangkat pembelajaran yang penting bagi guru untuk mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. RPP yang baik akan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran secara efektif dan efisien, sehingga peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dengan baik.

Dalam menyusun RPP, guru harus memperhatikan beberapa hal, seperti tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan rencana evaluasi pembelajaran. Guru juga harus menyesuaikan RPP dengan karakteristik peserta didik dan kondisi lingkungan belajar.

Dengan mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan sebelumnya, diharapkan guru dapat menyusun RPP yang baik dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna.

RPP yang baik akan membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP juga akan membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan bermakna.

Oleh karena itu, guru harus selalu berusaha untuk menyusun RPP yang baik dan melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

Images References :

Check Also

rpp 1 lembar ips smp kelas 7 semester 2

RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas 7 Semester 2

RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas 7 Semester 2 adalah rencana pelaksanaan pembelajaran singkat dan ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *