Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin


Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin

Indonesia merupakan negara yang menganut sistem presidensial. Dalam sistem ini, terdapat seorang presiden yang dibantu oleh seorang wakil presiden. Wakil presiden bertugas membantu presiden dalam menjalankan tugasnya, dan menjadi pengganti presiden jika terjadi sesuatu yang menghalangi presiden untuk menjabat.

Saat ini, wakil presiden Indonesia adalah KH. Ma’ruf Amin. Beliau terpilih sebagai wakil presiden bersama dengan Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan umum presiden tahun 2019. Ma’ruf Amin merupakan seorang ulama dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Sebelum menjadi wakil presiden, beliau pernah menjabat sebagai Rais Aam PBNU selama dua periode.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil presiden, Ma’ruf Amin mempunyai sejumlah peran dan tanggung jawab. Beberapa di antaranya akan dibahas lebih lanjut pada bagian selanjutnya.

wakil presiden jokowi

Berikut ini adalah 10 poin penting tentang wakil presiden Indonesia, Ma’ruf Amin:

  • Nama lengkap: KH. Ma’ruf Amin
  • Lahir: 11 Maret 1943
  • Tempat lahir: Tangerang, Banten
  • Jabatan saat ini: Wakil Presiden Indonesia
  • Periode jabatan: 2019-2024
  • Partai politik: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  • Latar belakang pendidikan: Universitas Ibnu Khaldun (S1), Universitas Indonesia (S2)
  • Pengalaman organisasi: Rais Aam PBNU (2015-2020)
  • Penghargaan: Bintang Mahaputera Adipradana (2019)
  • Istri: Wury Estu Handayani

Demikian 10 poin penting tentang wakil presiden Indonesia, Ma’ruf Amin.

Nama lengkap: KH. Ma’ruf Amin

Wakil presiden Indonesia saat ini bernama lengkap KH. Ma’ruf Amin. Beliau lahir di Tangerang, Banten, pada tanggal 11 Maret 1943. Nama “KH” di depan namanya merupakan singkatan dari “Kiai Haji”, sebuah gelar kehormatan yang diberikan kepada ulama yang dihormati di Indonesia.

Ma’ruf Amin menempuh pendidikan di Universitas Ibnu Khaldun untuk gelar sarjana (S1) dan Universitas Indonesia untuk gelar magister (S2). Beliau juga aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU), sebuah organisasi massa Islam terbesar di Indonesia. Pada tahun 2015-2020, beliau menjabat sebagai Rais Aam PBNU, posisi tertinggi dalam struktur organisasi NU.

Dalam dunia politik, Ma’ruf Amin pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada periode 1999-2004. Pada tahun 2019, beliau maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan umum presiden. Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil memenangkan pemilu dan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019.

Sebagai wakil presiden, Ma’ruf Amin memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawab, di antaranya membantu presiden dalam menjalankan tugasnya, mewakili presiden dalam acara-acara tertentu, dan menggantikan presiden jika terjadi sesuatu yang menghalangi presiden untuk menjabat.

Lahir: 11 Maret 1943

Wakil presiden Indonesia saat ini, KH. Ma’ruf Amin, lahir pada tanggal 11 Maret 1943 di Tangerang, Banten. Beliau merupakan anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan KH. Muhammad Amin dan Hj. Maimunah.

Ma’ruf Amin lahir dan dibesarkan dalam keluarga yang religius. Ayahnya adalah seorang kiai dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Sejak kecil, Ma’ruf Amin sudah belajar ilmu agama dari ayahnya dan guru-guru ngaji di kampungnya.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, Ma’ruf Amin melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Di Tebuireng, beliau belajar ilmu agama dan bahasa Arab selama enam tahun. Setelah lulus dari Tebuireng, beliau melanjutkan pendidikannya di Universitas Ibnu Khaldun, Jakarta, dan memperoleh gelar sarjana (S1) dalam bidang hukum Islam.

Setelah lulus kuliah, Ma’ruf Amin aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada periode 2015-2020.

Tempat lahir: Tangerang, Banten

Wakil presiden Indonesia saat ini, KH. Ma’ruf Amin, lahir di Tangerang, Banten, pada tanggal 11 Maret 1943. Tangerang merupakan sebuah kota yang terletak di sebelah barat Jakarta, ibu kota Indonesia. Dahulu, Tangerang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun sejak tahun 2000 menjadi bagian dari Provinsi Banten.

Tangerang memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Kota ini pernah menjadi pusat perdagangan dan pelayaran pada masa Kerajaan Banten. Pada masa penjajahan Belanda, Tangerang menjadi salah satu pusat perkebunan kopi dan teh. Setelah Indonesia merdeka, Tangerang berkembang menjadi kota industri dan perumahan.

Ma’ruf Amin lahir dan dibesarkan di lingkungan masyarakat yang religius dan nasionalis. Ayahnya, KH. Muhammad Amin, adalah seorang kiai dan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Ma’ruf Amin sendiri sejak kecil sudah aktif di organisasi Nahdlatul Ulama (NU), sebuah organisasi massa Islam terbesar di Indonesia.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di Tangerang, Ma’ruf Amin melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Beliau kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Ibnu Khaldun, Jakarta, dan memperoleh gelar sarjana (S1) dalam bidang hukum Islam.

Jabatan saat ini: Wakil Presiden Indonesia

Wakil presiden Indonesia saat ini, KH. Ma’ruf Amin, menjabat sebagai wakil presiden sejak 20 Oktober 2019. Ia mendampingi presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk periode 2019-2024.

  • Membantu presiden dalam menjalankan tugasnya

    Wakil presiden membantu presiden dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Tugas dan tanggung jawab wakil presiden diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

  • Mewakili presiden dalam acara-acara tertentu

    Wakil presiden sering mewakili presiden dalam menghadiri acara-acara resmi, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini dilakukan apabila presiden berhalangan hadir.

  • Menggantikan presiden jika terjadi sesuatu

    Jika terjadi sesuatu yang menyebabkan presiden tidak dapat menjalankan tugasnya, maka wakil presiden akan menggantikan presiden. Hal ini diatur dalam Pasal 8 Undang-Undang Dasar 1945.

  • Memimpin sidang kabinet jika presiden berhalangan

    Wakil presiden juga bertugas memimpin sidang kabinet jika presiden berhalangan hadir. Sidang kabinet adalah rapat yang dihadiri oleh presiden, wakil presiden, dan para menteri untuk membahas dan memutuskan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Selain tugas dan tanggung jawab tersebut, wakil presiden juga dapat ditugaskan oleh presiden untuk melaksanakan tugas-tugas khusus. Misalnya, pada tahun 2020, wakil presiden Ma’ruf Amin ditugaskan oleh presiden untuk memimpin Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Periode jabatan: 2019-2024

Wakil presiden Indonesia saat ini, KH. Ma’ruf Amin, menjabat untuk periode 2019-2024. Periode jabatan wakil presiden mengikuti periode jabatan presiden yang dipilih dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden.

Ma’ruf Amin terpilih sebagai wakil presiden bersama dengan Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan umum presiden tahun 2019. Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil memenangkan pemilu dan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019.

Periode jabatan wakil presiden selama lima tahun. Setelah masa jabatannya berakhir, wakil presiden dapat dipilih kembali untuk satu periode berikutnya.

Masa jabatan wakil presiden Ma’ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Setelah itu, akan diadakan pemilihan umum presiden dan wakil presiden untuk memilih pengganti Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Partai politik: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Wakil presiden Indonesia saat ini, KH. Ma’ruf Amin, merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB adalah salah satu partai politik Islam terbesar di Indonesia.

PKB didirikan pada tanggal 23 Juli 1998 oleh Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang kemudian menjadi presiden Indonesia keempat. PKB berhaluan Islam moderat dan menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme dan demokrasi.

Ma’ruf Amin bergabung dengan PKB sejak partai tersebut didirikan. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum PKB pada periode 2000-2005 dan 2008-2014. Saat ini, Ma’ruf Amin menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro PKB.

PKB merupakan salah satu partai pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada pemilihan umum presiden tahun 2019. PKB juga memperoleh kursi menteri dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, yaitu Menteri Ketenagakerjaan yang dijabat oleh Ida Fauziyah.

Latar belakang pendidikan: Universitas Ibnu Khaldun (S1), Universitas Indonesia (S2)

Wakil presiden Indonesia saat ini, KH. Ma’ruf Amin, menempuh pendidikan tinggi di dua universitas ternama di Indonesia, yaitu Universitas Ibnu Khaldun dan Universitas Indonesia.

Universitas Ibnu Khaldun adalah sebuah universitas swasta yang berlokasi di Jakarta. Universitas ini didirikan pada tahun 1958 dan memiliki fokus pada ilmu-ilmu sosial dan humaniora, termasuk hukum Islam.

Ma’ruf Amin menempuh pendidikan sarjana (S1) di Universitas Ibnu Khaldun pada tahun 1968. Beliau mengambil jurusan hukum Islam dan lulus pada tahun 1973.

Setelah lulus dari Universitas Ibnu Khaldun, Ma’ruf Amin melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister (S2) di Universitas Indonesia. Universitas Indonesia adalah universitas negeri tertua dan terbesar di Indonesia. Ma’ruf Amin mengambil jurusan hukum tata negara dan lulus pada tahun 1982.

Latar belakang pendidikan yang tinggi membuat Ma’ruf Amin memiliki pemahaman yang mendalam tentang hukum dan tata negara. Hal ini menjadi bekal penting bagi beliau dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil presiden.

Pengalaman organisasi: Rais Aam PBNU (2015-2020)

Sebelum menjadi wakil presiden, KH. Ma’ruf Amin memiliki pengalaman panjang di organisasi Nahdlatul Ulama (NU). NU adalah organisasi massa Islam terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1926.

Ma’ruf Amin bergabung dengan NU sejak muda. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta pada periode 1984-1990 dan 1995-1999.

Pada tahun 2015, Ma’ruf Amin terpilih sebagai Rais Aam PBNU. Rais Aam adalah posisi tertinggi dalam struktur organisasi NU. Ma’ruf Amin menjabat sebagai Rais Aam PBNU selama dua periode, yaitu 2015-2020 dan 2020-2021.

Pengalaman Ma’ruf Amin sebagai Rais Aam PBNU memberikan beliau pemahaman yang mendalam tentang organisasi NU dan nilai-nilai yang dianutnya. Hal ini menjadi bekal penting bagi beliau dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil presiden, terutama dalam hal menjalin hubungan dengan organisasi-organisasi keagamaan dan masyarakat.

Penghargaan: Bintang Mahaputera Adipradana (2019)

Pada tahun 2019, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dianugerahi Bintang Mahaputera Adipradana oleh Presiden Joko Widodo. Bintang Mahaputera Adipradana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada warga negara Indonesia atau warga negara asing yang berjasa besar kepada bangsa dan negara.

  • Pengabdian di bidang keagamaan dan kemasyarakatan

    Ma’ruf Amin dianugerahi Bintang Mahaputera Adipradana atas pengabdiannya yang panjang di bidang keagamaan dan kemasyarakatan. Beliau telah aktif di organisasi Nahdlatul Ulama (NU) sejak muda dan pernah menjabat sebagai Rais Aam PBNU selama dua periode.

  • Promosi nilai-nilai toleransi dan moderasi beragama

    Ma’ruf Amin juga dikenal sebagai tokoh yang selalu mempromosikan nilai-nilai toleransi dan moderasi beragama. Beliau aktif dalam dialog antaragama dan berupaya untuk membangun harmoni antarumat beragama di Indonesia.

  • Kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara

    Selain pengabdiannya di bidang keagamaan dan kemasyarakatan, Ma’ruf Amin juga memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan bangsa dan negara. Beliau pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan menjadi salah satu tokoh yang memperjuangkan reformasi pada masa pemerintahan Orde Baru.

  • Teladan bagi masyarakat

    Ma’ruf Amin merupakan sosok yang menjadi teladan bagi masyarakat. Beliau dikenal sebagai pribadi yang rendah hati, sederhana, dan berintegritas. Penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana merupakan pengakuan atas jasa-jasa dan keteladanan beliau.

Pemberian Bintang Mahaputera Adipradana kepada Ma’ruf Amin mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Penghargaan ini dianggap sebagai bentuk penghormatan yang layak diberikan kepada beliau atas dedikasi dan pengabdiannya yang luar biasa kepada bangsa dan negara.

Istri: Wury Estu Handayani

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menikah dengan seorang wanita bernama Wury Estu Handayani. Wury Estu Handayani lahir di Jakarta pada tanggal 11 November 1954.

  • Aktivis perempuan

    Wury Estu Handayani adalah seorang aktivis perempuan yang aktif di berbagai organisasi. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI).

  • Pendukung setia suami

    Wury Estu Handayani selalu menjadi pendukung setia suaminya dalam setiap langkah dan perjuangannya. Beliau mendampingi Ma’ruf Amin saat masih menjadi anggota DPR, Rais Aam PBNU, hingga menjadi Wakil Presiden Indonesia.

  • Ibu yang penyayang

    Wury Estu Handayani adalah seorang ibu yang penyayang bagi anak-anaknya. Beliau memiliki empat orang anak, yaitu Siti Nur Azizah, Ahmad Fahrurrozi, Ahmad Syauqi, dan Erianda Qori Savitri.

  • Teladan bagi masyarakat

    Wury Estu Handayani merupakan sosok yang menjadi teladan bagi masyarakat. Beliau dikenal sebagai pribadi yang sederhana, ramah, dan dermawan. Beliau juga aktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan.

Kehadiran Wury Estu Handayani di sisi Ma’ruf Amin memberikan dukungan dan semangat yang besar bagi beliau dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Presiden Indonesia.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin:

Question 1: Kapan KH. Ma’ruf Amin menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia?
Answer 1: KH. Ma’ruf Amin menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia sejak 20 Oktober 2019.

Question 2: Dari partai politik mana KH. Ma’ruf Amin berasal?
Answer 2: KH. Ma’ruf Amin berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Question 3: Apa latar belakang pendidikan KH. Ma’ruf Amin?
Answer 3: KH. Ma’ruf Amin menempuh pendidikan tinggi di Universitas Ibnu Khaldun (S1) dan Universitas Indonesia (S2).

Question 4: Apa pengalaman organisasi KH. Ma’ruf Amin?
Answer 4: KH. Ma’ruf Amin pernah menjabat sebagai Rais Aam PBNU selama dua periode, yaitu 2015-2020 dan 2020-2021.

Question 5: Penghargaan apa yang pernah diterima KH. Ma’ruf Amin?
Answer 5: KH. Ma’ruf Amin pernah dianugerahi Bintang Mahaputera Adipradana pada tahun 2019.

Question 6: Siapa istri KH. Ma’ruf Amin?
Answer 6: Istri KH. Ma’ruf Amin bernama Wury Estu Handayani.

Question 7: Berapa jumlah anak KH. Ma’ruf Amin?
Answer 7: KH. Ma’ruf Amin memiliki empat orang anak.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selain informasi di atas, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengetahui lebih banyak tentang Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengetahui lebih banyak tentang Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin:

Tip 1: Kunjungi situs web resmi Wakil Presiden Republik Indonesia
Di situs web tersebut, Anda dapat menemukan informasi terbaru tentang kegiatan dan kebijakan Wakil Presiden.

Tip 2: Ikuti akun media sosial resmi Wakil Presiden
Wakil Presiden memiliki akun media sosial resmi di Twitter, Instagram, dan Facebook. Anda dapat mengikuti akun-akun tersebut untuk mendapatkan informasi terkini dan pandangan Wakil Presiden tentang berbagai isu.

Tip 3: Baca berita dan artikel tentang Wakil Presiden
Banyak media massa yang memuat berita dan artikel tentang Wakil Presiden. Anda dapat membaca berita dan artikel tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang pemikiran dan tindakan Wakil Presiden.

Tip 4: Hadiri acara-acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden
Jika memungkinkan, Anda dapat menghadiri acara-acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden. Hal ini akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat langsung sosok Wakil Presiden dan mendengarkan pidatonya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan kontribusinya kepada bangsa dan negara.

Demikian informasi tentang Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Conclusion

KH. Ma’ruf Amin merupakan Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 2019. Beliau adalah sosok yang berpengalaman di bidang keagamaan, kemasyarakatan, dan politik. Ma’ruf Amin memiliki komitmen yang kuat untuk mempromosikan nilai-nilai toleransi, moderasi beragama, dan persatuan bangsa.

Sebagai Wakil Presiden, Ma’ruf Amin memiliki peran penting dalam membantu Presiden Joko Widodo dalam menjalankan tugasnya. Beliau juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Kontribusi Ma’ruf Amin bagi bangsa dan negara sangat besar dan patut diapresiasi.

Semoga informasi tentang Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin ini bermanfaat bagi Anda. Mari kita dukung dan doakan agar beliau senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugasnya.

Images References :

Check Also

sikap-sheila-dara-kepada-vidi-aldiano

Sikap Sheila Dara ke Vidi Aldiano Jadi Sorotan, Netizen: Kok Gitu Sih?

Baru-baru ini, pasangan selebriti Vidi Aldiano dan Sheila Dara menjadi sorotan netizen. Hal ini bermula …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *